Logo Sulselsatu

Biro SDM Setjen dan Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Pemantauan Kinerja dan Sosialsiasi e-Kinerja

Asrul
Asrul

Rabu, 15 Mei 2024 19:08

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkumham RI bersama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menggelar Kegiatan Pemantauan dan Penilaian Kinerja Pegawai dan Sosialisasi fitur e-Kinerja pada Aplikasi SIMPEG. Kegiatan dilaksanakan di Aula Bhinneka Tunggal Ika Kanwil Kemenkumham Sulsel pada Rabu (15/5/2024).

Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) dalam membacakan amanat Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh Biro SDM Setjen Kemenkumham guna mempercepat penyusunan Penilaian Kinerja berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) No 6/2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sejalan dengan Permenpan RB tersebut, Kemenkumham telah meluncurkan fitur terbaru dalam aplikasi SIMPEG yaitu e-Kinerja. Fitur ini membawa perubahan signifikan dalam evaluasi kinerja pegawai, mulai dari Satuan Kinerja Pegawai (SKP) hingga pelaporan, uraian pekerjaan harian, penilaian terhadap hasil kerja, umpan balik berkala, serta on going feedback (proses pemberian feedback atas hal-hal yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki),” kata Indah membacakan amanat Kakanwil Liberti.

Baca Juga : Menkumham Resmikan 33 Desa dan Kelurahan Sadar Hukum di Sulsel

Lebih lanjut Indah menjelaskan adanya fitur terbaru dalam SIMPEG tersebut menunjukan bahwa Kemenkumham telah terus berupaya memperbaiki kualitas layanan serta menerapkan inovasi digital di dalam sektor birokrasinya. Oleh karenanya, kegiatan ini menjadi momen penting untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kompetensi seluruh pegawai dalam menghadapi perkembangan digitalisasi yang serba canggih saat ini.

Indah berharap dengan adanya fitur e-Kinerja pada SIMPEG, evaluasi kinerja dapat dilakukan lebih transparan, profesional, dan akuntabel. Para pimpinan nantinya dapat mengelola perencanaan kinerja serta mengevaluasi kinerja jajarannya secara berkala.

“Disamping itu, pimpinan juga dapat memberikan penghargaan dan sanksi, serta peningkatan karier dan kompetensi pegawai. Adanya e-Kinerja juga diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan dan kinerja seluruh pegawai,” harap Indah mengakhiri amanat Kakanwil Liberti.

Baca Juga : Menkumham Yasonna Dianugrahi Gelar Adat Dari Kerajaan Gowa

Usai sambutan, Tim Biro SDM yang diketuai oleh Yanvaldi Yanuar selaku Analis SDM Aparatur Muda pada Biro SDM Setjen Kemenkumham, memberikan materinya bersama anggota lain yaitu M. Akbar dan Dionosius Mangatur Oloan. Pada Kegiatan Pemantauan dan Penilaian Kinerja Pegawai diisi dengan materi tentang tata cara penilaian kinerja pegawai dan penyampaian informasi terkait dengan target kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel tahun 2024. Sedangkan sosialisasi E-Kinerja pada Aplikasi SIMPEG diisi dengan materi tentang cara penggunaan aplikasi SIMPEG untuk penilaian kinerja pegawai.

Dalam kesempatan ini, Tim Biro SDM Setjen Kemenkumham berharap partisipasi aktif seluruh pegawai di dalam pemantuan dan penilaian kinerja dengan menggunakan sistem e-Kinerja.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bagian Umum Basir, Kepala Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga Andi Rahmat, serta seluruh jajaran Kanwil dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Sulsel baik langsung maupun secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik15 Juni 2024 17:12
Ini Alasan PKB Usung Andi Ina Pilkada Barru
SULSELSATU.com, BARRU – DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Barru mengusung Andi Ina Kartika Sari sebagai Bakal Calon Bupati Barru pada Pemiliha...
Video15 Juni 2024 16:15
VIDEO: Driver Ojol Antar Jenazah dari Makassar ke Pangkep
SULSELSATU.com – Seorang pria yang bekerja sebagai driver online mendapat orderan untuk mengantar jenazah dari Makassar ke Kabupaten Pangkep. Da...
Makassar15 Juni 2024 11:11
Danny Pomanto Kukuhkan Dewan Lorong se-Kota Makassar
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengukuhkan Forum Dewan Lorong baik di tingkat Kelurahan, Kecamatan, dan Kota Makassar....
Video14 Juni 2024 23:30
VIDEO: Viral, Sapi Qurban Lepas di Jalan Poros AP Pettarani Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah video viral memperlihatkan seekor sapi qurban lepas dan berlarian di tengah jalan. Peristiwa ini terjadi di Jalan Poros ...