Logo Sulselsatu

Tingkatkan Kualitas Layanan AHU, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Sosialisasi Kenotariatan, Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan

Asrul
Asrul

Selasa, 20 Februari 2024 21:07

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Sosialisasikan layanan Administrasi Hukum Umum (AHU) terkait Kenotariatan, Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan yang digelar di Hotel Claro Makassar, Senin(20/2/2024).

Kepala Kantor Wilayah Liberti Sitinjak yang membuka kegiatan mengatakan Sosialisasi Kenotariatan, Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan oleh Jajarannya diharapkan memberikan dampak positif terhadap masyarakat utamanya layanan yang diberikan oleh para Notaris dan pelayanan kewarganegaraan kepada masyarakat serta demi kepastian hukum status kewarganegaraan seseorang.

“Tentunya kami inginkan seluruh layanan yang ada di Kanwil Sulsel memberikan dampak langsung Pada masyarakat,” ungkap Liberti Sitinjak mengawali sambutannya.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Audiensi ke Dinas Pendidikan Sulsel, Koordinasikan Kegiatan RuKI Goes to School

Untuk itu, Liberti Sitinjak mengingatkan Jajarannya agar kegiatan Sosialisasi ini dapat memberikan feedback bagi peningkatan pelayanan Kanwil Sulsel agar dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Lebih jauh Kakanwil menjelaskan secara khusus sebagai perwakilan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia di Wilayah, Beliau berharap kepada seluruh Notaris selaku pihak yang memberikan pelayanan di bidang hukum dapat mengedepankan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Dengan bekerja secara profesional, Notaris diharapkan mampu menjadi pelopor kegiatan pengadministrasian hukum yang tepat dan tertib, sehingga jaminan perlindungan dan kepastian hukum dapat terpenuhi bagi Masyarakat.

Baca Juga : Hadiri Halal Bihalal DWP Kanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak Pesankan Hal Ini

Selanjutnya Kakanwil Liberti Sitinjak mengajak para peserta untuk dapat memberikan masukan dan buah pikir terbaik untuk Peningkatan kualitas layanan yang diberikan Kanwil Sulsel.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Mohammad Yani dalam laporannya mengatakan kegiatan Sosialisasi ini bertujuan Peningkatan kualitas dan kuantitas layanan AHU di Kanwil Sulsel.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dari berbagai unsur baik itu pemerintahan, Akademisi dan Notaris, Yakni Andi Yulia Hertaty, S.H. M.Kn. (Direktorat Perdata Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum);
Agung Nugroho, S.Kom (Direktorat Teknologi Informasi Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum);
Prof. Dr. Anwar Borahima, S.H., M.H. (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin)
Sukmawati Nurani Amperia, S.H. (Notaris)
Rosyita, S.H., M.Kn. (Notaris)

Baca Juga : Tanamkan Sikap Disiplin, Pegawai Kanwil Kemenkumham Sulsel Dilatih PBB

Juga Budi Sri Haryanto, S.H., M.H. (Direktorat Tata Negara Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum);
Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar;
Yuliana Sibuea Liles (Komunitas Perkawinan Campur Sulawesi Selatan).

Adapun Kegiatan ini diikuti oleh 250 orang peserta dengan rincian sebanyak 150 (seratus lima puluh) orang untuk Sosialisasi Layanan Kenotariatan yang terdiri dari Notaris, Anggota Majelis Pengawas Notaris dari Unsur Pemerintah dan Masyarakat Pengguna Layanan. Sementara Sosialisasi Layanan Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan sebanyak 100 (seratus) orang yang berasal dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Kantor Kementerian Agama Kota Makassar, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar, Divisi Keimgrasian Kantor Wilayah, Kantor Imigrasi kelas I TPI Makassar, Kepala Kantor Urusan Agama dan Penyuluh Agama Islam di Kota Makassar, Komunitas Perkawinan Campuran, Penyuluh Hukum Kantor Wilayah, Mahasiswa dan Masyarakat Umum.

Pembukaan Kegiatan turut dihadiri Kepala Divisi Pemasyarakatan Yudi Suseno, Ketua Pengwil Ikatan Notaris Indonesia Sulawesi Selatan, dan para pejabat Kanwil Sulsel.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Hukum21 April 2024 01:41
Anulir Putusan Sambo dan Tak Patuh Laporkan LHKPN, Suharto Dinilai Tak Layak Jadi Wakil Ketua MA
SULSELSATU.com, JAKARTA – Pencalonan hakim agung Suharto sebagai calon Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) menjadi sorotan sejumlah pihak. Alasannya...
Video20 April 2024 23:32
VIDEO: Sepeda Motor Terbakar di Hertasning Makassar Usai Terjatuh
SULSELSATU.com – Sebuah motor terbakar di Jalan Hertasning, Makassar, pada Sabtu (20/4/2024). Kejadian ini dimulai ketika motor terbalik akibat ...
Video20 April 2024 22:33
VIDEO: PP Muhammadiyah Harap Putusan MK Soal Sengketa Pilpres Bebas Dari Tekanan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengumumkan hasil keputusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) yang di gugat oleh Pa...
Makassar20 April 2024 21:09
Konjen Filipina Terkesan dengan Makassar, Marry Jennifer: Saya Akan Kembali!
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan jajaran pemerintah kota tak pernah gagal membuat tamu-tamu terkesan, baik tamu nasional maupun I...