Logo Sulselsatu

Deretan Petahana DPRD Makassar Terancam Tumbang di Pileg 2024

Asrul
Asrul

Minggu, 25 Februari 2024 15:44

DPRD Makassar. (Foto: Ist)
DPRD Makassar. (Foto: Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Hasil Rekaliputasi sementara masuk di real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperlihatkan hasil wajah baru akan mendominasi duduk di kursi DPRD kota Makassar, periode 2024-2029.

Dari hasil RC dan hasil plano C1 sebagian caleg dari masing-masing parpol di kota Makassar, untuk saat ini partai Golkar dan NasDem berada di puncak. Hanya saja, suara tertinggi masih diraih Golkar.

Untuk caleg, dari 50 wajah lama, sedikitnya 7 orang tidak mencalonkan lagi di DPRD kota melainkan memilih naik kelas. Data saat ini, dari 43 petahana hanya sebagian yang terpilih.

Baca Juga : Wali Kota Danny Pomanto Berhasil Pertahankan Predikat WTP Atas LKPD Makassar 2023

Sebagaian besar tumbang, termasuk 2 wakil Ketua DPRD Makassar yakni dari Demokrat Adi Rasyid Ali dan Golkar Andi Nurhaldin Nurdin Halid.

Dari data 50 caleg berpotensi duduk kembali, hanya 22 petahana dari 43 yang maju mencaleg 2024 bersama ratusan pendatang baru.

Berdasarkan update real count KPU hingga Jumat 23 siang, progres 2060 dari 4004 TPS (51,45 persen). Untuk hasil perolehan suara partai saat ini Golkar memimpin dengan 40.603 suara. Disusul NasDem 38.810 suara, PKS 32.331 suara dan Gerindra 30.042 suara.

Baca Juga : Legislator Makassar Gerah Persoalan Air Bersih Warga Barombong Tak Pernah Jadi Prioritas

Sedangkan untuk Caleg dengan suara terbanyak yakni Supratman dari Dapil 4 dengan 5.891 suara. Di posisi kedua masih dari dapil yang sama dan juga Caleg NasDem Jufri Pabe dengan 5.495 suara.

Posisi berikutnya yakni pendatang baru Muhammad Yulianto Badwi dari Golkar meraih suara terbanyak di Dapil 2 dengan 4.948 suara.

Untuk pertama kalinya Muhammad Yulianto Badwi maju pada Pileg DPRD Makassar, ia merupakan suami dari Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika.

Baca Juga : Seluruh Fraksi DPRD Kota Makassar Setujui Ranperda KLA Jadi Perda

Selanjutnya dari Dapil 4 yakni Caleg Golkar Eshin Usami Nur Rahman dari Partai Golkar dengan 4.896 suara. Eshin Usami Nur Rahman merupakan pendatang baru, anak dari Politisi Senior Golkar Sulsel Rahman Pina.

Lalu di Dapil 1 ada Caleg PKB Fahrizal Arrahman Husain 4.498 suara, dia adalah anak Rektor UNM saat ini.

Lainnya yakni Bendahara DPD II Golkar Makassar Ismail dapil 2, dari partai Golkar meraih 3.612 suara.

Baca Juga : Cerita Mario David Awal Mula Terjun ke Politik Hingga Jadi Anggota DPRD Makassar

Merespon itu. Reskiyanti Direktur Riset dan Data Lembaga Insert Institute menilai, ada banyak faktor yang membuat petahana bergeser dari tahtah kursi palemen.

“Misalnya karena ketidakpuasan masyarakat pemilih terhadap kinerja petahana, juga aspirasi belum diperjuangkan dengan baik,” jelasnya, Minggu (25/2/2024).

Selain itu, kata dia. Karisma dan reputasi figur baru yang lebih dianggap membawa angin segar terhadap kepentingan pemilih.

Baca Juga : Anggota DPRD Makassar Yeni Rahman Harap Semangat Belajar Kartini Bisa Diteladani

“Apalagi saat ini figur baru melakukan kampanye yang efektif dan berhasil membangun citra postif melalui medsos,” tuturnya.

Menurutnya, jika persoalan modal ekonomi berupa finansial, rasanya semua caleg yang mau dapat kursi sudah pasti menyiapkan modal ekonomi cukup untuk cost politik.

“Sehingga modal ekonomi bukanlah penentu seseorang bisa terpilih menjadi anggota legislatif,” tuturnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News23 Mei 2024 13:38
Gubernur Quirino Filipina Ingin Adopsi Konsep Sentuh Hati Danny Pomanto
Gubernur Provinsi Quirino Filipina Dakila Carlo E Cua mengaku tertarik dengan program Touching Heart Protokol Pemkot Makassar yang diinisiasi Wali Kot...
Pendidikan23 Mei 2024 13:26
UNM Gelar Tes Wawancara Calon Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar tes wawancara gelombang 1 penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, ...
Makassar23 Mei 2024 12:32
Diikuti 400 Peserta, KBA SMPN 5 Makassar Kembali Sukses Gelar Turnamen Bulutangkis CUP II
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Makassar kembali menggelar Turnamen KBA Esempe Lima Makassar CUP II (Turnamen Bulu...
OPD23 Mei 2024 09:53
Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Tinjau Lokasi Program RISE
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar melakukan peninjauan lapangan terkait Program RISE di beberapa lokasi, Rabu ...