Logo Sulselsatu

Makassar Butuh Dokter di Puskesmas

Asrul
Asrul

Jumat, 14 Juni 2019 13:56

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin (Asrhawi Muin)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin (Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintahan Kota (Pemkot) Makassar membutuhkan tenaga dokter umum. Dari 12 puskesmas yang tersebar di Makassar masih kekurangan dokter umum.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, bahwa pihaknya mengharapkan agar pada seleksi CPNS tahun ini kuota penerimaan untuk dokter bisa lebih banyak.

“Karena kami sekarang sangat butuh tenaga kesehatan, utamanya dokter. Kalau bidan kami baru dapat 30 di CPNS. Dokter cuma 2, itupun hanya pulau, sementara yang ada di puskesmas rata-rata sudah mau memasuki usia pensiun, fungsional, ini yang krisis,” kata Naisyah, Jumat (14/6/2019).

Idealnya, kata Naisyah, sebuah puskesmas harus memiliki 2 dokter umum sebagaimana yang diatur dalam standar pelaksanaan kerja sama Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS. Sebab jika tidak, maka dana kapitasi untuk puskesmas akan dipotong.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Naisyah menyatakan bahwa pihaknya telah merekrut sejumlah tenaga kontrak untuk mengganti jika ada dokter yang pensiun. Hanya saja, tenaga kontrak hanya bersifat sementara saja yakni satu tahun.

“Kita berharap kebutuhan tenaga kesehatan bisa terpenuhi karena pelayanan tidak bisa ditunda. Namun alhamdulillah kita bisa maksimalkan yang ada,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Otomotif04 Desember 2022 17:13
Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point
Asmo Sulsel beri pelayanan prima bagi konsumen dengan menghadirkan parkir khusus motor matik premium Honda di Mall Phinisi Point Makassar...
Makassar04 Desember 2022 16:54
SRC Gelar Pesta Retail Celebes, Hadirkan Seribu Toko Kelontong dari 4 Provinsi di Sulawesi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT HM Sampoerna Tbk melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisas...
News04 Desember 2022 16:40
Menuju Natal dan Tahun Baru 2023, Staf Khusus Menhub Minta Pelindo Bersiap Hadapi Arus Mudik
Pelindo bersiap hadapi arus mudik natal dan tahun baru 2023...
Video04 Desember 2022 14:42
VIDEO: Bawaslu Jeneponto Gelar Rakon Dengan Panwaslu
SULSELSATU.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto menggelar Rapat Konsolidasi (Rakon) Pengawasan Tahapan Pemilu tahun 202...