Logo Sulselsatu

Kadivmin Kanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Desk Evaluasi Pembangunan ZI Rutan Selayar Menuju WBK Secara Daring

Asrul
Asrul

Selasa, 14 Mei 2024 21:48

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kanwil Kemenkumham Sulsel Indah Rahayuningsih memantau pelaksanaan Desk Evaluasi Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada Satuan Kerja (Satker) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Selayar. Desk Evaluasi ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dari Aula Bhinneka Tunggal Ika Kanwil pada Senin (13/05).

Kadivmin Indah dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa kehadiran jajaran pimpinan tinggi (pimti) dalam Desk Evaluasi ini adalah sebagai bentuk dukungan pada Rutan Selayar agar memberikan performa terbaik dalam mempresentasikan pembangunan ZI dihadapan jajaran Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham RI.

Lebih lanjut Kadivmin Indah meyakini bahwa jajaran pada Rutan Selayar telah siap menghadapi penilaian oleh TPI Itjen Kemenkumham RI. “Jajaran Rutan Selayar telah menyiapkan Paparan Pembangunan ZI, Video Profil, Visi-Misi dan Motto, Penampilan Yel-Yel, Pengenalan Maskot, Identifikasi dan Mitigasi Risiko, Foto Perbaikan Sarana dan Prasarana (before-after), serta Piagam Penghargaan. Tak hanya itu, seluruh jajaran juga bersiap menghadapi sesi wawancara/tanya-jawab yang diajukan oleh TPI Itjen Kemenkumham RI,” ujar Indah.

Baca Juga : Menkumham Resmikan 33 Desa dan Kelurahan Sadar Hukum di Sulsel

Dalam pelaksanaan Desk Evaluasi, Kepala Rutan Selayar Ario Galih Maduseno dalam kesempatan ini memaparkan pembangunan ZI menuju WBK yang telah dilakukan pada masing-masing area perubahan yakni Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan SDM Aparatur, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Selain itu, Kepala Rutan Selayar Ario memaparkan inovasi-inovasi guna meninggkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat maupun Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) seperti Silaga (Sistem Layanan Keluarga), Sijanjang (Sistem Kunjungan Dalam Jaringan), Pagassing (Pelayanan Tenaga Medis Keliling), Kupas (Saku Pemasyarakatan), dan Siparape (Sistem Pelayanan Saran dan Pengaduan).

Usai pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi wawancara/tanya jawab. Indra Jaya Ali selaku ketua TPI Itjen Kemenkumham memberikan apresiasi atas pembangunan ZI yang dilakukan oleh Rutan Selayar.

Baca Juga : Menkumham Yasonna Dianugrahi Gelar Adat Dari Kerajaan Gowa

“Pembangunan ZI tidak hanya merupakan tanggung jawab pimpinan dan anggota Tim Pokja, namun seluruh pegawai. Poin pokoknya adalah Integritas dan Pelayanan Publik yang harus terlihat mulai dari pimpinan hingga seluruh pegawai. Ingatlah bahwa pembangunan ZI harus dilaksanakan secara berkelanjutan, jangan hanya pas momentum seperti saat Desk Evaluasi ini,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak mengapresiasi kepada jajaran Rutan Selayar yang telah melaksanakan Desk Evaluasi pada hari ini. Liberti kembali mengingatkan jajaran yang satkernya menuju WBK, untuk terus mengimplementasikan secara nyata Pembangunan ZI dalam pelaksanaan tugas dan fungsi (tusi) setiap hari.

“Jaga integritas, jaga diri dari penyimpangan dan korupsi, serta terus tingkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat,” pesan Liberti.

Baca Juga : Resmikan Gedung Kanwil Kemenkumahm Sulsel, Yasonna Tekankan Pelayanan Publik

Desk Evaluasi ini turut dihadiri oleh Kepala Bagian Program dan Humas Khomaini, Kepala Subbagian Humas RB dan TI Meydi Zulqadri, dan para anggota TPI Itjen Kemenkumham (Asih Retno Sayekti dan Reni Melynda). Sementara dari Rutan Selayar turut hadir Ketua ZI Rutan Selayar Andi Fitri didampingi jajaran Ketua Pokja beserta anggotanya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis15 Juni 2024 19:35
Astra Motor Manjakan Konsumen dengan Promo Menarik di HUT ke-54
Astra Motor selaku Main Dealer motor Honda memberikan berbagai promosi menarik bagi konsumen setia pada perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-54....
Video15 Juni 2024 18:39
VIDEO: Syaharuddin Alrif Turun Langsung Perbaiki Jalan Rusak di Poros Sidrap-Soppeng
SULSELSATU.com – Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif, turun langsung untuk memperbaiki sejumlah jalan rusak di Poros Sidrap-Soppeng. Sepa...
Politik15 Juni 2024 17:12
Ini Alasan PKB Usung Andi Ina Pilkada Barru
SULSELSATU.com, BARRU – DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Barru mengusung Andi Ina Kartika Sari sebagai Bakal Calon Bupati Barru pada Pemiliha...
Video15 Juni 2024 16:15
VIDEO: Driver Ojol Antar Jenazah dari Makassar ke Pangkep
SULSELSATU.com – Seorang pria yang bekerja sebagai driver online mendapat orderan untuk mengantar jenazah dari Makassar ke Kabupaten Pangkep. Da...