Pemprov Sulsel Buka Pendaftaran CPNS Formasi Khusus Disabilitas dan Cumlaude

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menyiapkan dua formasi tahun ini, yakni formasi khusus dan formasi umum. Formasi khusus di antaranya formasi Cumlaude sebanyak 4 kuota dan formasi disabilitas 4 kuota. 
 
Kepala biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokoler Sulsel, Devo Kaddafi menjelaskan, syarat dan ketentuan dari pendaftaran CPNS Pemprov khusus formasi cumlaude yakni sertifikasi dan akreditasi kampus Sementara syarat untuk disabilitas yakni keterangan dari dokter secara tertulis.
 
“Persyaratan untuk khusus pastinya ada, untuk Cumlaude ada keterangan dari pihak kampus, baik itu sertifikat dan akreditasi kampus. Sementara formasi khusus disabilitas itu ada keterangan dari dokter secara tertulis,” kata Devo.
 
Lebih lanjut Devo menjelaskan untuk formasi khusus cumlaude, Pemprov Sulsel membutuhkan S-1 Ilmu Hukum, S-1 Teknik Sipil, S-1 Teknik Sipil dan S-1 Perencanaan Wilayah Kota. 
 
Sementara formasi khusus disabilitas yakni S-1 Peternakan, D-III Rekam Medis, D-III Analisis Kesehatan, dan Teknik Elektromedik.
 
“Kemudian surat tanda registrasi bagi pelamar jabatan tenaga kesehatan dan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah atau puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat disabilitas” kata dia.
 
Diketahui, Kementerian PAN-RB telah menjatah Pemprov Sulsel sebanyak 195 kuota CPNS tahun ini, hal itu sudah termasuk detail jumlah formasi.
 
Hal ini berdasarkan keputusan Kemenpan RB nomor 82 tahun 2019 tentang rincian penetapan kebutuhan PNS di lingkup Pemprov Sulsel.
 
Dari data yang ada, 195 formasi itu diketahui 77 di antaranya merupakan tenaga kesehatan. Selanjutnya, 118 formasi untuk tenaga teknis. Sementara tenaga pendidik di formasi CPNS, kosong. 
 
Sebelumnya Pemprov Sulsel telah mengirimkan usulan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) total sebanyak 241 kuota formasi tahun 2019 ke Kemenpan-RB khusus penerimaan CPNS, hanya saja, yang diputuskan hanya 195 orang jatah saja.
 
Dari total 241 formasi umum CPNS, khusus tenaga fungsional sebanyak 151 orang dan pada tenaga teknis 90 orang. 
 
Pada formasi ini, tidak disediakan alokasi bagi tenaga pendidik. Hal tersebut baru diusulkan pada kebutuhan ASN melalui jalur PPPK.
 
Penulis: Jahir Majid
Editor: Kink Kusuma Rein