Logo Sulselsatu

VIDEO: Tolak Perpanjangan HGU PTPN XIV, Ratusan Warga Polongbangkeng Lakukan Aksi Protes

Andi
Andi

Selasa, 05 Maret 2024 22:26

SULSELSATU.com – Ratusan Petani dari 8 Desa/Kelurahan di Kecamatan Polongbangkeng Utara bersama Gerakan Rakyat Anti Monopoli Tanah (GRAMT) melakukan aksi di Kantor Bupati Takalar dan BPN Takalar, Selasa (5/3/2024).

“Aksi ini merupakan upaya untuk merebut kembali tanah yang telah dirampas sejak puluhan tahun lalu. Dengan berakhirnya HGU PTPN tersebut, warga sudah sepatut memiliki hak untuk kembali mengelola tanah. Pemerintah Daerah wajib memastikan hal ini terpenuhi,” ujar Melisa selaku Pendamping Hukum LBH Makassar.

Aksi Massa yang dilakukan didepan Kantor Bupati Takalar direspon oleh Asisten II mewakili PJ Bupati Takalar, Syahrir menyampaikan menerima keberatan perpanjangan HGU.

Baca Juga : VIDEO: Ratusan Suporter Demo Depan Kantor Manajemen PSM Makassar

“Kami tahu keinginan warga adalah agar HGU tidak diperpanjang. Surat ini kami terima dan akan kami sampaikan ke pimpinan untuk ditindaklanjuti, cuman kami sampaikan ke warga bahwa untuk perpanjangannya itu ada prosessnya” Ujar Syahrir Asisten II Bupati Takalar.

Selanjutnya, massa aksi bergeser ke Kantor Pertanahan BPN Takalar. Di Kantor BPN aksi massa ditemui oleh Muhammad Nur, Perwakilan BPN yang merupakan staff seksi sengketa. Nur sempat menyampaikan bahwa saat ini PTPN belum memasukkan surat perpanjangan HGU.

“Hingga saat ini perusahaan belum memasukkan permohonan perpanjangan HGU, kami telah bersurat ke Komnas HAM untuk menyampaikan hal tersebut” Ujar Muhammad Nur – Kantor Pertanahan BPN Takalar

Baca Juga : VIDEO: Pemadaman Listrik Terus Berlanjut, Kantor PLN UID Sulselrabar Kembali di Demo

Dalam aksi yang diusung oleh Warga Polongbangkeng bersama Gerakan Rakyat Anti Monopoli Tanah, termuat dalam pernyataan sikap dan menuntut:

1. Pemerintah dalam hal ini Bupati Takalar tidak memberikan rekomendasi perpanjangan HGU kepada PTPN XIV Takalar, sebelum tanah-tanah warga dikembalikan.

2. BPN tidak menerbitkan sertifikat perpanjangan HGU PTPN Takalar, sebelum tanah-tanah warga yang dulu dirampas dikembalikan kepada warga.

Baca Juga : Buku Maestro Aru Tu Mangkarasarak Sukman Daeng Talli Resmi Diluncurkan

3. Anggota Kepolisian dan TNI tidak melakukan upaya intimidatif dalam bentuk apapun terhadap warga yang sedang berjuang merebut kembali hak atas tanah.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Lifestyle25 Mei 2024 16:43
Rolling City Touring Honda PCX Club Indonesia Ramaikan Jalan di Makassar
Honda PCX Club Indonesia melakukan rolling city touring di Kota Makassar....
Video25 Mei 2024 16:42
VIDEO: Kecelakaan di Trans Sulawesi di Luwu Timur Diduga Akibat Jalan Licin
SULSELSATU.com – Kecelakaan terjadi di jalan Poros Trans Sulawesi, tepatnya di Kabupaten Luwu Timur. Kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (25/5/...
Bisnis25 Mei 2024 15:03
United E-Motor Buka Satelit Store Demi Perluas Jangkauan ke Konsumen
Kalla Kars selaku dealer resmi United E-Motor hadirkan Satelit Store untuk beberapa titik di Kota Makassar....
Lifestyle25 Mei 2024 14:30
Honda PCX Club Indonesia Berbagi Bahagia Bersama Panti Asuhan Arafah Makassar
Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Wilayah Sulawesi 1 bersama Pengurus Nasional Honda PCX Club Indonesia menggelar Honda PCX Club Indonesia Social Respon...