Putra Sekprov Sulsel Ajak Masyarakat Peduli Kaum Difabel

SULSELSATU.com, BARRU – Mudassir Hasri Gani, putra Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani jadi pembicara pada peringatan hari disabiltas internasional yang diselenggarakan oleh Komunitas Teman Mudata di Aula Hotel Youtefa Barru, Rabu (11/12/2019).

Mudassir Hasri Gani selaku pemerhati sosial dan kepemudaan mengatakan kegiatan ini harus terus digalakkan untuk memberikan ruang kepada kaum disabilitas.

“Acara ini lebih menekankan kepada masyarakat agar dapat memahami untuk mengakui adanya disabilitas dan perlu juga kita ketahui bahwa kita adalah bagian dari mereka karena setiap manusia punya kekurangan masing-masing,” kata Mudassir.

Ia menganggap Barru termasuk daerah yang belum pernah menyelenggarakan kegiatan serupa ini, padahal seperti yang dilihat bersama keberadaan teman-teman disabilitas di acara ini sebagai bukti jika mereka ada.

“Acara ini lebih kita tekankan dan mendorong penguatan keberadaan mereka dengan berbagai kreatifitas yang mereka miliki. Jadi tema yang kami angkat dalam kegiatan ini menembus batas, menghapus perbedaan, disabilitas berdaya,” ujarnya.

Ke depan, kata dia, pemerintah harusnya melakukan pendataan bagi rekan-rekan disabilitas dan memberikan akses dalam pengembangan potensi.

“Jika kami, tentu tidak akan berhenti pada ruang kegiatan semacam ini saja tapi juga kami akan akan membicarakan kepada mereka untuk menentukan langkah selanjutnya dalam memberikan fasilitas kerja, seperti yang kita lihat potensi mereka ada mahir cukur dan jahit dan inilah yang ingin kita tingkatkan lagi,” harapnya.

Diketahui, selain Mudassir Hasri Gani sebagai pemateri, juga ada Psikolog Klinis Iyan Afriyani, Kepala BRSPDF Wirjaya Makassar Syaiful Samad dan pembawa inspiratif Tunanetra Hafidzah 30 Juz Masyita Nashira.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Awang Darmawan