Logo Sulselsatu

XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 28 Maret 2024 23:03

Jaringan Backbone XL Axiata. Foto: Istimewa
Jaringan Backbone XL Axiata. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di seluruh Sulawesi. Jaringan ini juga untuk mendukung layanan internet rumah.

Dalam pembangunan jaringan tulang punggung ini, XL Axiata bekerja sama dengan PT Alita Praya Mitra. Direktur & Chief Technology Officer (CTO) XL Axiata I Gede Darmayusa dan Direktur Utama PT Alita Praya Mitra Teguh Prasetya meninjau langsung ke lokasi di Desa Isimu Raya, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Rabu (27/3/2024).

Jaringan backbone Gorontalo – Palu menghubungkan dua provinsi di Sulawesi. Jaringan ini memiliki keunggulan untuk memberikan proteksi guna memenuhi semua kebutuhan kapasitas dan meningkatkan kehandalan yang dibutuhkan oleh Masyarakat di Sulawesi.

Baca Juga : Paket Bebas Puas XL Axiata, Bisa Pilih Paket Sesuai Isi Kantong dan Kebutuhan

I Gede Darmayusa mengatakan, di era serba digital ini, penyediaan infrastruktur penunjang layanan digital menjadi sangat penting untuk dibangun hingga ke pelosok daerah agar kualitas layanan ke masyarakat juga maksimal.

XL Axiata berkomitmen untuk memberikan layanan telekomunikasi yang terbaik bagi pelanggannya, salah satunya dengan jaringan backbone lintas provinsi sepanjang 1.150 km dari Kabupaten Gorontalo hingga ke Palu di Sulawesi Tengah,” jelas I Gede.

Gede menambahkan, keberadaan backbone jaringan fiber optic Gorontalo – Palu ini akan memperkuat infrastruktur jaringan yang sudah ada di Sulawesi. Termasuk untuk kebutuhan perluasan ke area baru, maupun untuk meningkatkan kualitas jaringan yang sudah ada.

Baca Juga : XL Axiata Ambil Andil Majukan Pendidikan, Bangun Madrasah di Pelosok Buton Sultra

Backbone fiber optic ini juga akan membantu memperkuat upaya XL Axiata untuk mendorong penetrasi layanan Fixed Broadband (FBB) dan juga Fixed Mobile Convergence (FMC) serta melayani kebutuhan pasar korporasi di wilayah Sulawesi dengan kualitas pengalaman jaringan yang lebih baik.

Hal ini juga selaras dengan fokus perusahaan untuk terus memperluas bisnis layanan konvergensi di berbagai wilayah di Indonesia serta mendukung pemerintah dalam pemerataan penyediaan layanan Internet cepat bagi Masyarakat.

Direktur Utama PT Alita Praya Mitra Teguh Prasetya menyatakan, dalam rangka mendukung kemajuan transformasi digital melalui pengembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia, Alita terus mendukung operator seluler dalam melayani kebutuhan pelanggannya meningkatkan kualitas jaringan backbone yang andal dan berkualitas.

Baca Juga : RUPS XL Axiata Bagi Dividen 50 Persen dari Keuntungan atau Sebesar Rp635,5 Miliar

“Salah satunya adalah pembangunan dan peresmian penggunaan jalur Gorontalo – Palu dengan serat optik sepanjang 1.150 km ini untuk XL Axiata,” ujarnya.

Teguh Prasetya menambahkan, Alita percaya bahwa infrastruktur telekomunikasi yang berkualitas sangat penting dalam mendukung percepatan transformasi digital, kemajuan pertumbuhan ekonomi serta penerapan teknologi terkini di Indonesia.

Dengan terus mendukung pengembangan jaringan backbone yang handal dan berkualitas, Alita Praya Mitra berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkuat konektivitas jaringan telekomunikasi berkualitas di berbagai wilayah, termasuk sepanjang Gorontalo dan Palu.

Baca Juga : Kinerja XL Axiata Melejit di Kuartal Pertama 2024, Raih Pendapatan Rp8,44 Triliun

Langkah ini sejalan dengan komitmen Alita Praya Mitra dalam memberikan dukungan untuk penyediaan layanan telekomunikasi yang berkualitas dan andal bagi masyarakat Indonesia.

Dengan adanya jaringan backbone yang berkapasitas besar, stabil dan andal, diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan layanan telekomunikasi, termasuk akses internet yang berkecepatan tinggi dan berkualitas.

Alita Praya Mitra berharap kolaborasi ini dapat menjadi pendorong bagi upaya bersama dalam pembangunan dan pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi yang berkapasitas tinggi, andal, berkualitas serta tangguh guna menjawab tantangan perkembangan teknologi di masa depan.

Baca Juga : Trafik Jaringan XL Axiata di Sulampua Meningkat Sampai 144 Persen Selama Libur Lebaran 2024

Saat ini XL Axiata telah memiliki jaringan backbone di Sulawesi total sepanjang lebih dari 10 ribu km.

Jaringan tersebut menopang lebih dari 9.800 BTS, termasuk lebih dari 6.400 BTS 4G di seluruh Sulawesi, di mana XL Axiata melayani total lebih dari 2.4 juta pelanggan. Sementara itu, di seluruh Indonesia, XL Axiata memiliki jaringan backbone sepanjang total lebih dari159 ribu km.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD19 Juni 2024 20:52
Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam rangka merespons inflasi volatile food khususnya komoditas pangan Sulawesi Selatan, diperlukan inovasi penerapa...
Berita Utama19 Juni 2024 20:14
Kementerian PUPR Berkunjung ke Jeneponto, Pj Bupati : Menuju Simpul Kekuatan Ekonomi dan Ketahanan Pangan
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dalam rangka persiapan pelaksanaan program strategis nasional khususnya pada Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR...
Video19 Juni 2024 20:07
VIDEO: Bencana Tanah Longsor di Poros Maros-Bone, 2 Eskavator Tertimbun
SULSELSATU.com – Longsor terjadi di Jalur Poros Maros-Bone di Tompo Ladang, Kecamatan Mallawa,Maros  sehingga lalu lintas ditutup total. Longs...
Makassar19 Juni 2024 19:01
Wali Kota Makassar Danny Pomanto Evaluasi Seluruh Ketua RT/RW di 15 Kecamatan
Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan melakukan evaluasi seluruh ketua RT/RW di 15 kecamatan yang di Kota Makassar....