Logo Sulselsatu

Sinjai Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Swasti Saba Wistara

Asrul
Asrul

Selasa, 19 November 2019 16:39

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Sinjai meraih penghargaan tertinggi Program Kabupaten/Kota Sehat tahun 2019 kategori Swasti Saba Wistara. Penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian di Gedung Sasana Bakti Praja, Kemendagri, Selasa (19/11/2019).

Hadir menerima penghargaan Swasti Saba Wistara, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Irwan Suaib didampingi Wakil Ketua I Forum Kabupaten Sehat Sinjai, M. Yusuf Ahmad.

Irwan Suaib mengatakan, peraihan penghargaan ini berkat peran dari seluruh stakeholder dan masyarakat Kabupaten Sinjai yang turut bersama pemerintah daerah dalam menjaga kemanan, kenyamanan, kebersihan dan kesehatan di Bumi Panrita Kitta.

Baca Juga : Kabupaten Gowa Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Tahun 2023 dari Kemenkes RI

“Penghargaan ini untuk masyarakat Kabupaten Sinjai. Khususnya seluruh stakeholder yang selama ini berperan serta membantu pemerintah dalam mewujudkan Kabupaten Sinjai dalam program Kabupaten Sehat yang aman, nyaman, bersih dan sehat,” ungkap Irwan Suaib saat usai menerima penghargaan.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian mengapresiasi atas pelaksanaan program Kabupaten/Kota sehat. Hanya saja, menurutnya masih perlu ada penajaman program terutama dari aspek reward atau bentuk penghargaan kepada pemerintah Kabupaten/Kota.

“Kalau saya dulu di Polri, ada rangking bagi Bhabinkamtibmas terbaik dan kurang baik. Yang baik dapat motor, dan kurang baik dapat bantal guling. Jadi rangking itu penting, agar yang nilainya rendah ada motivasi untuk berbuat lebih baik,” usul Mantan Kapolri ini.

Baca Juga : 10 Longwis Unggulan Makassar yang Dikunjungi Sejumlah Kepala Daerah di Hari Peringatan OTDA

Apresiasi senada dikatakan Menteri Kesehatan RI, Terawan. Dia mengaku salut dengan pemerintah daerah yang berhasil menurunkan angka anak kerdil atau stunting.

“Terima kasih, karena secara nasional angka stunting mulai mengalami penurunan,” katanya.

Penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat di Indonesia dijalankan berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor 1138/MENKES/PB/VIII/2005.

Baca Juga : Mendagri Apresiasi Kebijakan Gubernur Sulsel Tangani Inflasi Lewat Subsidi Penerbangan

Diketahui, Bupati/Walikota yang berhasil menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat berdasarkan indikator yang ada, mendapatkan penghargaan dengan tiga tingkatkan, yakni Padapa untuk Kabupaten/Kota Sehat klasifikasi pemantapan, Wiwerda untuk Kabupaten/Kota Sehat klasifikasi pembinaan, dan Wistara untuk Kabupaten/Kota Sehat klasifikasi pengembangan.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Olahraga22 Juli 2024 09:28
Kemenkumham Sulsel Juara Umum Turnamen Tenis Peringatan Hari Pengayoman Tahun 2024
SULSELSATU.com, JAKARTA – Kontingen Tenis Lapangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) berhasi...
Olahraga22 Juli 2024 08:24
Daftar Juara Honda Dream Cup Palopo, Siap Jadi Bibit Pembalap Muda Potensial
Honda Dream Cup (HDC) di Sirkuit Ratona Motosport Palopo berhasil mendapatkan juaranya setiap kelas balap....
Berita Utama22 Juli 2024 08:07
Tim Sepakbola Kodim 1425 Jeneponto FC, Raih Tiket Ke Babak Semifinal Pada Turnamen Tarowang Super Cup
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Tim Sepak Bola Kodim 1425 Jeneponto FC berhasil melaju ke semifinal setelah memenangkan pertandingan melawan Pestisida F...
Metropolitan21 Juli 2024 22:37
Dosen Sastra UMI Jabat Ketua Asosiasi Dosen Swasta Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Harun, S.S., M.Pd., C.I, yang merupakan Dosen Fakultas Sastra UMI, terpilih dan dipercaya menjadi Ketua Umum...