Logo Sulselsatu

Investasi Digital Indonesia Dilirik Korea Selatan

Asrul
Asrul

Jumat, 12 Juli 2019 07:32

Investasi Digital Indonesia Dilirik Korea Selatan

SULSELSATU.com, JAKARTA – Industri konten, kosmetik hingga sektot digital di Indonesia dilirik Korea Selatan. Negeri Ginseng berencana berinvestasi langsung Foreign Direct Invest (FDI) di sektor ini.

“Karena perkembangan ICT (Information and Communication of Technology/Teknologi Informasi dan Komunikasi) di Indonesia sangat cepat. Selain ICT, area lain adalah lifestyle (gaya hidup), seperti kosmetik dan health care (kesehatan) serta industri konten,” ujar Dubes Korsel untuk Indonesia Kim Chang Beom, Kamis (11/7/2019) dikutip CNNIndinesia.

Kim menuturkan investasi Korea Selatan selama ini masih berkutat pada industri dasar. Sebut saja, Lotte Chemical yang telah berinvestasi pada pembangunan pabrik di Cilegon sebesar US$4 miliar setara Rp56 triliun mengacu kurs Rp14 ribu.

Baca Juga : Korea Selatan Lirik Proyek LRT, Siap Berinvestasi di Kota Makassar

Peletakan batu pertama pembangunan pabrik itu telah dilaksanakan pada Desember 2018 lalu. Selain itu, perusahaan asal Negeri Gingseng Posco juga menanamkan investasi pada PT Krakatau Steel Tbk untuk membangun klaster industri baja di Cilegon, Banten senilai US$4 miliar.

Terbaru, perusahaan farmasi asal Korea Selatan Chong Kun Dang Pharmaceutical (CKD Pharma) menggandeng OTTO Pharmaceutical mendirikan pabrik obat onkologi berlabel halal pertama di Indonesia pada Selasa (9/7) lalu.

Menurut Kim, iklim investasi Indonesia membaik. Namun demikian, ia memberikan beberapa catatan terhadap investasi di Indonesia.

Baca Juga : VIDEO: Keren, Korea Selatan Terbangkan 300 Drone Beratraksi ‘Lawan’ Virus Corona

“Ada beberapa permasalahan investasi yang perlu dibenahi seperti transparansi, deregulasi, dan tambahan insentif pada investasi di sektor yang terkait ekspor,” imbuhnya.

Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat investasi Korea Selatan merosot sebesar 71,38 persen dari US$940 juta pada kuartal I 2018 menjadi hanya US$269,5 juta pada kuartal I 2019.

Korea Selatan merupakan negara dengan investasi terbesar ke-8 pada kuartal I 2019. Tetapi, peringkat itu merosot dari sebelumnya di posisi ke-3.

Baca Juga : Longgarkan Social Distancing, Kasus Corona Baru di Korsel Malah Bertambah

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video06 Februari 2023 23:13
VIDEO: Emak-emak Diduga Curi Jilbab di Tenan Mall Panakkukang Makassar
SULSELSATU.com – Aksi pencurian jilbab terjadi di salah satu tenan di Mall Panakkukang Makassar. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (5/2/2023...
Nasional06 Februari 2023 22:55
Diguncang Gempa, Jokowi Sampaikan Belasungkawa ke Turki
SULSELSATU.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa kepada seluruh rakyat Turki dan Suriah, korban gempa bumi berk...
Entertainment06 Februari 2023 22:18
Akhir Pekan Ini Before Falling In Love with Mario G Klau Hadir di Makassar, Catat Tanggalnya
Penyanyi nasional sekaligus pencipta lagu, Mario G Klau bakal menghibur masyarakat Makassar pada 11 Februari 2023 mendatang. Konser Mario bakal digela...
Hukum06 Februari 2023 21:29
Kasus Honorium Fiktif Satpol PP Makassar, Saksi Mengaku Disuruh Buat Dua Rekening
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sidang lanjutan Kasus Korupsi Honorium Satpol PP makassar yang merugikan negara Rp 4,8 miliar kembali digelar, kali ini m...