Logo Sulselsatu

Disdik Bakal Gelar Pemilihan Ketua OSIS Serentak di 1.200 SMA se-Sulsel

Asrul
Asrul

Jumat, 23 Agustus 2019 16:55

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo, (Sulselsatu.com/Jahir Majid)
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo, (Sulselsatu.com/Jahir Majid)

SULSELSATU.com MAKASSAR – Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel bakal menggelar pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) 2019 secara serentak di 1.200 SMA/SMK se-Sulsel. Rencananya, Pilketos ini digelar September mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan, pemilihan ketua OSIS ini dalam rangka penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

“Tak hanya itu, Disdik Sulsel sedang mengusulkan agar surat keputusan dan pelantikan ketua OSIS dilakukan gubernur Sulsel. Pemilihan serentak akan dilakukan di 1.200 SMA/SMK se-Sulsel, 19 September mendatang” kata None sapaan karib IYL saat ditemui di Kanto Disdik Sulsel, Jl Perintis Kemeerdekaan Makassar, Jumat (23/8/2019).

Baca Juga : Sulsel Kebut Vaksinasi, 1.378 Pelajar Jalani Vaksinasi Sehari di SMKN 4 Makassar

Dia menjelaskan, sistem pemilihan ketua OSIS akan menyerupakai pemilihan umum, akan ada lembaga semacam Bawaslu dan KPU yang dibentuk Mahkamah Perwakilan Kelas (MPK).

Sponsored by MGID

Untuk keanggotaan badan pengawas, kata None, nantinya akan diisi oleh dua perwakilan guru dan tiga perwakilan siswa yang diketuai dari guru.

Syarat menjadi calon ketua OSIS kata dia, harus memiliki IPK 7,5, bebas narkoba dan jebolan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

Baca Juga : Persiapkan Pembelajaran Tatap Muka, Pemprov Sulsel Vaksin 1000 Siswa SMA

“Minimal IPK 7.5, kelas 11 harus lulus LDK, bebas narkoba, imbuhnya.

Menurut dia, pemilihan ketua OSIS ini dilaksanakan untuk melahirkan ketua OSIS yang berintegritas sekaligus menjadi pembelajaran menciptakan pemimpin yang demokratis, punya ide kreatif membangun sekolah.

Dalam pelaksanaannya, pemilihan ketua OSIS dilakukan dengan sistem pemungutan suara elektronik atau e-voting.

Baca Juga : KPU dan Disdik Sulsel Jalin Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Data Pemilih

“Dalam satu hari, tidak cukup 12 jam, kita akan melahirkan ketua OSIS yang baru secara serentak. Dan pada akhirnya masa jabatan ketua OSIS se-Sulawesi Selatan akan sama waktunya,” ujarnya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video27 September 2021 23:22
VIDEO: Harimau Berukuran Besar di Grobogan Ternyata Hanya Editan, Pelaku Beri Klarifikasi
SULSELSATU.com – Seekor harimau berukuran cukup besar muncul di dekat pemukiman warga di Grobogan, Jawa Tengah. Video tersebut dibagikan oleh ak...
Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Video27 September 2021 20:57
VIDEO: Badak Bercula Satu Lepas, Tampak Berjalan Santai di Jalan Raya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan badak bercula satu jalan-jalan di sebuah jalan raya. Dalam video terlihat badak bercula satu tengah...
Sponsored by MGID
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...