Logo Sulselsatu

Aktivis Cipayung Sulsel Dorong Andi Fahrul Amsal Masuk Kabinet Jokowi Sebagai Wamenkumham

Asrul
Asrul

Kamis, 04 Januari 2024 08:40

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Cipayung plus di Sulsel menggelar diskusi interpreneurship bersama salah satu tokoh milenial Sulsel yang kini sukses sebagai pengusaha yakni Andi Fahrul Amsal.

Ketua Badko HMI Sulselbar periode 2021-2023 Andi Ikram Rifki selaku tuan rumah menghadirkan dari perwakilan HMI, PMII, GMKI, LMD dan sejumlah OKP lainnya.

“Ini menjadi modal bagi kami aktivis Cipayung untuk dibekali pengetahuan bagaimana bisa menjadi pengusaha untuk kedepan bisa mewujudkan kemandirian dalam berorganisasi,” ujar Ikram usai diskusi di Sekretariat Badko HMI Sulselbar, Jalan Racing Center, Makassar, Rabu (3/1/2023).

Baca Juga : Kader Hijau Hitam se-UMI Siap Lawan Kriminalisasi Aktivis HMI

Lebih jauh, Ikram menyampaikan bahwa sosok milenial seperti Andi Fahrul yang juga mantan aktivis HMI menjadi teladan atau panutan bagi anak-anak muda lainnya yang saat ini sedang berproses di organisasi kepemudaan masing-masing.

“Kami melihat Kanda Fahrul memiliki keunikan dalam proses bisnis, karena konsepnya berbisnis dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang dimana memberdayakan para tahanan,” tuturnya.

“Tenaga kerja beliau itu adalah Napi, para tahanan ini bisa produktif, berdaya dan tentu bisa menghidupi keluargaya di luar. Saya pikir terobosan Kanda Fahrul ini sangat brilian dan bisa menjadi contoh,” sambungnya.

Baca Juga : Ketum Badko HMI Sulselbar Ajak Masyarakat Tolak BLT BBM Dari Pemerintah

Terkait nama Andi Fahrul Amsal yang menguat masuk bursa sebagai calon Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), Ikram menyebut sangat layak, selain karena muda tentu pengalamannya sebagai pengusaha di Lapas dengan pemberdayaan bisa menjadi modal bagi Presiden Jokowi memilihnya.

“Harapan kami tentu Kak Fahrul ini bisa masuk Kabinet Pak Presiden Jokowi sebagai Wamenkumham. Karena kami melihat beliau begitu konsisten fokus memberdayakan narapidana yang sementara menjalani masa tahanan di Lapas. Mereka diberi keterampilan dan dipekerjakan selama menjalani masa tahanan, mereka bahkan diberi gaji yang nilainya bisa sampai diatas UMR, seperti di Lapas Kelas 1 Kota Makassar, penghasilan narapidana melalui industri Garmen yang dipekerjakan bisa mencapai 4 juta,” ungkapnya.

Andi Fahrul kata Ikram tidak hanya tokoh muda di Sulsel, tetapi sudah menjadi tokoh nasional mengingat usaha garmen yang digelutinya sudah menyebar di beberapa provinsi di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Anggota Polisi Terbakar Hidup-hidup Saat Kawal Demo Mahasiswa di Cianjur

Untuk diketahui, Andi Fahrul Amsal adalah pengusaha garmen berdarah Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan kampung halaman Wakil Presiden 2 periode Jusuf Kalla, dan Menteri Pertanian 2 periode Andi Amran Sulaiman.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar19 Juni 2024 21:13
Makassar Sendiri dari Indonesia Masuk Daftar Kota Bahagia di Dunia
Kota Makassar lagi-lagi menorehkan prestasi gemilang karena menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam Kota Bahagia di dunia....
OPD19 Juni 2024 20:52
Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam rangka merespons inflasi volatile food khususnya komoditas pangan Sulawesi Selatan, diperlukan inovasi penerapa...
Berita Utama19 Juni 2024 20:14
Kementerian PUPR Berkunjung ke Jeneponto, Pj Bupati : Menuju Simpul Kekuatan Ekonomi dan Ketahanan Pangan
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dalam rangka persiapan pelaksanaan program strategis nasional khususnya pada Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR...
Video19 Juni 2024 20:07
VIDEO: Bencana Tanah Longsor di Poros Maros-Bone, 2 Eskavator Tertimbun
SULSELSATU.com – Longsor terjadi di Jalur Poros Maros-Bone di Tompo Ladang, Kecamatan Mallawa,Maros  sehingga lalu lintas ditutup total. Longs...