Logo Sulselsatu

Peredaran Uang Kartal Ramadhan 2019 Meningkat 34 Persen

Asrul
Asrul

Kamis, 13 Juni 2019 19:15

Ilustrasi pelemahan rupiah terhadap dollar AS (Int)
Ilustrasi pelemahan rupiah terhadap dollar AS (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSARPeredaran uang kartal selama Ramadan hingga lebaran Idul Fitri 1440 hijriah mencapai Rp5,46 triliun. Angka ini meningkat 34 persen dari tahun sebelumnya dengan realisasi sebesar Rp3,3 triliun.

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso mengatakan realisasi peredaran uang kartal Ramadhan tahun ini mencapai 96 persen dari proyeksi yang sebesar Rp5,66 triliun. Tahun ini juga karena ada peningkatan lokasi penukaran uang.

“Peningkatan ini adalah sesuatu yang positif. Ada peningkatan uang kartal, yang artinya aktivitas ekonomi di Sulsel mengalami peningkatan karena membutuhkan uang,” jelas Bambang, Kamis, (13/6/2019).

Baca Juga : Rupiah Terpuruk, Nilai Tukar Rp15.200 per Dolar AS

Tahun ini 2019 ini, jumlah titik penukaran uang sebut Bambang meningkat hingga 130 titik. Jauh lebih besar dari tahun sebelumnya yang hanya 85 titik. Tahun ini kata Bambang, tidak hanya menggandeng bank komersial tetapi juga Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) dan mini market.

Selain itu, BI juga menyiapkan kas titipan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai di beberapa di Sulsel. Ada empat kabupaten yang dipilih BI dalam penyediaan kas titipan tersebut, yaitu Bone, Palopo, Bulukumba, dan Parepare.

Disamping itu, Bambang juga berharap kepada masyarakat dalam menggunakan uang dengan baik. Terkhusus di BI, ada semboyang 5 jangan yang diterapkan.

Baca Juga : Rupiah Terpuruk, Nilai Tukar Rp15.200 per Dolar AS

“Dari BI, mengharapkan kepada masyarakat dalam menggunakan uang itu menerapkan semboyan 5 jangan. Yaitu, jangan disteples, jangan diremas, jangan dibasahi, jangan dilipat, dan jangan dicoret,” harap Bambang.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Azis Kuba

 Komentar

 Terbaru

Sulsel20 Mei 2022 22:12
Kinerja Pemkab Barru Kelola Keuangan Raih 8 Kali WTP
SULSELSATU.com, BARRU – Kinerja Pemkab Barru dalam mengelola keuangan menuai hasil penilaian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dengan Opini atas...
Sulsel20 Mei 2022 21:32
Gubernur Sulsel Harap Produktivitas Masyarakat Meningkat Pasca Rehab DI Cenrana
SULSELSATU.com, WAJO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali melanjutkan penanganan pada Daerah Irigasi Cenrana di Kabupaten Wajo untuk t...
Video20 Mei 2022 21:28
VIDEO: Bikin Heboh, Fans NCT Dream Berlarian Kejar Idolanya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan ribuan fans NCT Dream berlarian mengejar idolannya. Aksi fans NCT Dream di bandara Soekarno-Hatta v...
OPD20 Mei 2022 21:21
Dispora Sulsel Usulkan Bonus untuk Atlet Sulsel Peraih Medali di Sea Games Vietnam
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, mengusulkan untuk memberi ...