Logo Sulselsatu

Peredaran Uang Kartal Ramadhan 2019 Meningkat 34 Persen

Asrul
Asrul

Kamis, 13 Juni 2019 19:15

Ilustrasi pelemahan rupiah terhadap dollar AS (Int)
Ilustrasi pelemahan rupiah terhadap dollar AS (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSARPeredaran uang kartal selama Ramadan hingga lebaran Idul Fitri 1440 hijriah mencapai Rp5,46 triliun. Angka ini meningkat 34 persen dari tahun sebelumnya dengan realisasi sebesar Rp3,3 triliun.

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso mengatakan realisasi peredaran uang kartal Ramadhan tahun ini mencapai 96 persen dari proyeksi yang sebesar Rp5,66 triliun. Tahun ini juga karena ada peningkatan lokasi penukaran uang.

“Peningkatan ini adalah sesuatu yang positif. Ada peningkatan uang kartal, yang artinya aktivitas ekonomi di Sulsel mengalami peningkatan karena membutuhkan uang,” jelas Bambang, Kamis, (13/6/2019).

Baca Juga : Rupiah Terpuruk, Nilai Tukar Rp15.200 per Dolar AS

Tahun ini 2019 ini, jumlah titik penukaran uang sebut Bambang meningkat hingga 130 titik. Jauh lebih besar dari tahun sebelumnya yang hanya 85 titik. Tahun ini kata Bambang, tidak hanya menggandeng bank komersial tetapi juga Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) dan mini market.

Selain itu, BI juga menyiapkan kas titipan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai di beberapa di Sulsel. Ada empat kabupaten yang dipilih BI dalam penyediaan kas titipan tersebut, yaitu Bone, Palopo, Bulukumba, dan Parepare.

Disamping itu, Bambang juga berharap kepada masyarakat dalam menggunakan uang dengan baik. Terkhusus di BI, ada semboyang 5 jangan yang diterapkan.

Baca Juga : Rupiah Terpuruk, Nilai Tukar Rp15.200 per Dolar AS

“Dari BI, mengharapkan kepada masyarakat dalam menggunakan uang itu menerapkan semboyan 5 jangan. Yaitu, jangan disteples, jangan diremas, jangan dibasahi, jangan dilipat, dan jangan dicoret,” harap Bambang.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Azis Kuba

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Otomotif04 Desember 2022 17:13
Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point
Asmo Sulsel beri pelayanan prima bagi konsumen dengan menghadirkan parkir khusus motor matik premium Honda di Mall Phinisi Point Makassar...
Makassar04 Desember 2022 16:54
SRC Gelar Pesta Retail Celebes, Hadirkan Seribu Toko Kelontong dari 4 Provinsi di Sulawesi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT HM Sampoerna Tbk melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisas...
News04 Desember 2022 16:40
Menuju Natal dan Tahun Baru 2023, Staf Khusus Menhub Minta Pelindo Bersiap Hadapi Arus Mudik
Pelindo bersiap hadapi arus mudik natal dan tahun baru 2023...
Video04 Desember 2022 14:42
VIDEO: Bawaslu Jeneponto Gelar Rakon Dengan Panwaslu
SULSELSATU.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto menggelar Rapat Konsolidasi (Rakon) Pengawasan Tahapan Pemilu tahun 202...