Logo Sulselsatu

Trafik Jaringan XL Axiata di Sulampua Meningkat Sampai 144 Persen Selama Libur Lebaran 2024

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 19 April 2024 19:29

Teknisi XL Axiata melakukan perawatan infrastruktur demi menjaga kelancaran jaringan. Foto: Istimewa
Teknisi XL Axiata melakukan perawatan infrastruktur demi menjaga kelancaran jaringan. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data selama masa libur Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1445 H di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua).

Data Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata Tower menunjukkan kenaikan trafik layanan data secara rata-rata di seluruh Sulampua sebesar 6 persen dibandingkan hari-hari normal sebelum Ramadan.

Lonjakan trafik tertinggi terjadi di Maluku Tengah, yaitu mencapai 144 persen. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.

Baca Juga : RUPS XL Axiata Bagi Dividen 50 Persen dari Keuntungan atau Sebesar Rp635,5 Miliar

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini. XL Axiata jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan.

“Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial kemarin agar bisa segera bergerak jika ada problem. Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16 persen. Selain itu, kami juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis,” kata I Gede dalam rilisnya, Jumat (19/4/2024).

Gede menambahkan, secara nasional pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Baca Juga : Kinerja XL Axiata Melejit di Kuartal Pertama 2024, Raih Pendapatan Rp8,44 Triliun

Selama periode Ramadan dan lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59 persen, disusul oleh web browsing sebesar 18 persen dan sosial media 15 persen.

Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135 persen, YouTube naik 17 persen, TikTok 14 persen, Netflix naik 42 persen, dan Spotify naik 23 persen.

Sementara itu, Caretaker Sulawesi Area XL Axiata Mozes Haryanto Baottong mengatakan, kenaikan trafik secara rata-rata di Sulawesi, Maluku, dan Papua tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran, terutama untuk berlibur dan bersilaturahmi.

Baca Juga : MAXi dan Classy Yamaha Dominasi Pilihan Kendaraan Masyarakat untuk Ramadan dan Hari Raya

“Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,” ujar Mozes.

Lokasi tujuan wisata popular di Sulawesi juga mengalami kenaikan trafik antara 10 hingga 35 persen. Hal yang sama juga terjadi di sejumlah bandar udara dan pelabuhan kapal laut di sejumlah provinsi, naik antara 8 hingga 14 persen.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Lifestyle25 Mei 2024 16:43
Rolling City Touring Honda PCX Club Indonesia Ramaikan Jalan di Makassar
Honda PCX Club Indonesia melakukan rolling city touring di Kota Makassar....
Video25 Mei 2024 16:42
VIDEO: Kecelakaan di Trans Sulawesi di Luwu Timur Diduga Akibat Jalan Licin
SULSELSATU.com – Kecelakaan terjadi di jalan Poros Trans Sulawesi, tepatnya di Kabupaten Luwu Timur. Kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (25/5/...
Bisnis25 Mei 2024 15:03
United E-Motor Buka Satelit Store Demi Perluas Jangkauan ke Konsumen
Kalla Kars selaku dealer resmi United E-Motor hadirkan Satelit Store untuk beberapa titik di Kota Makassar....
Lifestyle25 Mei 2024 14:30
Honda PCX Club Indonesia Berbagi Bahagia Bersama Panti Asuhan Arafah Makassar
Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Wilayah Sulawesi 1 bersama Pengurus Nasional Honda PCX Club Indonesia menggelar Honda PCX Club Indonesia Social Respon...