Logo Sulselsatu

Peredaran Uang Kartal Ramadhan 2019 Meningkat 34 Persen

Asrul
Asrul

Kamis, 13 Juni 2019 19:15

Ilustrasi pelemahan rupiah terhadap dollar AS (Int)
Ilustrasi pelemahan rupiah terhadap dollar AS (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSARPeredaran uang kartal selama Ramadan hingga lebaran Idul Fitri 1440 hijriah mencapai Rp5,46 triliun. Angka ini meningkat 34 persen dari tahun sebelumnya dengan realisasi sebesar Rp3,3 triliun.

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso mengatakan realisasi peredaran uang kartal Ramadhan tahun ini mencapai 96 persen dari proyeksi yang sebesar Rp5,66 triliun. Tahun ini juga karena ada peningkatan lokasi penukaran uang.

“Peningkatan ini adalah sesuatu yang positif. Ada peningkatan uang kartal, yang artinya aktivitas ekonomi di Sulsel mengalami peningkatan karena membutuhkan uang,” jelas Bambang, Kamis, (13/6/2019).

Baca Juga : BRI Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jamaah Haji 2024

Tahun ini 2019 ini, jumlah titik penukaran uang sebut Bambang meningkat hingga 130 titik. Jauh lebih besar dari tahun sebelumnya yang hanya 85 titik. Tahun ini kata Bambang, tidak hanya menggandeng bank komersial tetapi juga Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) dan mini market.

Selain itu, BI juga menyiapkan kas titipan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai di beberapa di Sulsel. Ada empat kabupaten yang dipilih BI dalam penyediaan kas titipan tersebut, yaitu Bone, Palopo, Bulukumba, dan Parepare.

Disamping itu, Bambang juga berharap kepada masyarakat dalam menggunakan uang dengan baik. Terkhusus di BI, ada semboyang 5 jangan yang diterapkan.

Baca Juga : Pastikan Kecukupan Uang Rupiah Selama Ramadan dan Idul Fitri 2023, BI Sulsel Siapkan Rp5,8 Triliun

“Dari BI, mengharapkan kepada masyarakat dalam menggunakan uang itu menerapkan semboyan 5 jangan. Yaitu, jangan disteples, jangan diremas, jangan dibasahi, jangan dilipat, dan jangan dicoret,” harap Bambang.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Azis Kuba

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video15 Juni 2024 18:39
VIDEO: Syaharuddin Alrif Turun Langsung Perbaiki Jalan Rusak di Poros Sidrap-Soppeng
SULSELSATU.com – Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif, turun langsung untuk memperbaiki sejumlah jalan rusak di Poros Sidrap-Soppeng. Sepa...
Politik15 Juni 2024 17:12
Ini Alasan PKB Usung Andi Ina Pilkada Barru
SULSELSATU.com, BARRU – DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Barru mengusung Andi Ina Kartika Sari sebagai Bakal Calon Bupati Barru pada Pemiliha...
Video15 Juni 2024 16:15
VIDEO: Driver Ojol Antar Jenazah dari Makassar ke Pangkep
SULSELSATU.com – Seorang pria yang bekerja sebagai driver online mendapat orderan untuk mengantar jenazah dari Makassar ke Kabupaten Pangkep. Da...
Makassar15 Juni 2024 11:11
Danny Pomanto Kukuhkan Dewan Lorong se-Kota Makassar
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengukuhkan Forum Dewan Lorong baik di tingkat Kelurahan, Kecamatan, dan Kota Makassar....