Logo Sulselsatu

Pelindo Makassar Latih Manajemen Koperasi untuk Program Teman Nelayan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 08 Mei 2024 18:57

Pelindo Group Wilayah Kerja Makassar gelar pelatihan karyawan untuk program Teman Nelayan. Foto: Istimewa.
Pelindo Group Wilayah Kerja Makassar gelar pelatihan karyawan untuk program Teman Nelayan. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pelabuhan Indonesia (Persero) selalu berupaya hadir untuk masyarakat di sekitar aktivitas bisnis Perusahaan.

Termasuk di proyek pembangunan TPK New Makassar 2 atau yang biasa disebut dengan Makassar New Port (MNP) sebagai mandat Proyek Strategis Nasional.

Terbaru, kolaborasi Pelindo Group wilayah kerja Makassar, yakni Regional 4 bersama Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) dan Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) menggelar Pelatihan Manajemen Koperasi bagi Pengurus Koperasi Nelayan Kelurahan Kaluku Bodoa, Cambaya, Buloa, dan Kelurahan Tallo di Kota Makassar.

Baca Juga : Utara Fest 2024 di Pelabuhan Paotere Gerakkan Roda Ekonomi dan Tambah Daya Tarik Wisatawan

Executive Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis mengatakan, TJSL adalah kegiatan yang merupakan komitmen Perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau TJSL merupakan salah satu program perusahaan yang wajib untuk dipenuhi dan dijalankan setiap tahun dan bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama di area lingkungan kerja Perusahaan,” terang Abdul Azis.

Dia menuturkan, Program TJSL Pelindo Regional 4 fokus pada tiga bidang, yakni pendidikan, UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah, serta Bina Lingkungan.

Baca Juga : Pelindo Regional 4 Salat Iduladha Bersama Masyarakat dan Salurkan Daging Kurban

“Di mana yang kita lakukan pada kesempatan kali ini adalah bidang UMKM, yaitu memberikan pelatihan manajemen koperasi kepada pengurus koperasi nelayan di empat kelurahan di sekitar aktivitas bisnis perusahaan,” tukasnya.

Basri Alam selaku Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4 menambahkan, program yang dilaksanakan ini dikenal sebagai Program Teman Nelayan.

Teman Nelayan merupakan salah satu inisiatif pembinaan masyarakat pesisir yang berada di sekitar area kerja Pelindo Group di wilayah Makassar.

Baca Juga : Minimalisir Dampak Kecelakaan Kerja, Pelindo Regional 4 Gelar In House Training Petugas P3K

“Tujuannya adalah untuk mendukung kesejahteraan nelayan di sekitar Makassar New Port atau TPK New Makassar 2,” imbuhnya.

Dia juga menekankan bahwa program-program TJSL difokuskan pada manfaat bersama untuk memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat.

Salah satu program berkelanjutan yang ditekankan adalah pembinaan koperasi karena keberadaannya dapat membantu perekonomian para nelayan di sekitar wilayah kerja Pelindo.

Baca Juga : KM Umsini Terbakar di Pelabuhan Makassar, Pelindo Pastikan Semua Aman dan Tetap Beroperasi

“Inisiatif ini mencerminkan upaya bersama untuk meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme nelayan serta mendukung perekonomian lokal di sekitar Makassar New Port,” ujarnya.

Dengan terus mengembangkan program-program semacam itu, diharapkan akan tercipta dampak positif yang lebih besar bagi komunitas nelayan dan masyarakat setempat secara keseluruhan.

Sementara itu Ketua Koperasi Nelayan Buloa Rahman menegaskan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi mereka dalam memahami manajemen alur kas koperasi.

Baca Juga : Pelindo Regional 4 Gandeng Kejati Sulsel dalam Penanganan Masalah Hukum

Dia berharap, melalui pelatihan yang diberikan dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan koperasi dan meningkatkan profesionalisme pengurus koperasi nelayan dalam mengelola koperasi.

Dia mengakui bahwa koperasi mereka didirikan dengan dukungan dari Pelindo Group.

“Dimulai dengan memfasilitasi dalam pembentukan koperasi di masing-masing kelurahan, sampai dengan penyediaan modal awal usaha untuk koperasi sehingga kami sangat merasa terbantu dari proses pembentukan hingga pelaksanaan saat ini,” ucapnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas semua fasilitas yang telah diberikan Pelindo Group, terutama kepada Teman Nelayan. “Semoga apa yang diberikan bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” ujarnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar19 Juni 2024 21:13
Makassar Sendiri dari Indonesia Masuk Daftar Kota Bahagia di Dunia
Kota Makassar lagi-lagi menorehkan prestasi gemilang karena menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam Kota Bahagia di dunia....
OPD19 Juni 2024 20:52
Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam rangka merespons inflasi volatile food khususnya komoditas pangan Sulawesi Selatan, diperlukan inovasi penerapa...
Berita Utama19 Juni 2024 20:14
Kementerian PUPR Berkunjung ke Jeneponto, Pj Bupati : Menuju Simpul Kekuatan Ekonomi dan Ketahanan Pangan
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dalam rangka persiapan pelaksanaan program strategis nasional khususnya pada Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR...
Video19 Juni 2024 20:07
VIDEO: Bencana Tanah Longsor di Poros Maros-Bone, 2 Eskavator Tertimbun
SULSELSATU.com – Longsor terjadi di Jalur Poros Maros-Bone di Tompo Ladang, Kecamatan Mallawa,Maros  sehingga lalu lintas ditutup total. Longs...