Logo Sulselsatu

Humas se-Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Workshop Kelola Asik Media Sosial Plat Merah

Asrul
Asrul

Kamis, 23 Mei 2024 08:49

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala bidang perizinan dan informasi keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Bisri mewakili Kakanwil Liberti Sitinjak membuka secara resmi kegiatan Workshop Kehumasan yang di selenggarakan oleh Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar, Rabu (22/5/24)

Workshop yang mengusung tema “Kelola Asik Media Sosial Plat Merah” ini Menghadirkan beberapa narasumber yang mumpuni di bidangnya, yaitu Ajeng rahma safitri Pranata Humas Ditjen Imigrasi, Ihsan Bangsawan CEO Skema & Konten Kreator, dan juga Akhmad Khatib Syamsuddin Field Producer CNN Indonesia.

Bisri yang mewakili Kakanwil Sulsel mengatakan bahwa Komunikasi melalui media sosial menjadi salah satu contoh nyata perkembangan dalam dunia komunikasi saat ini.

Baca Juga : Liberti Sitinjak Ajak Seluruh Kepala UPT se-Sulsel Berikan Pelayanan Prima

“Media sosial telah menjadi salah satu pilihan yang digunakan pemerintah untuk berkomunikasi dengan masyarakat dan menjalankan fungsinya dalam memberikan layanan publik. Hal ini terjadi karena secara faktual ada perubahan pola perilaku publik dalam mengkonsumsi informasi beberapa dekade terakhir” ujar bisri.

Bisri melanjutkan bahwa Workshop Kehumasan kali ini diselenggarakan untuk memberikan wawasan terhadap humas Satuan Kerja Kemenkumham Sulawesi Selatan tentang pengelolaan media sosial yang baik dan benar bagaimana menyebarluaskan informasi dan kebijakan pemerintah kepada publik, menampung dan mengolah aspirasi masyarakat, serta membangun kepercayaan publik guna menjaga citra dan reputasi Kemenkumham.

“Untuk memenuhi hal tersebut, maka humas harus memiliki upaya- upaya kreatif dan persuasif di era media sosial saat ini, sehingga terbangun engagement dengan masyarakat atau netizen, dimana hasil akhir yang diharapkan adalah dapat memberikan manfaat yang optimal bagi penggunanya, khususnya bagi institusi yang kita naungi yaitu Kementerian Hukum dan HAM,” ungkap Bisri.

Baca Juga : Hadirnya Gedung Baru Kanwil Sulsel Sebagai Momentum Mengubah Mindset dan Culture Set

Selanjutnya Pranata Humas Ditjen Imigrasi, Ajeng rahma safitri dalam materinya menyampaikan pentingnya pengelolaan akun media sosial UPT dalam membangun citra positif institusi kemenkumham.

Field Producer CNN Indonesia, Akhmad Khatib Syamsuddin dalam materinya juga menjelaskan apa keuntungan sebuah instansi dalam mengelola media sosial serta menjelaskan bagaimana teknik dalam pengambilan gambar dalam pembuatan sebuah info grafis dalam media sosial.

Konten Kreator sekaligus CEO Skema, Ihsan Bangsawan, menjelaskan mengenai teknik dalam mengelola akun sosial media.

Baca Juga : Hari Raya Idul Adha 1445 H, Kanwil Kemenkumham Sulsel Sembelih 12 Hewan Kurban

“Untuk menentukan tema konten yang alan dibuat, terlebih dahulu Kita harus Tau siapa audience dari akun sosial media yang kita Kelola,”. jelas Ihsan

Ihsan juga menjelaskan stategi dalam meggait lebih banyak engagement dari audience, dan mengetahui pola algoritma dalam postingan konten dalam media sosial yang kita kelola.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh UPT Keimigrasian, Pemasyarakatan dan Balai Harta Peninggalan Makassar se-Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video19 Juni 2024 22:06
VIDEO: Truk Rem Blong Terjun ke Jurang 20 Meter di Kalukku, Muatan Batu Berserakan
SULSELSATU.com – Kecelakaan di jalan poros Kalukku-Kalumpang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (19/6/2024). Kecelakaan ...
Makassar19 Juni 2024 21:13
Makassar Sendiri dari Indonesia Masuk Daftar Kota Bahagia di Dunia
Kota Makassar lagi-lagi menorehkan prestasi gemilang karena menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam Kota Bahagia di dunia....
OPD19 Juni 2024 20:52
Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam rangka merespons inflasi volatile food khususnya komoditas pangan Sulawesi Selatan, diperlukan inovasi penerapa...
Berita Utama19 Juni 2024 20:14
Kementerian PUPR Berkunjung ke Jeneponto, Pj Bupati : Menuju Simpul Kekuatan Ekonomi dan Ketahanan Pangan
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dalam rangka persiapan pelaksanaan program strategis nasional khususnya pada Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR...