Logo Sulselsatu

Nasib Sengketa Pemilu di Sulsel Diputuskan 9 Agustus

Asrul
Asrul

Senin, 05 Agustus 2019 11:16

Komisioner KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi. (Sulselsatu/Asrul)
Komisioner KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi. (Sulselsatu/Asrul)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Seluruh perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) telah melalui tahap pembuktian. Tahap ini juga termasuk PHPU Pileg dari Sulsel.

Komisioner KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi mengatakan jadwal sidang pengucapan putusan atau ketentuan untuk seluruh PHPU Pileg dari Sulsel akan dibacakan pekan ini.

“Informasinya untuk semua sengketa PHPU (Sulsel) akan dibacakan pada tanggal 9 Agustus nanti,” katanya saat dikonfirmasi, Senin (5/8/2019).

Baca Juga : Ibu Pejuang Hak Asuh Anak Bersatu Tembus Mahkamah Konstitusi

Jurdi begitu dia disapa, pembacaan putusan dilakukan pekan depan lantaran waktu yang sudah mendesak. Alasannya, karena beberapa KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota sudah ada yang akan melantik caleg terpilih bulan ini.

“Ini dikarenakan bulan Agustus itu, sebagian besar sudah pelantikan DPRD di kabupaten/kota. Meskipun ada yang September dan Oktober,” jelasnya.

Adapun perkara yang lanjut ke tahap pembuktian yakni untuk PDIP di Sulsel ialah untuk DPRD daerah Jeneponto, Bantaeng, Selayar dan Toraja Utara. Sementara untuk Gerindra yakni DPRD di Makassar, Gowa, Maros dan Pangkep. Sedang Berkarya daerah Pangkep, PPP di Takalar dan Hanura di Enrekang.

Baca Juga : Gugat UU Pilkada ke Mahkamah Konstitusi, Ini Alasan Wali Kota Danny

Sementara, perkara yang tidak dibacakan namun tetap masih menunggu putusan akhir pada 6 Agustus ialah dari Golkar yakni DPRD Provinsi Sulsel IV, DPRD Pangkep dan DPRD Selayar. Partai Demokrat yakni DPR RI Dapil III Sulsel, DPRD Luwu Timur, dan DPRD Gowa. Sedang dua partai lainnya masing-masing satu yakni PKS di DPRD Selayar dan PBB di DPRD Sinjai.

Penulis: Asrul
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video04 Maret 2024 21:33
VIDEO: Kebakaran di Samping SPBU Tomoni, Satu Truk Terbakar
SULSELSATU.com – Sebuah insiden kebakaran terjadi di sebelah SPBU Tomoni, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur pada hari Minggu (3/3/2024). Ke...
Video04 Maret 2024 20:39
VIDEO: Mulai Tahun Ini, PPPK Makassar Bakal Nikmati TPP
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK di lingkup Pemerintah Kota Makassar mulai tahun 2024 ini sudah d...
Bisnis04 Maret 2024 19:14
TelkomGroup Perkuat Portofolio Bisnis, NeutraDC Selesaikan Konsolidasi Data Center Telin Singapore
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya yang berfokus pada bisnis data center, NeutraDC (Telkom Data Ekosistem) telah menyele...
Video04 Maret 2024 18:30
VIDEO: Damkar Evakuasi Pegawai yang Terjebak di Lift Puskesmas Kassi-Kassi Makassar
SULSELSATU.com – Seorang pegawai terjebak di lift Puskesmas Kassi-Kassi, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (4/3/2024). Sejumlah petugas dam...