Logo Sulselsatu

Pelindo Makassar Hadirkan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat Kaluku Bodoa

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 15 Mei 2024 09:15

Pelindo wilayah kerja Makassar gelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat Kaluku Bodoa. Foto: Istimewa.
Pelindo wilayah kerja Makassar gelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat Kaluku Bodoa. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Group wilayah kerja Makassar kembali menggelar program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Program ini sebagai salah satu upaya perusahaan untuk memberikan perhatian kepada masyarakat dan lingkungan sekitar, utamanya masyarakat nelayan yang bermukim di area aktivitas proyek pembangunan Makassar New Port (MNP).

Executive Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis mengatakan, Pelindo senantiasa selalu berupaya untuk terlibat langsung dalam setiap peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar aktivitas perusahaan.

Baca Juga : Utara Fest 2024 di Pelabuhan Paotere Gerakkan Roda Ekonomi dan Tambah Daya Tarik Wisatawan

“Pelindo selalu menganggap bahwa masyarakat sekitar adalah bagian yang juga penting dalam setiap proyek pembangunan yang dijalankan. Oleh karena itu, kesejahteraan masyarakat sekitar tak pernah luput untuk turut menjadi perhatian manajemen perusahaan,” terang Azis.

Sementara itu Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4 Basri Alam menuturkan, TJSL Pelindo merupakan salah satu program yang setiap tahun selalu dilakukan oleh perusahaan.

Pada Rabu (8 Mei 2024) lalu Pelindo Regional 4 kembali menggelar Program Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) yang dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan gratis.

Baca Juga : Pelindo Regional 4 Salat Iduladha Bersama Masyarakat dan Salurkan Daging Kurban

“Program tersebut menyentuh masyarakat yang bermukim di sekitar proyek pembangunan MNP, tepatnya di Jalan Permandian 1 RT 11 RW 05 Kelurahan Kaluku Bodoa Kecamatan Tallo Kota Makassar,” ujarnya.

Menurut dia, program ini merupakan kolaborasi berkelanjutan antara Pelindo Regional 4 bersama anak usaha yaitu Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) dan Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) bersinergi dengan Puskesmas Kaluku Bodoa.

Dalam kegiatan tersebut lanjut Basri, Pelindo Group menyelenggarakan kegiatan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat yang dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan gratis untuk kedua kalinya.

Baca Juga : Minimalisir Dampak Kecelakaan Kerja, Pelindo Regional 4 Gelar In House Training Petugas P3K

Kegiatan ini sebagai bagian dari upaya berkelanjutan Pelindo Group untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Sebanyak 44 orang warga mengikuti kegiatan Sosialisasi PHBS sekaligus medical checkup dan kemudian diberikan resep dan obat-obatan secara gratis,” kata Basri.

Dia menyebutkan, mayoritas masyarakat yang datang berobat mengalami penyakit maag, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Baca Juga : KM Umsini Terbakar di Pelabuhan Makassar, Pelindo Pastikan Semua Aman dan Tetap Beroperasi

Kegiatan sosialisasi ini melibatkan para ahli kesehatan dan profesional medis yang memberikan edukasi mengenai pentingnya kebersihan pribadi dan lingkungan sebagai kunci utama dalam memelihara kesehatan.

Selain itu peserta juga mendapatkan kesempatan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dasar secara gratis, yang mencakup pengukuran tekanan darah, tes gula darah dan konsultasi nutrisi.

Kepala Tata Usaha Puskesmas Kaluku Bodoa Jumriari dalam pemarapan materinya mengatakan, program kesehatan keberlanjutan ini memberikan sesuatu yang mudah bagi masyarakat padat penduduk di wilayah tersebut.

Baca Juga : Pelindo Regional 4 Gandeng Kejati Sulsel dalam Penanganan Masalah Hukum

Harapannya dari program ini adalah, agar masyarakat semakin peduli akan pentingnya kesehatan, mengetahui faktor risiko penyakit dan pencegahan serta memanfaatkan fasilitas pemeriksaan kesehatan secara berkala.

“Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan kesehatan yang baik dan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Kelurahan Kaluku Bodoa,” imbuhnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kesuksesan kegiatan ini, serta juga berharap semoga kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan untuk keberlanjutan dan kebaikan bersama.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video19 Juni 2024 22:06
VIDEO: Truk Rem Blong Terjun ke Jurang 20 Meter di Kalukku, Muatan Batu Berserakan
SULSELSATU.com – Kecelakaan di jalan poros Kalukku-Kalumpang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (19/6/2024). Kecelakaan ...
Makassar19 Juni 2024 21:13
Makassar Sendiri dari Indonesia Masuk Daftar Kota Bahagia di Dunia
Kota Makassar lagi-lagi menorehkan prestasi gemilang karena menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam Kota Bahagia di dunia....
OPD19 Juni 2024 20:52
Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam rangka merespons inflasi volatile food khususnya komoditas pangan Sulawesi Selatan, diperlukan inovasi penerapa...
Berita Utama19 Juni 2024 20:14
Kementerian PUPR Berkunjung ke Jeneponto, Pj Bupati : Menuju Simpul Kekuatan Ekonomi dan Ketahanan Pangan
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dalam rangka persiapan pelaksanaan program strategis nasional khususnya pada Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR...