Logo Sulselsatu

‘Parasite’ Wakili Korea Selatan di Ajang Oscar

Asrul
Asrul

Kamis, 29 Agustus 2019 19:57

Korea Selatan memilih 'Parasite' sebagai perwakilan di Best International Feature Film atau dulu dikenal sebagai Best Foreign Language Film pada Oscar 2020. (INT)
Korea Selatan memilih 'Parasite' sebagai perwakilan di Best International Feature Film atau dulu dikenal sebagai Best Foreign Language Film pada Oscar 2020. (INT)

SULSELSATU.com – Film “Parasite” bakal mewakili Korea Selatan di Ajang Oscar 2020 mendatang. Pemenang Cannes Film Festival itu dipilih sebagai perwakilan di Best International Feature Film atau dulu dikenal sebagai Best Foreign Language Film.

Dewan Perfilman Korea mengatakan pada Kamis (29/8/2019) bahwa merekalah yang memilih film komedi gelap karya Bong Joon-ho tersebut.

Mereka mengatakan salah satu alasan memilih Parasite sebagai perwakilan resmi Korsel di Oscar 2020 adalah kemenangan film tersebut di Palme d’Or tahun ini, selain kualitas artistik dan sinematografinya.

Baca Juga : Korea Selatan Lirik Proyek LRT, Siap Berinvestasi di Kota Makassar

Dengan capaian tersebut, Korea Selatan berpeluang besar menarik perhatian pihak the Academy of Motion Pictures Art and Sciences (AMPAS) untuk menjadikan film tersebut sebagai nominasi Best International Feature Film Oscar 2020.

Yonhap menyebut, hingga saat ini belum ada film Korea yang berhasil menjadi nominasi kategori tersebut, meski sudah memiliki industri film yang maju di Asia.

Parasite menceritakan kesenjangan sosial yang terjadi di kehidupan nyata. Bong Joon-ho mengemasnya secara apik dan menunjukkan perbedaan itu dalam satu ruang yang sama.

Baca Juga : VIDEO: Keren, Korea Selatan Terbangkan 300 Drone Beratraksi ‘Lawan’ Virus Corona

Cerita berfokus pada Keluarga Ki-taek yang terdiri dari empat orang pengangguran bermasa depan suram. Kehidupan mereka mulai berubah ketika anak sulung mereka, Ki-woo, menjadi guru les di rumah Keluarga Park.

Film ini juga menyajikan humor penuh satire dan gambar-gambar kontradiktif namun simpel. Alur cerita yang terasa sederhana ini juga memiliki serangan dadakan yang membuat penonton seperti dibawa bermain roller coaster.

Film Parasite juga diumumkan menjadi film Korea Selatan terlaris di Indonesia tahun ini. Hingga 13 Agustus, pihak distributor CBI Pictures mengumumkan penonton Parasite telah tembus lebih dari 485 ribu orang.

Baca Juga : Longgarkan Social Distancing, Kasus Corona Baru di Korsel Malah Bertambah

Sedangkan di Korea Selatan, Dewan Perfilman Korea menyatakan Parasite sukses menjual lebih dari 10 juta tiket dan berhasil mendarat di nomor 19 film Korea terlaris sepanjang masa.

Status film Korea Selatan terlaris sepanjang masa masih dipegang oleh Roaring Currents yang berhasil menjual 17,6 juta tiket. Film Extreme Job mengikuti dengan 16,2 juta tiket dan disusul Along with the Gods: The Two Worlds dengan 14,4 juta tiket.

Pengumuman Parasite sebagai perwakilan Korea Selatan ke Oscar 2020 ini datang setelah Jepang mengumumkan mengirim ‘Weathering with You’.

Baca Juga : Longgarkan Social Distancing, Kasus Corona Baru di Korsel Malah Bertambah

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video06 Februari 2023 23:13
VIDEO: Emak-emak Diduga Curi Jilbab di Tenan Mall Panakkukang Makassar
SULSELSATU.com – Aksi pencurian jilbab terjadi di salah satu tenan di Mall Panakkukang Makassar. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (5/2/2023...
Nasional06 Februari 2023 22:55
Diguncang Gempa, Jokowi Sampaikan Belasungkawa ke Turki
SULSELSATU.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa kepada seluruh rakyat Turki dan Suriah, korban gempa bumi berk...
Entertainment06 Februari 2023 22:18
Akhir Pekan Ini Before Falling In Love with Mario G Klau Hadir di Makassar, Catat Tanggalnya
Penyanyi nasional sekaligus pencipta lagu, Mario G Klau bakal menghibur masyarakat Makassar pada 11 Februari 2023 mendatang. Konser Mario bakal digela...
Hukum06 Februari 2023 21:29
Kasus Honorium Fiktif Satpol PP Makassar, Saksi Mengaku Disuruh Buat Dua Rekening
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sidang lanjutan Kasus Korupsi Honorium Satpol PP makassar yang merugikan negara Rp 4,8 miliar kembali digelar, kali ini m...