Logo Sulselsatu

Tim Akreditasi FKTP Tinjau Puskesmas Kassi-Kassi

Asrul
Asrul

Senin, 11 November 2019 22:30

Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb. (Foto/Ist)
Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb. (Foto/Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSARPenjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menghadiri Survei Akrdeitasi yang diadakan Kementerian Kesehatan RI di Puskesmas Kassi-Kassi, Kelurahan Kassi-Kassi, Kecamatan Rappocini, Senin (11/10/2019).

Kedatangan tim surveyor akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dalam rangka menilai kelayakan manajemen Puskesmas.

Tim ini akan melihat secara langsung bagaimana penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat, dan pelayanan klinis yang merupakan upaya kesehatan perseorangan dengan menggunakan standar akreditasi Puskesmas yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Baca Juga : Iqbal Suhaeb Wajibkan Warga Gunakan Masker

Dalam arahannya Iqbal menjelaskan bahwa sesuai peraturan perundang-undangan, Permenkes RI setiap tiga tahun sekali Puskesmas wajib diakreditasi oleh tim surveyor dari Kementerian Kesehatan.

“Ada ribuan akreditasi yang wajib dipenuhi dalam sebuah pelayanan kesehatan untuk dikatakan layak sebagai pusat kesehatan masyarakat. Jadi, jangan kita berpikir Puskesmas kita yang bagus padahal di luar sana ada lebih bagus. Intinya adalah peningkatan mutu dalam keselamatan pasien,” kata Iqbal.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Makassar dr Naisyah Azikin mengatakan dari 47 Puskesmas yang ada di Kota Makassar sebagaian sudah terakreditasi.

Baca Juga : Atasi Macet di Sekitar Pelabuhan, Pemkot Makassar Gandeng Pelindo Bangun Parkiran Transit Truk

“Jadi dari 47 Puskesmas yang pada tahun ini sudah terakreditasi sebanyak 41 Puskesmas. Kita harap tahun ini semuanya dapat terakreditasi,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut diserahterimakan kewenangan rumah sakit dari kepala Puskesmas Kassi-Kasi dr Mariaty Jassin kepada tim surveyor Kemenkes RI Drg Dian Hayati selama melakukan survei di Puskesmas Kassi-Kassi dari tanggal 11 sampai 13 November 2019.

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...