Logo Sulselsatu

Ini Inovasi DKP Makassar untuk Pengembangan BULo

Asrul
Asrul

Selasa, 25 Juni 2019 16:30

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pengembangan Badan Usaha Lorong (Bulo) yang telah digagas sejak tahun 2016 lalu terus mendapatkan perhatian Pemerintah Kota Makassar.

Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar menggelar Workshop Pengembangan Badan Usaha Lorong (Bulo) di Aerotel Smile, Jalan Muchtar Lutfi, Selasa, (25/6/2019).

Baca Juga : Dishub Makassar Terapkan Kontra Flow Selama F8

“Tujuan pelaksanaan kegiatan pengembangan Bulo bertujuan untuk meningkatkan SDM petani lorong sebagai pelaku utama dalam penerapan teknologi pertanian, khususnya tanaman cabe,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar, Sri Susilawati.

Selain itu, kata Sri, tmworkshop digelar untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta kelompok dalam mewujudkan ketersediaan pangan yang berkesinambungan khususnya kestersediaan cabe serta berusaha menurunkan tingkat ketergantungan masyarakat terhadap pasar.

“Kami juga berusaha meningkatkan pemanfaatan pekarangan rumah warga sebagai sumber pangan dan mata pencaharian baru keluarga,” katanya.

Baca Juga : Evaluasi Implementasi SAKIP, Pj Sekda Firman Pagarra Kupas Tuntas Keunggulan Kota Makassar

Bulo dilakukan secara terintegrasi dengan berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebagai upaya memaksimalkan pencapaian program agar terimplementasi dengan baik, efisien serta dirasakan manfaatnya oleh kelompok binaan.

Sementara itu, Asisten II Pemkot Makassar Bidang Perekonomian, Andi Irwan Bangsawan mengatakan bahwa saat ini Bulo telah melakukan kerjasama kemitraan dengan pihak swasta dan perguruan tinggi baik di bidang pangan maupun bidang lainnya seperti peningkatan sumber daya melalui kegiatan sosialiisasi kepada Kelompok Tani Lorong (Poktanrong).

“Pemerintah Kota Makassar mengapresiasi beberapa terobosan dan inovasi yang dikembangkan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar,” kata mantan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Makassar ini.

Baca Juga : Danny Pomanto Komitmen Perkuat Peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah Demi Mencegah Korupsi

Adapun inovasi yang telah ditempuh DKP Makassar diantaranya:

1. Memorandum of understanding dengan PT. EAST WEST PANAH MERAH bersama penyuluh, secara bertahap telah menjawab permasalahan budidaya tanaman yang banyak dikembangkan di Iorong.

2. Memorandum of understanding dengan Supermarket Gelael yang memberikan kepastian pembelian dan jaminan harga.

Baca Juga : PDAM Makassar Catat Kepuasan Pelanggan Mencapai 93,77 Persen Selama 2023

3. Terciptanya aplikasi berbasis Android, MR Beby Ron. Aplikasi ini adalah terobosan teknologi informasi yang dapat diakses oleh petani dan masyarakat umum untuk mengetahui informasi produk yang dibutuhkan oleh pasar modern. Disamping itu juga tersedia informasi produksi dan pola tanam.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video20 Juli 2024 22:40
VIDEO: Pengendara Mobil Berpakaian PNS Beli Bensin Rp 10 Ribu, Ekspresi Petugas SPBU Jadi Sorotan
SULSELSATU.com – Pengendara mobil yang diduga Pegawai Negeri Sipil (PNS) membeli bensin Rp10 ribu. Video tersebut viral di media sosial Instagra...
Video20 Juli 2024 21:01
VIDEO: Demokrat Resmi Dukung Komika Marshel Widianto di Pilkada Tangsel 2024
SULSELSATU.com – Partai Demokrat resmi mendukung Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto untuk maju di Pilkada Tangerang Selatan 2024. Ketua Umum Agu...
Aneka20 Juli 2024 20:20
Asmo Sulsel Undang Iwan Banaran dalam Honda Jagoanku Talkshow Blogger
Astra Motor Sulsel menghadirkan Iwan Banaran yang merupakan seorang blogger, content creator, dan influencer otomotif. Ia dinilai cukup terkenal dan t...
Video20 Juli 2024 20:02
VIDEO: Mobil Nyungsep di Parkiran Living Plaza Pettarani Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah mobil nyungsep di parkiran Living Plaza Pettarani, Kota Makassar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Peristiw...