Logo Sulselsatu

Menkominfo Ingin Semua Pihak Awasi Netflix

Asrul
Asrul

Senin, 12 Agustus 2019 17:18

Rudiantara (INT)
Rudiantara (INT)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mendukung rencana Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengawasi konten dari platform digital seperti Netflix dan YouTube. Rudiantara mengaku masih akan melakukan pembahasan dengan KPI terkait regulasi Undang-undang Penyiaran.

“Kalau KPI itu ada dalam konteks UU Penyiaran, UU Penyiaran itu free to air [penyelenggaraan penyiaran televisi digital terestrial penerimaan tetap tidak berbayar] tapi kita duduk sama-sama bagaimana caranya,” kata Rudiantara kepada awak media di Museum Nasional, Jakarta, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Senin (12/8/2019).

“Kembali lagi ke tujuan hanya sekadar sensor kah, di dunia maya kan sebelum ditayangkan susah dilakukan, berbeda dengan bioskop. Makanya belum diputuskan, siapa yang memutuskan itu karena itu hanya pemikiran dari KPI,” lanjutnya.

Baca Juga : Johnny Plate Sebut Indonesia Akan Berkolaborasi Menggunakan Teknologi Tangani Corona

Dalam kasus Netflix yang sempat ramai dibahas masyarakat dan menghasilkan petisi menolak rencana pemerintah atas platform asal Amerika Serikat tersebut, Rudiantara sebut sudah jadi tugas banyak pihak mengawasi konten di Netflix.

Sponsored by MGID

“Ini semuanya harus berperan, kalau di rumah ya orang tua, kalau di sekolah guru. Pemerintah ini tidak hanya pemerintahannya tetapi juga dengan ekosistemnya [penyedia layanan], tidak bisa menjadi tugas satu pihak saja,” kata Rudiantara.

Rencana untuk mengawasi konten yang beredar di platform digital ini tetap bergulir meskipun Netflix dan YouTube diketahui sudah memiliki mode yang ramah anak-anak, yaitu pengguna bisa menentukan sendiri tayangan yang dirasa aman disaksikan oleh anak mereka.

Baca Juga : Menkominfo Bantah Blokir Web Streaming Gratis IndoXXI

Ketika ditanya terkait rencana KPI mengawasi konten Netflix, pemimpin Kemenkominfo itu menyebut mesti ada pembicaraan lebih lanjut karena hingga saat ini belum ada aturan atau hukum yang jelas soal wewenang KPI mengawasi layanan berbasis aplikasi macam Netflix.

“Ya makanya nanti kita cek dulu, jangan langsung berkesimpulan akan begini begitu. Ini harus dibicarakan, kalau itu diterapkan harus pasti dan jelas aturan hukumnya,” tutur Rudiantara.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebelumnya berencana untuk melakukan pengawasan terhadap Netflix dan YouTube. KPI beralasan untuk mengawasi dua layanan digital itu karena bisa diakses kapan pun, tidak seperti media konvensional yang sudah diatur pembagian waktu tayangnya.

Baca Juga : Menkominfo Ancam Tindak Tegas Pembuat Situs Film Bajakan

Pengawasan yang dilakukan KPI akan mengatur kembali Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) untuk menjadi acuan pengawasan media baru.

“Tentu kami harus (mengatur) gimana konten itu sesuai dengan falsafah atau kepribadian bangsa,” kata Ketua KPI Agung Suprio kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Kamis (8/8).

Agung menegaskan pengawasan diperlukan sebab konten Netflix dan YouTube bisa diakses kapan saja, oleh siapa saja dan di mana saja. Tak seperti konten media konvensional yang telah diatur pembagian waktunya.

Baca Juga : Menkominfo Ancam Tindak Tegas Pembuat Situs Film Bajakan

“Jadi umpamanya tayangan kekerasan tak boleh tayang pada jam anak. Jelas kan di media konvensional. Kalau di media baru itu tidak berlaku. Itu (bisa diakses) anytime,” kata Agung.

Setelah itu, KPI akan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) agar media baru seperti Netflix, HBO TV, Youtube, Facebook TV membuka kantor di Indonesia demi kemudahan berkoordinasi.

Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Januari 2022 07:44
Andi Sudirman-Airlangga Saling Puji di HUT MKGR
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan 62 tahun Ormas Musyawarah Kekelu...
Politik16 Januari 2022 23:39
Airlangga Optimis Golkar Sulsel Keluar Sebagai Pemenang di 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto optimis partai berlambang pohon beringin ini akan keluar sebagai par...
Otomotif16 Januari 2022 19:10
Selama 3 Tahun Terakhir, Nmax Motor Yamaha Paling Laris
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nmax menjadi motor Yamaha yang paling banyak dibeli masyarakat di Sulawesi. PT Suracojaya Abadimotor (PT SJAM) menjad...
Sponsored by MGID
Pendidikan16 Januari 2022 18:10
Ikatli Unhas Harapkan Alumni Ada di Setiap Lini Pembangunan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar alumni, Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (Ikatli) Uni...