iklan Kareba Parlementa

Tangis dan Doa Ribuan Warga Gowa untuk Almarhum IYL

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, GOWA – Ribuan masyarakat Kabupaten Gowa berkumpul di Masjid Agung Syekh Yusuf untuk ikut langsung mensalatkan jenazah mantan Bupati Gowa dua periode Ichsan Yasin Limpo (IYL), Kamis (1/8/2019). Hal ini terlihat saat di bagian halaman masjid hingga ke dalam bahkan sampai di lantai dua dipenuhi jemaah yang ingin langsung melepas jenazah IYL ke peristirahatan terakhirnya.

Saat memasuki masjid nampak 9 camat se-Kabupaten Gowa mengangkat peti jenazah almarhum IYL. Ribuan warga yang telah menunggu pun menyambut dengan penuh isak tangis dan lantunan lafadz La Ilaha Illallah.

Dalam salat jenazah tersebut bertindak sebagai imam yakni Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gowa Almukarramah Abu Bakar Paka.

Selain elemen masyarakat juga hadir berbagai organisasi pemerintah daerah (OPD), lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan seluruh simpatisan almarhum IYL. Bahkan di pintu utama telah siap para lurah se-Kabupaten Gowa dan Ikatan Da’iah Indonesia Cabang Gowa untuk menyambut langsung kedatangan jenazah.

Kehadiran seluruh masyarakat ini, tidak lain untuk memberikan doa dan penghormatan terakhir kepada orangtua dan tokoh yang telah berjasa membangun daerah berjuluk Butta Bersejarah hingga seperti sekarang ini.

Salah satunya Hariani, warga Kelurahan Pandang-Pandang, Kecamatan Somba Opu. Dirinya mengaku, sangat merasakan kebijakan yang diberlakukan IYL selama masa menjabatnya sebagai Bupati Gowa. Apalagi dalam sektor pendidikan.

“Saya mi ini paling rasa pendidikan gratisnya Bapak Punggawa. Almarhum ini orang yang sangat baik dan murah senyum, dulu waktu jadi bupati setiap hari Jumat dia mengunjungi daerah kami untuk menanyakan langsung apa-apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” kenangnya ditemui di Masjid Agung Syekh Yusuf.

Dengan kebijakan itu ia mengatakan telah berhasil menyekolahkan dua anaknya dan empat ponakannya dari TK hingga SMP dengan gratis.

“Tidak ada biaya saya keluarkan anak ku sekolah. Sifat almarhum ini juga sama sekali dengan anaknya Bapak Bupati Gowa sekarang, sama-sama perhatian dengan masyarakat kecil,” ujarnya.

Atas dedikasi yang dilakukan IYL semasa hidupnya sudah sepantasnyalah memberikan penghormatan terakhir untuk tokoh perubahan di Kabupaten Gowa ini.

“Kami doakan bapak IYL khusnul khotimah,” ujarnya.

Sementara, Nurlia mengatakan, dirinya telah mengenal sosok IYL sudah sejak lama baik dikalangan LSM maupun pengiat kegiatan sosial kemasyarakatan. Sosok IYL ini menjadi panutan baginya karena almarhum dikenal sebagai sosok bertanggungjawab dan memiliki komitmen tinggi dalam setiap amanah.

“Saya sangat kehilangan Bapak IYL yang selalu akrab saya panggil Punggawa. Kepergiannya seperti membawa luka yang sangat dalam,” ucapnya terisak.

Ia mengungkapkan, satu pesan almarhum IYL yang selalu dikenang hingga saat ini yaitu dirinya selalu mengajarkan agar dalam hidup jangan pernah berhenti berjuang dan jangan pernah makan makanan yang tidak halal.

“Ini petuah yang selalu saya ingat dan implementasikan dalam bekerja. Almarhum selalu ajar saya untuk hidup dengan jujur,” katanya.

Selain mensalatkan langsung, dirinya bersama rombongan pengurus KotaKu dan Sanggar Pendidikan Anak Saleh (SPAS) Gowa akan mengantarkan jenazahnya hingga ke pemakaman dan memberikan penghormatan terakhirnya.

“Sungguh saya tidak bisa membalas dan berterima kasih dalam bentuk apapun. Makanya hari ini saya ingin memberikan penghormatan sesempurna mungkin,” kenang Nurlia yang juga Koordinator KotaKu Gowa.

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Menangkan Pertarungan Tahap Pertama, KPU Tetapkan Irman – Zunnun Diusung 15 Kursi dari Tiga Parpol

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar secara resmi menetapkan Irman Yasin Limpo - Andi Zunnun Armin NH, sebagai Calon Wali Kota dan...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Enam Staf Positif Covid-19, Pelayanan di DPMPTSP Jeneponto Tutup Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jeneponto yang berada di Jl Ishak Iskandar ditutup sementara. Penutupan pelayanan di...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

VIDEO: Viral, Sebuah Kuburan Keluarkan Darah Segar dan Bau Amis

  SULSELSATU.com - Sebuah makam yang dipenuhi oleh cairan berwarna merah yang diduga darah viral di media sosial, Minggu (20/9). Dalam video terlihat makam itu amblas...

Adnan Resmikan Aula DR Ichsan Yasin Limpo di Markas PMI Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan...

Artikel Lainnya

Banyak Dikeluhkan Pengusaha, Danny Tetap Gerakkan Laskar Pajak

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Keberadaan Laskar Pajak yang dibentuk oleh Badan Pendapatan...

Polisi Imbau Masyarakat Waspada Penipuan Online

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dit Reskrimsus Polda Sulsel baru-baru ini mengungkap penipuan...

Tiga Bulan Jelang Pilpres, Jokowi Imbau Jauhi Hoaks dan Fitnah

SULSELSATU.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak semua pihak untuk...

Ini Daftar Lengkap Usulan Anggota Pansus Hak Angket Nurdin Abdullah

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Fraksi-fraksi di DPRD Sulsel telah mengusulkan sejumlah nama...

Kehilangan Ronaldo Bikin Madrid Tak Superior

SULSELSATU.com - Eks pelatih Real Madrid, Wanderley Luxemburgo menilai kepergian Cristiano...

Terkini

Banner Askar-Pipink Berkibar di Laut dan Gunung

SULSELSATU.com, BULUKUMBA - Berbagai cara dilakukan Tim, Relawan, juga simpatisan untuk...

Buka Forum OSOA, Sekprov Dorong Inklusi Ekonomi Nasional

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Hayat...

Rudy Tegaskan Belum Izinkan THM dan Panti Pijat Beroperasi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menegaskan jika...

VIDEO: Mizar Roem Jabat Plt Ketua DPD NasDem Sinjai

  SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulawesi Selatan menunjuk...

Representasi Perempuan, Anir Ukir Sejarah Baru di Pilkada Pangkep

SULSELSATU.com PANGKEP - Andi Nirawati (Anir) menorehkan sejarah baru di Pilkada...