Logo Sulselsatu

Pembalap Astra Honda Kembali Ukir Kejayaan di Asia Talent Cup Qatar

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 12 Maret 2024 16:01

Pembalap binaan Astra Honda Motor dalam ajang balap Asia Talent Cup Qatar. Foto: Istimewa
Pembalap binaan Astra Honda Motor dalam ajang balap Asia Talent Cup Qatar. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTA – Kejayaan PT Astra Honda Motor (AHM) di arena balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) kembali terukir. Lagu kebangsaan Indonesia Raya mengiringi kemenangan podium tertinggi dari pebalap belia, Kiandra Ramadhipa di balapan kedua IATC 2024.

Berlangsung di Lusail International Circuit, Qatar pada 9-10 Maret 2024 bersamaan dengan gelaran MotoGP Qatar, Kiandra Ramadhipa dan M. Rama Putra Septiawan dengan menggunakan NSF250R mampu mencuri perhatian melalui aksinya yang kompetitif.

Menduduki posisi keempat pada starting grid, hasil dari sesi kualifikasi yang berlangsung pada Sabtu (9/3/2024), Ramadhipa menunjukkan kemampuannya di seri perdana ajang IATC 2024.

Baca Juga : Yayasan AHM Bersama Generasi Muda Sinergi Bangun Negeri Lewat Pengabdian Masyarakat

Pembalap termuda dengan usia 14 tahun di arena balap IATC 2024 ini mampu bersaing di grup terdepan sejak balapan dimulai. Beberapa kali aksinya dapat menembus persaingan posisi tiga besar. Namun pada balapan pertama, Dhipa harus puas finish di posisi keempat.

Pada balapan kedua yang berlangsung di hari Minggu (10/4), pemuda asal kelahiran Sleman, Yogyakarta ini memulai start yang kurang mulus. Dhipa sempat tercecer di posisi keenam.

Perlahan ia berupaya memperbaiki performanya dan mulai menyodok dalam persaingan 5 besar. Memasuki lap ketiga, dua pebalap yang sedang bersaing di depan pun mengalami senggolan hingga terjatuh. Kesempatan ini langsung dimanfaatkan Dhipa dengan memimpin jalannya balapan.

Baca Juga : Program Edukasi Safety Riding Astra Honda Nomor Satu di Asia-Oceania

Konsentrasinya diuji selama sisa lap yang dijalani. Aksi overtake berlangsung menuju lap akhir balapan. Dhipa berhasil mengamankan posisi podium tertinggi pada putaran perdana ajang IATC 2024.

Hasil ini sekaligus melanjutkan tren podium tertinggi di seri pembuka ATC yang tahun lalu juga dicetak pebalap binaan AHM lainnya, yaitu Veda Ega Pratama.

“Alhamdullillah, saya belajar dari race pertama untuk bisa lebih tenang dan terus menjaga irama balap saya di grup depan. Apalagi cuaca juga lebih panas dibanding kemarin. Beberapa kali saya coba pelajari titik optimal dan di dua lap terakhir saya coba lebih agresif untuk lebih menekan. Juara pertama ini saya persembahkan untuk orang tua, Astra Honda dan seluruh pecinta balap Indonesia,” ujar Dhipa.

Baca Juga : Pembalap Binaan Astra Honda Siap Cetak Prestasi di Kejurnas Supersport 600 Mandalika

Sementara Rama Putra yang yang baru mencicipi persaingan pada balapan sirkuit dunia, memulai jalannya balapan di posisi ke-14. Pemuda kelahiran Bandung ini berusaha untuk bersaing di posisi 10 besar, namun ia pun harus puas mengakhiri balapan pada posisi 13.

Kemudian dalam persaingan di balapan kedua, hasil positif ditorehkannya. Meskipun dirinya dalam posisi yang kurang menguntungkan saat start, namun ia mampu menunjukkan perkembangan yang positif sehingga dapat bersaing di grup kedua.

Ia pun terus berusaha menekan pesaing-pesaingnya dan Rama dapat memperbaiki posisi finishnya dibanding race pertama, yakni menduduki posisi kedelapan.

Baca Juga : AHM Siapkan Mudik Gratis Bareng Honda, Catat Jadwal Pendaftarannya

General Manager Marketing Planning & Analysis Division AHM Andy Wijaya mengatakan kemenangan ini merupakan buah dari proses pembinaan berjenjang untuk para pembalap binaan.

Dukungan tanpa henti yang diberikan masyarakat Indonesia terhadap pembalap binaan Honda tentu menjadi energi tersendiri bagi para pembalap saat bersaing membawa nama negara Indonesia di pentas balap Internasional.

“Terima kasih kami sampaikan kepada masyarakat Indonesia atas dukungan yang terus diberikan kepada pebalap-pebalap muda binaan kami di ajang IATC 2024. Melalui semangat Satu Hati, semoga raihan kemenangan pada ajang balap internasional pembuka yang kami ikuti ini dapat menjadi sebuah inspirasi,” ujar Andy.

Baca Juga : New Honda Stylo 160 Siap Tampil Perdana Memikat Pengunjung IIMS 2024

Kedua pembalap siswa Astra Honda Racing School tahun 2022 ini mampu mengoleksi poin yang berarti pada klasemen sementara IATC 2024. Dhipa berada di posisi kedua dengan 38 poin, sementara Rama mengisi posisi ke-12 dengan 10 poin.

Penyelenggaraan IATC selanjutnya akan berlangsung pada bulan September mendatang di Buddh International Circuit, India.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis25 Mei 2024 15:03
United E-Motor Buka Satelit Store Demi Perluas Jangkauan ke Konsumen
Kalla Kars selaku dealer resmi United E-Motor hadirkan Satelit Store untuk beberapa titik di Kota Makassar....
Lifestyle25 Mei 2024 14:30
Honda PCX Club Indonesia Berbagi Bahagia Bersama Panti Asuhan Arafah Makassar
Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Wilayah Sulawesi 1 bersama Pengurus Nasional Honda PCX Club Indonesia menggelar Honda PCX Club Indonesia Social Respon...
Politik25 Mei 2024 14:04
PKB Beri Sinyal Usung Danny Pomanto di Pilgub Sulsel 2024
Moh Ramdhan Pomanto telah mengembalikan berkas formulir pendaftaran Bakal Calon Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) 2024 di DPW PKB Sulsel...
Olahraga25 Mei 2024 13:45
Arbi Aditama Pembalap AHRT Asal Jawa Tengah Siap Taklukan Tantangan GP Catalunya
Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Fadillah Arbi Aditama mendapat kesempatan untuk merasakan kompetitifnya persaingan balap dunia Moto3, di Circu...