iklan Kareba Parlementa

Plt Kadisdik Parepare Intervensi Komunitas Futsal Dinilai Bias, Tak Ada Bukti dan Saksi

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, PAREPARE – Tuduhan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Parepare, Arifuddin Idris mengintervensi komunitas futsal yang di dalamnya terdapat sejumlah guru, dinilai bias.

Karena pihak yang menuduhkan itu tidak bisa menyebut kapan waktu kejadian dan saksi-saksi yang tahu atau menyaksikan kejadian dimaksud.

Tuduhan ini terungkap saat Komisi II DPRD Parepare memediasi Plt Kadisdikbud dan beberapa pengurus PGRI Parepare, atas tudingan bahwa Plt Kadisdikbud mengintervensi sejumlah guru sehingga tidak bisa mengikuti Porseni PGRI Sulsel di Barru.

Saat itu, Arran Jaya, seorang guru SMAN 1 Parepare menyebut Plt Kadisdikbud mengintervensi dengan menunjuk-nunjuk sejumlah guru yang berada dalam komunitas futsal, sebagai isyarat mengingatkan agar tidak mengikuti Porseni.

Plt Kadisdikbud memang biasa bermain futsal dengan sebuah komunitas futsal di Grand Sulawesi. Namun tidak jelas kapan kejadian itu, dan siapa saksi atau guru yang berada dalam komunitas futsal mengalami kejadian dimaksud.

Terbukti saat komunitas futsal guru dan beberapa guru seperti HM Dahlan, Masrun datang meminta klarifikasi dengan dimediasi Kepala SMAN 1 Parepare, Ermin Umar di SMAN 1 Parepare, Jumat, 6 Desember 2019, Arran Jaya tidak bisa menyebutkan waktu pastinya dan saksi ataupun yang mengalami langsung kejadian itu.

“Jadi kami datang baik-baik, dengan jalan damai untuk membicarakan tuduhan yang dimaksud. Kami langsung datang ke SMAN 1, bukan ke rumah Saudara Arran, karena kami ingin dimediasi kepala sekolah. Itupun pertemuan ini kami minta dimediasi langsung kepala SMAN 1, kami tidak ingin kalau bukan kepala sekolah. Biar semua jelas dan klir,” ungkap Masrum mewakili guru dan komunitas futsal yang datang.

Namun dalam pertemuan itu menjadi bias. “Saudara Arran tidak mau menyebutkan siapa-siapa guru dimaksud yang ditunjuk-tunjuk dan kapan kejadiannya. Padahal kami sudah membawa sejumlah anggota futsal dari kalangan guru itu,” lanjut Masrun.

Ironisnya, kata Masrun, Arran ini bukan pemain futsal dan tidak menjadi anggota komunitas futsal, sehingga dipertanyakan validitas informasinya.

Dalam pertemuan itu Arran bersikeras tidak mau menyebut guru-guru dalam komunitas futsal yang mengalami peristiwa dimaksud, termasuk tidak mau menyebut kapan dan di mana peristiwa terjadi.

Plt Kadisdikbud Arifuddin Idris yang dikonfirmasi terpisah, mengaku heran adanya tuduhan seperti itu, karena dia mengaku sama sekali tidak melakukan.

“Kapan kejadian itu, terus siapa yang saya tunjuk-tunjuk, ada tidak buktinya. Karena saya sama sekali tidak pernah melakukan itu. Bahkan saya dapat informasi katanya waktu kejadian pada Senin, 11 November. Kalau itu jelas salah besar, karena saya tidak punya jadwal main futsal hari dan tanggal itu,” beber Arifuddin.

Arifuddin menekankan, tuduhan yang tidak berdasar dan tanpa bukti sama sekali terhadap dirinya bisa berkonsekuensi hukum.

“Saya lagi mengkaji apa langkah-langkah yang akan saya lakukan. Bisa saja saya mengambil langkah hukum,” tandas Arifuddin.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

Kunci Kemenangan Dua Periode Yeni Rahman, Kini Jadi Pasukan Pemenangan Irman-Zunnun

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, bersilaturahmi dengan Pemuda Pelopor Rajawali, di Jalan Rajawali Makassar, Rabu, 30 September 2020....

Artikel Lainnya

Perannya Penting, Kadis Kominfo Sulsel Minta OPD Support TP2D

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Kominfo...

Jagoan Cyling Community AHM Gowes Sambil Bagi-bagi Bantuan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Astra Motor Makassar melalui komunitas sepedanya, Jagoan Cycling...

BPBD Barru Imbau Warga Pesisir Waspada Cuaca Buruk

SULSELSATU.com, BARRU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barru mengimbau warga...

Berontak Usai Ditangkap, Curanmor di Bone Didor Polisi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Petugas Polres Soppeng menangkap satu pelaku pencurian kendaraan...

OJK Terima Tiga Aduan Nasabah Fintech di Sulsel, Ini Masalahnya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulampua telah...

Terkini

VIDEO: Massa Bakar Kantor Bupati Keerom, Tak Terima Hasil CPNS

  SULSELSATU.com - Sejumlah massa melakukan aksi pengerusakan di Kantor Bupati, Disnaker,...

Susuri Lorong-Lorong, Fatma Kampanye Protokol Kesehatan

  SULSELSATU.com. MAKASSAR - Calon Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi mengampanyekan...

Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Bakal Rampung, Berikut 7 Jalur Stasiunnya

  SULSELSATU.com, PANGKEP - Setelah menyelesaikan pembangunan rel kereta api di Kabupaten...

Dewan Kritik Rangkap Jabatan di Lingkup Pemkot Makassar

  SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Hamzah Hamid...

VIDEO: Viral, Seorang Anak Nelayan di Maros Rela Naik Perahu Untuk Daftar TNI

SULSELSATU.com - Perjuangan seorang anak nelayan di Maros untuk menjadi TNI...