Logo Sulselsatu

Pemkab Lutra Beri Edukasi Gizi dan Lingkungan ke Mbah Abu, Warga Bonebone

Asrul
Asrul

Minggu, 02 Juni 2019 21:38

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MASAMBA – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara secara khusus memberikan edukasi kesehatan, gizi dan lingkungan kepada Mbah Abu (84 tahun), seorang warga desa Sidomukti kecamatan Bonebone. Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Luwu Utara, dr. Hariadi, melakukan kunjungan ke rumah Mba Abu, Sabtu (1/6/2019), kemarin.

“Kami baru saja dari rumah Mbah Abu. Rumah beliau berjarak ± 1 km dari Puskesmas Bone-Bone. Dia memang tinggal sendiri, tapi tidak jauh dari rumah beliau ada rumah anak dan cucunya yang rerata berjarak 5 meter dari tempat tinggalnya,” kata Hariadi.

Menurut Hariadi, mbah Abu punya 3 anak, 2 tinggal di luar dan satunya bertetangga bersama cucunya.

Baca Juga : Pemerintah Bakal Siapkan Tempat Tinggal Sementara bagi Korban Banjir Lutra

Ia menyebutkan, rumah yang ditempati mbah Abu saat ini boleh disebut gubuk karena berdinding papan dan luasnya hanya 3 x 6 m. Meski demikian, kata dia, rumahnya cukup baik untuk ditinggali karena sudah berlantai semen, beratap rumbia dan tidak bocor.

“Dinding papan mulai lapuk, kamar mandi ada, karena tidak tercium bau kotoran,” ungkapnya.

Terkait kondisi kesehatan dan gizi, Hariadi mengatakan secara umum kondisi kesehatan mbah Abu baik. Cuma kata dia, mba Abu sedikit ada masalah di penglihatan.

Baca Juga : Luwu Utara Kini Miliki Pusat Layanan Informasi Pariwisata

“Tidak ada keluhan kesehatan sama sekali. Beliau juga tidak batuk, pendengaran baik, kooperatif, dan tidak ada tanda-tanda cemas/depresi, kecuali penglihatan,” sambungnya.

Soal kondisi mata, ia menyebutkan mba Abu memiliki penglihatan visus 0, respon pupil 0, refleks cahaya 0, lensa kesan lisis.

“Menurut saya, mata mbah Abu tidak bisa lagi diapa-apain, walaupun dengan operasi,” terangnya. Untuk itu, Hariadi akan melakukan konsultasi ke dokter ahli mata untuk penanganan lebih lanjut terkait kondisi penglihatan mbah Abu.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Resmikan Kantor dan Gudang PDAM Tirta Bukae

“Terlihat beliau sangat tabah dan sabar. Bahkan beliau masih aktif berpuasa. Walaupun tidak serumah, tapi anak dan cucunya juga masih sangat perhatian kepada mbah Abu,” katanya lagi.

Hariadi menyimpulkan, kondisi lingkungan mba Abuh masih baik, kondisi fisik baik dengan masih aktif berpuasa, serta keterlibatan keluarga juga baik.

Ia mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Puskesmas Bonebone untuk segera melakukan pendampingan dan edukasi keluarga kepada mbah Abu.

Baca Juga : Antisipasi Angin Monsun Asia, IDP Minta Camat Aktif Tingkatkan Kewaspadaan Warga

“Insya Allah, kami sudah menugaskan perawat dari Puskesmas Bone-Bone untuk mendampingi mbah Abu. Saya sarankan untuk edukasi keluarga guna mempertahankan gizi dan lingkungannya,” pungkasnya.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif18 Juni 2024 22:43
Hanya Dalam 40 Menit, NMAX TURBO Generasi Terbaru Laris Hingga 1.000 Unit
Peluncuran NMAX "TURBO" dengan konsep Evolution: Fun Tech X Prestige X Sporty pada 12 Juni 2024 di Jakarta menjadi magnet perhatian masyarakat Indones...
Video18 Juni 2024 22:29
VIDEO: Jemaah Haji Asal Bogor Protes Tenda Lantaran Sempit
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi protes jemaah haji asal Kota Bogor, Jawa Barat. Jemaah haji tersebut protes lantaran tenda unt...
Video18 Juni 2024 19:44
VIDEO: Sejoli Diduga Mesum di Parkiran Mobil, Kabur Usai Kepergok Petugas Keamanan
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan sejumlah petugas keamanan mengejar sebuah mobil. Aksi pengejaran tersebut diduga sejoli remaja seda...
Video18 Juni 2024 16:36
VIDEO: Rumah Panggung Milik Warga di Pinrang Ludes Dilalap Si Jago Merah
SULSELSATU.com – Kebakaran terjadi di Buttu Angin, Desa Pakeng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Dalam video yang beredar, tampak api membu...