Logo Sulselsatu

Klinik Kesehatan Menjamur, DLH Makassar Terjunkan Tim Cek Pengelolaan Limbah

Asrul
Asrul

Selasa, 25 Juni 2019 20:13

Klinik Kesehatan Menjamur, DLH Makassar Terjunkan Tim Cek Pengelolaan Limbah

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemkot Makassar bakal lebih tegas terhadap menjamurnya klinik-klinik kesehatan yang tidak memiliki sistem pengelolaan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), khususnya limbah medis.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Rusmayani Madjid mengatakan, bahwa pihaknya sudah menurunkan tim untuk melakukan pengawasan terhadap pengelolaan limbah B3, baik di rumah sakit maupun klinik kesehatan.

“Banyak rumah atau ruko, yang tiba-tiba jadi klinik bahkan rumah sakit. Pasti IPAL-nya itu tidak seperti peruntukan usahanya,” tutur Rusmayani, Selasa (25/6/2019).

Baca Juga : Atasi Limbah B3, NA Perintahkan DPLH Sulsel Tambah Insenerator

Menurut Maya, klinik yang didirikan dalam bentuk ruko biasanya tidak memiliki sistem pembuangan limbah yang baik dan cenderung membuang limbah medis di saluran pembuangan biasa seperti drainase.

Oleh karena itu, kata Maya, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada para pemiliki atau pengusaha klinik kesehatan untuk memperbaiki sistem pembuangan limbah medis.

“Ada tahap-tahapnya. Kalau berapa lama dia tidak perbaiki apa sanksinya. Karena sekarang kan sanksi untuk lingkungan hidup sangat besar sekali bisa Rp5 miliar kalau tidak salah atau dicabut izinnya,” paparnya.

Baca Juga : Atasi Limbah B3, NA Perintahkan DPLH Sulsel Tambah Insenerator

Meski begitu, dia tak menampik bahwa perizinan untuk pendirian klinik kesehatan belum tersusun dengan baik sebab mudahnya pengeluaran izin untuk mendirikan klinik baru.

“Kita harus satu persepsi juga dengan SKPD terkait misalnya dengan Diskes, DPMPTSP untuk menangani hal-hal seperti ini,” imbuhnya.

Selain itu, dia juga mengimbau pemilik atau pengusaha penyedia layanan kesehatan untuk segera membenahi pengelolaan limbah B3 demi menjaga kelestarian lingkungan.

Baca Juga : Atasi Limbah B3, NA Perintahkan DPLH Sulsel Tambah Insenerator

“Kita akan membina. Kalau mereka sudah dipanggil, kita sudah bina kemudian mereka tidak mengindahkan terpaksa izinnya dicabut,” tandasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

News27 November 2022 06:06
Srikandi Ganjar Gelar Creative Competition, Geliatkan Industri Seni di Sulsel
Relawan srikandi ganjar gelar creative competition...
Video26 November 2022 23:42
VIDEO: Bantuan Kebanyakan Pakaian Wanita, Bapak-Bapak Cosplay Pakai Daster
SULSELSATU.com – Gempa yang terjadi di Cinjur, Jawa Barat menyebabkan kerusakan yang luar biasa. Data dari BNPB pada Sabtu (26/11) sebanyak 310 ...
Olahraga26 November 2022 22:19
Kejurnas Wilayah 5 Taekwondo Resmi Bergulir di Makassar
  SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gelaran kejuaraan nasional (Kejurnas) wilayah 5 yang dipusatkan di Kota Makassar resmi bergulir pada Jumat (25...
Video26 November 2022 21:30
VIDEO: Muazin Menangis saat Kumandangkan Azan di Bencana Gempa Cianjur
SULSELSATU.com – Seorang muazin menangis saat melakukan adzan di dalam masjid yang hancur dilanda gempa pada Senin (21/11). Masjid itu terletak ...