Logo Sulselsatu

Menteri Edhy Optimis Bawa RI Jadi Eksportir Udang Terbesar di Dunia

Asrul
Asrul

Minggu, 01 Desember 2019 17:42

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mendampingi Menteri KKP Edhy Prabowo meresmikan industri pembibitan udang di Kabupaten Barru. (ist)
Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mendampingi Menteri KKP Edhy Prabowo meresmikan industri pembibitan udang di Kabupaten Barru. (ist)

SULSELSATU.com, BARRU Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam meresmikan industri pembibitan udang dan ikan di Kelurahan Mallawa, Kabupaten Barru, Minggu (1/12/2019).

Industri pembibitan udang dan ikan seluas 17 hektare milik PT Esaputlii Prakarsa Utama ini adalah salah satu penyuplai udang terbesar di Indonesia.

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mendampingi Menteri KKP Edhy Prabowo meresmikan industri pembibitan udang di Kabupaten Barru. (ist)

Baca Juga : Jelang Laga Bupati Cup 2023, Ini Daftar Club yang Resmi Terdaftar

Edhy Sudirman menjala udang jenis vename di tambak dan mengunjungi instalasi pengelolaan limbah hasil industri.

“Sektor perikanan dan kelautan merupakan salah satu tulang punggung ekonomi di Sulawesi Selatan yang memiliki panjang pantai 2.000 kilometer,” kata Wagub Sudirman.

Sudirman mengatakan, Pemprov Sulsel di tahun 2020 telah menganggarkan Rp20 miliar untuk Pusat Pelelangan Ikan (PPI) khusus Kota Palopo.

Baca Juga : Tehnical Meeting Bupati Cup 2023 Digelar, Ini Pesan Kadispora Barru

“Nantinya akan berjalan layanan pelelangan ikan yang higienis dan profesional dalam sektor perikanan dan kelautan, yang nantinya nelayan dapat mengakses kebutuhannya,” ujarnya.

Sudirman percaya, di bawah kendali Edhy Prabowo sektor perikanan dan kelautan di Indonesia bisa ditingkatkan.

“Pemerintah Sulsel mendukung segala kebijakannya,” jelas dia.

Baca Juga : Dilalap Si Jago Merah, Aliansi Jurnalis Barru Bantu Kerabat Sesama Wartawan

Sementata itu, Menteri KKP, Edhy Prabowo dalam sambutannya menyampaikan, sektor budidya perikanan dan kelautan Sulsel perlu terus didorong melalui program berkelanjutan.

“Kita harus pahami bahwa Indonesia saat ini belum begitu luar biasa menghasilkan udang, untuk nilai yang kita ekspor, Indonesia baru nomor lima. Diharapkan produksi udang nasional terus meningkat,” kata Edhy.

Dia optimis, dengan dukungan yang kuat dari pemerintah daerah hingga ke pusat, supermasi udang di Indonesia dapat menjadi nomor satu di dunia.

Baca Juga : Jalan Sehat BUMN Libatkan UMKM Lokal Barru Binaan Bank Mandiri

“Saya sangat optimis kita mampu mengembalikan supremasi udang di Indonesia menjadi nomor satu di dunia. Sesuai dengan perintah Presiden Joko widodo bahwa segala jenis peraturan investor di sektor perikanan harus disederhanakan,” katanya.

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...