Logo Sulselsatu

Begini Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Usai Perjalanan Jauh Mudik Lebaran

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 15 April 2024 19:09

Cara mudah merawat sistem pengereman usai perjalanan jauh mudik lebaran. Foto: Istimewa
Cara mudah merawat sistem pengereman usai perjalanan jauh mudik lebaran. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menjaga performa sepeda motor menjadi kewajiban para pengguna dengan rutin melakukan perawatan. Apalagi jika para pengendara sepeda motor akan mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Dalam upaya untuk memastikan perjalanan yang menyenangkan, penting bagi para pengendara untuk melakukan pengecekan beberapa komponen sepeda motor sebelum memulai perjalanan.

Salah satunya adalah pengecekan kampas rem sebagai komponen esensial yang berhubungan langsung dengan keselamatan berkendara saat mengatur laju.

Baca Juga : Ini Biaya Servis Yamaha LEXi LX 155 dan Grand Filano Hybrid

Pengecekan rutin sistem pengereman seperti kampas rem merupakan hal yang sangat penting menunjang kenyamanan serta keselamatan berkendara.

Berikut beberapa tips perawatan komponen sistem pengereman sepeda motor yang dapat dilakukan oleh para konsumen:

1. Gaya Berkendara Dan Pembersihan Kampas Rem
Saat mengendarai sepeda motor, pengendara disarankan untuk menghindari kebiasaan menarik gas dan tuas rem secara bersamaan. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, kampas rem dapat menjadi lebih cepat aus atau menipis.

Baca Juga : PT SJAM Siapkan Servis dan Oli Kendaraan Gratis Bagi Korban Banjir di Luwu

Selain memperhatikan gaya berkendara, penting juga untuk membersihkan kampas rem secara rutin menggunakan sikat kawat atau cairan pembersih rem.

Hal ini dilakukan agar kampas rem terhindar dari tumpukan kotoran seperti pasir atau debu halus yang dapat mengganggu kinerja rem secara keseluruhan.

2. Pengecekan dan Penggantian Minyak Rem
Agar fungsi rem cakram sepeda motor tetap optimal, konsumen perlu memperhatikan kondisi minyak rem. Pastikan volume minyak rem di dalam master rem berada dalam batas normal, jernih, dan bebas dari kotoran.

Baca Juga : Yamaha Bagi Tips Safety Riding Agar Berkendara Sepeda Motor Tetap Bisa Bergaya dan Selamat

Ketika minyak rem dalam kondisi baik, maka kinerja rem cakram juga akan lebih optimal. Sesuai dengan buku petunjuk penggunaan, konsumen juga perlu melakukan penggantian minyak rem setiap 24.000 km atau 2 tahun sekali dalam kondisi penggunaan normal.

3. Penggunaan spare part asli Yamaha
Penggunaan spare part asli Yamaha juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Setiap kampas rem asli Yamaha telah dirancang khusus sesuai dengan setiap model sepeda motor Yamaha, sehingga kinerja dan daya tahannya optimal.

Selain itu, minyak rem asli Yamaha juga telah teruji kemampuannya dalam menahan suhu tinggi yang dihasilkan oleh proses pengereman.

Baca Juga : PT SJAM Buka Kembali Sekolah Mekanik Gratis dari Yamaha, Begini Persyaratannya

“Melakukan perawatan sepeda motor menjadi kewajiban para pengendara untuk menjaga berbagai fungsi sepeda motor tetap optimal. Salah satunya fungsi pengereman yang sangat penting untuk selalu diperhatikan khususnya bagi para pengendara aktif,” jelas Asst. General Manager Aftersales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Frengky Rusli.

Segera lakukan perawatan di bengkel tepercaya, yaitu bengkel resmi Yamaha. Dengan melakukan perawatan secara teratur, tidak hanya performa motor yang tetap terjaga, tetapi konsumen juga bisa menikmati berbagai keuntungan lainnya, seperti promo spesial yang tersedia.

Tidak hanya itu, konsumen juga memiliki kesempatan untuk mengumpulkan poin dari setiap transaksi service melalui My Yamaha Motor App hingga menjadi My Yamaha Motor Member. Dengan bergabung sebagai member, konsumen berhak mendapatkan berbagai hadiah menarik, termasuk voucher potongan harga untuk layanan servis.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News23 Mei 2024 13:38
Gubernur Quirino Filipina Ingin Adopsi Konsep Sentuh Hati Danny Pomanto
Gubernur Provinsi Quirino Filipina Dakila Carlo E Cua mengaku tertarik dengan program Touching Heart Protokol Pemkot Makassar yang diinisiasi Wali Kot...
Pendidikan23 Mei 2024 13:26
UNM Gelar Tes Wawancara Calon Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar tes wawancara gelombang 1 penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, ...
Makassar23 Mei 2024 12:32
Diikuti 400 Peserta, KBA SMPN 5 Makassar Kembali Sukses Gelar Turnamen Bulutangkis CUP II
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Makassar kembali menggelar Turnamen KBA Esempe Lima Makassar CUP II (Turnamen Bulu...
OPD23 Mei 2024 09:53
Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Tinjau Lokasi Program RISE
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar melakukan peninjauan lapangan terkait Program RISE di beberapa lokasi, Rabu ...