Logo Sulselsatu

Pengamat Sebut JRM Berpeluang Jadi Ketua DPRD Sulsel

Asrul
Asrul

Selasa, 10 September 2019 21:18

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nama putra Toraja Jhon Rende Mangontan (JRM) masuk nominasi calon Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. JRM bersaing dengan enam nama lainnya yang telah dikirim DPD I Golkar Sulsel Ke DPP yakni Fachruddin Rangga, Andi Ina Kartika, Andi Hatta Marakarma, Sofyan Syam, Zulkifli Zain, dan Rahman Pina.

Sekretaris Golkar Sulsel, Abdillah Natsir bahwa dari tujuh nama yang telah dikirim ke DPP mempunyai peluang yang sama untuk menjadi ketua DPRD Sulsel.

“Yang pasti, semua masih memiliki peluang yang sama. Golkar selalu memberi ruang yang sama dan tidak membeda bedakan suku dan agama,” kata Abdillah Natsir, Selasa (10/09/2019).

Baca Juga : DPRD Makassar Verifikasi Dugaan Pelanggaran Izin Restoran Mie Gacoan

Abdillah menjelaskan pertimbangan nama-nama yang telah dikirim tersebut adalah kader yang telah berbuat banyak bagi kebesaran partai.

“Pertimbangannya adalah kader yang telah berbuat banyak bagi kebesaran partai, dan yang jelas JRM adalah salah satu kader yang potensi dan dianggap memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik. Olehnya itu ketua DPD I dalam hal ini, pak NH mengajukannya sebagai salah satu kandidat ketua dprd Sulsel,” tuturnya.

Sementara itu Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah Makassar, Andi Luhur Prianto mengatakan bahwa penentuan pimpinan DPRD sekarang ini murni wewenang partai politik, terutama pimpinannya dan faktor kedekatan juga sangan mempengaruhi.

Baca Juga : Ini Daftar Komposisi 9 Fraksi DPRD Makassar Periode 2024-2029

“Tidak ada rumus rasional selain kedekatan. Bukan hanya kedekatan biologis tapi juga kedekatan politis. Dengan demikian, jumlah suara pemilih dan pengalaman tidak selalu linier. Kriteria prestasi, dedikasi, loyalitas serta tidak tercela (PDLT) yang pernah menjadi budaya organisasi di Golkar juga semakin terkikis,” kata Luhur.

Dari sederet nama diusulkan jadi ketua DPRD Sulsel, Luhur menilai Fachruddin Rangga dan Andi Ina Kartika punya modal pengalaman dan kedekatan dengan pengambil keputusan di Partai Golkar.

Akan tetapi, Rahman Pina dan Andi Hatta Marakarma, meskipun baru di DPRD Sulsel tetapi keduanya adalah politisi kawakan dengan akses politik lintas partai yang luas.

Baca Juga : Pimpinan DPRD Makassar Sementara Terima Ketua RT/RW Nonaktif

“Kemampuan komunikasi politik mereka sebenarnya justru dibutuhkan Partai Golkar dalam mendinamisasi dan mengendalikan hubungan dengan Pemprov Sulsel. Tanpa menafikan tiga nama lain, JRM, Sofyan Syam, Zulkifli Zain. Saya kira empat nama itu punya kans yang kuat,” kata Luhur.

Namun, menurut Luhur, semua opsi-opsi itu kembali ke pimpinan Partai Golkar. Ia menyarankan dengan trend penurunan kursi parlemen, Partai Golkar harusnya mengatur formasi pimpinan DPRD dengan baik.

“Semua opsi-opsi itu kembali ke pimpinan Partai Golkar. Dengan trend penurunan kursi parlemen yang dari Pemilu ke Pemilu, Partai Golkar harusnya mengatur formasi pimpinan DPRD dengan baik,” ujar Luhur.

Baca Juga : Ingin Kerja Cepat, Gerindra Dorong Tatib DPRD Makassar Segera Disusun

Penulis: Asrul
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...