Logo Sulselsatu

Gali Potensi Masyarakat, Disdag Makassar Beri Pelatihan Industri Tenun

Asrul
Asrul

Senin, 18 November 2019 13:16

Gali Potensi Masyarakat, Disdag Makassar Beri Pelatihan Industri Tenun

SULSELSATU.com,MAKASSAR – Dinas Perdangan Kota Makassar menggelar pembinaan industri tenun yang dihadiri 50-an peserta dari 15 kecamtan di Hotel Ramedo, Jalan Andi Djemma, Senin (18/11/2019). Kegiatan berlangsung dengan empat tahapan selama 24 hari.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Pengembangan SDM Kota Makassar, Takdir Alim Bachri mengatakan kain tenun lontara memiliki nilai historis mendalam terhadap perkembangan Kota Makassar, yang hampir hilang di era modern saat ini.

“Untuk menggali potensi masyarakat dari pembinaan industri tenun di Kota Makassar yang merupakan produk unggulan tenun lontara pernah jaya pada masanya,” ujar Takdir.

Baca Juga : Disdag Makassar Minta Pelaku Usaha Jual Barang Berstandar SNI

Untuk itu, dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyakat, terutama untuk peserta pelatihan peningkatan SDM dalam pengelolaan bahan baku yang tersedia dan melimpah.

Sponsored by MGID

Dia menghimbau agar peserta dapat manfaatkan dengan sebaik-baiknya, karena melalui kegiatan ini peserta dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam mengembangkan kreatifitas serta untuk memotivasi dalam meningkatkan kembali kerajinan kain tenun.

Dia mengapresiasi Dinas Perdagangan (Disdag) bersama Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar, Murni Djamaluddin Iqbal yang melibatkan pengawasan dari Insfektorat dalam kegiatan pelatihan industri tenun.

Baca Juga : Operasikan Mobil Pengendali Inflasi, Disdag Makassar Gelar Pasar Murah

Dia berharap agar ini menjadi contoh kepada seluruh OPD lingkup Pemkot Makassar untuk melibatkan instansi pengawasan khususnya Inspektorat.

“Salah satu upaya untuk meminimalkan terjadinya yang tidak diinginkan Disdag melibatkan instansi pengawasan khususnya Inspektorat Kota Makassar dan ini menjadi perhatian untuk SKPD lain,” ujar dia.

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Hendra Wijaya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video27 September 2021 23:22
VIDEO: Harimau Berukuran Besar di Grobogan Ternyata Hanya Editan, Pelaku Beri Klarifikasi
SULSELSATU.com – Seekor harimau berukuran cukup besar muncul di dekat pemukiman warga di Grobogan, Jawa Tengah. Video tersebut dibagikan oleh ak...
Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Video27 September 2021 20:57
VIDEO: Badak Bercula Satu Lepas, Tampak Berjalan Santai di Jalan Raya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan badak bercula satu jalan-jalan di sebuah jalan raya. Dalam video terlihat badak bercula satu tengah...
Sponsored by MGID
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...