Logo Sulselsatu

Makassar Butuh Dokter di Puskesmas

Asrul
Asrul

Jumat, 14 Juni 2019 13:56

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin (Asrhawi Muin)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin (Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintahan Kota (Pemkot) Makassar membutuhkan tenaga dokter umum. Dari 12 puskesmas yang tersebar di Makassar masih kekurangan dokter umum.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, bahwa pihaknya mengharapkan agar pada seleksi CPNS tahun ini kuota penerimaan untuk dokter bisa lebih banyak.

“Karena kami sekarang sangat butuh tenaga kesehatan, utamanya dokter. Kalau bidan kami baru dapat 30 di CPNS. Dokter cuma 2, itupun hanya pulau, sementara yang ada di puskesmas rata-rata sudah mau memasuki usia pensiun, fungsional, ini yang krisis,” kata Naisyah, Jumat (14/6/2019).

Idealnya, kata Naisyah, sebuah puskesmas harus memiliki 2 dokter umum sebagaimana yang diatur dalam standar pelaksanaan kerja sama Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS. Sebab jika tidak, maka dana kapitasi untuk puskesmas akan dipotong.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Naisyah menyatakan bahwa pihaknya telah merekrut sejumlah tenaga kontrak untuk mengganti jika ada dokter yang pensiun. Hanya saja, tenaga kontrak hanya bersifat sementara saja yakni satu tahun.

“Kita berharap kebutuhan tenaga kesehatan bisa terpenuhi karena pelayanan tidak bisa ditunda. Namun alhamdulillah kita bisa maksimalkan yang ada,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan12 Juni 2024 22:51
Ramah Tama FIP UNM, Rektor UNM: Hidup itu Untuk Memberi Kontribusi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar ramah tamah Wisuda periode Juni ...
Politik12 Juni 2024 22:21
Dinilai Bebas KKN, Milenial 445 Dukung Sudirman Sulaiman Maju Pilgub Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dukungan untuk Andi Sudirman Sulaiman maju pada pentas Pemilihan Gubernur (Pilgib) Sulsel mulai bermunculan, terbaru ...
Pendidikan12 Juni 2024 21:58
Danny Pomanto Minta ICMI Ambil Peran Cerdaskan Anak Bangsa di Tengah Krisis Moral
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meminta Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) mengambil peran mencerdaskan anak bangsa di tengah krisis...
Video12 Juni 2024 20:40
VIDEO: Penyerang Timnas Indonesia Beri Hadiah Sepatu kepada Seorang Supporter
SULSELSATU.com – Seorang supporter mendapatkan sepatu dari penyerang timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen. Ragnar memberikan sepatunya kepada fa...