OPINI: Touring Merah Putih

SULSELSATU.com, GOWA – Hari itu, Sabtu 30 November 2019 Komunitas Moto X RMS Sulawesi Selatan touring ke Kota Wisata Malino di Kabupaten Gowa.

Ratusan rider tergabung dalam komunitas motor tersebut start dari Makassar melintasi jalan menanjak, tikungan meliuk-liuk, terjal menuju Malino, kota kecil yang menyimpan banyak peristiwa penting di antaranya menjadi tempat dicetuskannya perdamaian beberapa wilayah konflik di nusantara, menjadikan Malino sebagai situs bersejarah.

Biasanya touring ke Malino hanya menikmati lekukan jalan yang menanjak terjal, menukik tajam hingga menepi di sisi jurang dan berbagai tantangan yang memicu nyali, memompa adrenalin yang memantik kenikmatan dan fantasi tersendiri bagi rider.

Kali ini unik dan tidak biasanya. Kegiatan touring ini mengagendakan sosialisasi 4 pilar (Pancasila, UUD’45, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika) Negara Republik Indonesia (NRI) dan pesertanya adalah para rider yang tergabung dalam Moto X RMS Sulawesi Selatan.

“Ini hal baru, tidak biasanya,” begitu kata Anggota DPR RI, Rusdi Masse Mappasessu disela seremonial sosialisasi 4 Pilar NKRI kepada penulis yang kebetulan duduk persis di samping beliau.

Dalam sambutan RMS (begitu akronim akrab Rusdi Masse Mappasessu) sebagai Anggota MPR RI mengatakan,
‘Situasi Bangsa dan Negara akhir-akhir ini seringkali mendapat gangguan ideologi, konstitusi, anti keberagaman, ancaman disintegrasi, oleh sebab itu sosialisasi 4 pilar sangat penting dilakukan agar sebagai bangsa kita tahu betapa pentingnya 4 pilar untuk dipahami, kita jaga, kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bangsa dan semua itu dilakukan demi Merah-Putih.

Dari sambutan tersebut terdapat sebutir mutiara yang sungguh elok dan patriotik menurut penulis, ketika terlontar kata ‘Merah-Putih’ (maksudnya bendera Merah Putih) yang mungkin jarang atau bahkan tidak pernah terucap dari Anggota DPR RI dalam melakukan sosialisasi 4 pilar karena tidak terpikirkan, dianggap tidak penting atau bahkan tidak relevan dan tidak subtantif.

Kata merah-putih adalah hal biasa dan seringkali kita dengar di mana-mana, setiap upacara merah putih dikibarkan, tetapi ketika merah-putih dijadikan puncak dari penegakan 4 pilar itu menjadi luar biasa dan teramat bernilai.

Betapa tidak, merah-putih sudah ada sebelum Pancasila digali untuk falsafah bangsa, sebelum UUD’45 dirumuskan, sebelum kita mengenal NKRI, sebelum dicetusnya semboyan kebhinnekaan.

Merah putih ada sebelum kemerdekaan yang menjadi simbol persatuan dan pemersatu masyarakat nusantara dalam melawan penjajah, merah-putih menjadi semangat patriotisme para pejuang dalam merebut dan membela kemerdekaan, merah-putih melambangkan keberanian dan ketulusan para pejuang dalam melawan bangsa asing demi kedaulatan tanah air, dan menjadi simbol kesadaran berbangsa yang harus berdaulat dari koloni bangsa asing.

Beberapa tahun yang lalu dalam pikir penulis terbesit
‘harusnya pilar Negara Republik Indonesia bukan 4 tapi 5 dan (bendera) merah-putih di urutan pertama karena di situlah jiwa dan semangat berbangsa terhimpun yang mempersatukan nusantara”.

Tapi malam itu pikir penulis menemukan ruang dialektika dan menjadi renungan ringan tapi cukup menyita energi berpikir hingga penulis sampai pada kesimpulan bahwa, merah putih disebut puncak dari penegakan 4 pilar berbangsa bernegara dan tergerak untuk menulis catatan ini sebagai napak-tilas suatu perjalanan yang unik dan tidak biasa sekaligus memperkaya literasi pembahasan 4 pilar, setidaknya bagi yang membaca dan menyelami catatan ini.

Bertahun pertanyaan itu mengganggu alam sadar penulis kenapa bendera merah-putih tidak dijadikan sebagai pilar berbangsa bernegara padahal dari merah putihlah lahir patriot-patriot bangsa, dari merah putihlah jiwa dan semangat persatuan bermula.

Tetapi sambutan Rusdi Masse memberikan jawaban yang mengejutkan, karena itu penulis sangat mengapresiasi dan berpendapat bahwa walaupun merah-putih tidak menjadi pilar NKRI tetapi merah putih adalah puncak dari tujuan ditegakkannya 4 pilar berbangsa-bernegara.

Artinya, merah-putih adalah manifestasi dari seluruh rakyat Indonesia, manifestasi kecintaan tanah air, lambang kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Yang mengagumkan karena kata-kata itu diucap oleh seorang yang menurut pengetahuan penulis (tidak bermaksud mengentengkan) belum pernah terlibat langsung dalam kajian-kajian khusus tentang kebangsaan, tentang negara, tentang tanah air tetapi memiliki kepekaan berbangsa, loncatan berpikir yang tajam dan tak terduga dengan menyebut bahwa penegakan 4 pilar tujuannya adalah untuk merah-putih, yang kemudian penulis penyebutnya puncak tujuan dari penegakan pilar berbangsa bernegara.

Setelah sambutan pengantar oleh Rusdi Masse Mappasessu, sebagai moderator penulis memberi prolog sebelum masuk materi yang diisi oleh Kepala Staf Kodim 1409 Gowa.

Dalam uraian Kasdim yang singkat, menekankan pada pentingnya persatuan dan kesatuan di tengah berbagai ancaman terhadap Pancasila, UUD’45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Usai kegiatan sosialisasi 4 pilar peserta diarahkan ke ruang terbuka tepat depan panggung, lalu diisi dengan acara hiburan dalam bentuk permainan yang cukup menghibur membuat peserta tertawa lepas dan menghangatkan dinginnya alam Malino.

Acara dipandu oleh personal SRM Indonesia asuhan Sandra Santi, seorang perempuan yang energik mampu menyingkap tirai gender dan meretas mitos perbedaan laki-laki dan perempuan dalam berkiprah.

Esok harinya Touring Merah Putih Moto X RMS melanjutkan kegiatan touring menyusuri jalan-jalan setapak Malino yang menanjak, menukik, menikung dan indah menakjubkan. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial dan wisata “pura-pura” jadi tentara tembak-tembakan bak perang gerilya di tengah hutan pinus yang tumbuh berbaris rapi menambah keelokan alam Malino, kota bersejarah itu.

Sepulang dari Malino, penulis mencoba berkontemplasi tentang merah putih yang menjadi puncak 4 pilar korelasinya dengan kegiatan touring tersebut, di ujung kontemplasi itu penulis menemukan nilai sampai pada kebulatan pikir bahwa kegiatan tersebut (maaf hanya misal) pantas dinamai “Touring Merah Putih”.

Sampai jumpa di touring akan datang.

Penulis: Masrudi Ahmad Sukaepa
Editor: Kink Kusuma Rein

...
Sulselsatu

Surya Paloh Bakal Beri Penghargaan untuk Pria Pembuat Pesawat Asal Pinrang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh direncanakan akan memberikan penghargaan ke pria pembuat pesawat asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Penghargaan itu akan...
Sulselsatu

IndoXXI Tutup, Situs Streaming Film Gratis Masih Bermunculan

SULSELSATU.com, JAKARTA - Situs streaming film gratis, IndoXXI sudah tutup pada 1 Januari 2020. Namun, situs web streaming film di Indonesia seakan tak ada...
Sulselsatu

KPU Barru Buka Pendaftaran PPK, Catat Jadwal dan Syaratnya

SULSELSATU.com, BARRU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru akan membuka pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun...
Sulselsatu

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Hujan Salju di Arab Saudi

SULSELSATU.com - Pemandangan langka terjadi di Tabuk, Arab Saudi. Wilayah barat laut Arab Saudi tiba-tiba diguyur hujan salju. Padahal, wilayah itu terkenal dengan gurun pasirnya. Video...
Sulselsatu

Video Pelajar SMK Diduga Mesum Beredar di Parepare, Ini Kata Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sebuah video pelajar yang diduga mesum beredar dan viral di media sosial. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, dimana...
Sulselsatu

Kades Je’netallassa Jeneponto Wacanakan Buka Penjaringan Calon Aparat Desa

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kepala Desa Je'netallassa, Kecamatan Rumbia, Basir Suaming mengaku akan membuka penjaringan untuk calon aparat di desanya. "Insyaallah bulan ini kita akan melakukan...
Sulselsatu

Pengesahan Kartu Ujian CPNS Barru Dilakukan Awal Februari

SULSELSATU.com, BARRU - Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Barru kini harus bersiap untuk melakukan pengesahan kartu ujian setelah lulus administrasi. Pemkab Barru akan melakukan...
Sulselsatu

GALERI FOTO: Pemprov dan DPRD Sulsel Tandatangani Nota Kesepakatan Perubahan APBD

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Sumarsono bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi selatan M Roem menandatangani nota kesepakatan antara Pemerintah...

Baca Juga

Sulselsatu

Sekretaris Demokrat Sulsel Ajak Anak Muda Eksplorasi Bakat Seperti Chaerul

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota DPRD Sulsel, Andi Azizah Irma Wahyudiyati turut bangga ada anak muda berasal dari Kabupaten Pinrang bernama Chaerul yang mampu merakit...
Sulselsatu

Kembangkan Wisata di Sulsel, HPI Sulsel Gandeng UMI

SULSEL.SATU.com, MAKASSAR - DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sulsel, menggandeng Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dalam rangka mengembangkan destinasi wisata di Sulsel. Salah satu kegiatan...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Danny Pomanto Jadi Saksi Kasus Fee 30 Persen

  SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wali Kota Makassar periode 2014-2019, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menjadi saksi kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam kegiatan sosialisasi atau...
Sulselsatu

Depak Axelsen, Anthony Ginting Lolos ke Final Indonesia Masters

SULSELSATU.com, JAKARTA - Anthony Sinisuka Ginting melaju ke final Indonesia Masters 2020 usai mengalahkan Viktor Axelsen 22-20 dan 21-11, pada laga semifinal di Istora...

TERKINI

Sulselsatu

Taufan Pawe Apresiasi Kepedulian PKK Sulsel Perangi Sampah Plastik

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare Taufan Pawe, mengapresiasi kunjungan Ketua...
Sulselsatu

Ikut Lelang Jabatan, Bachtiar Baso Mundur dari Jabatan Plt Kadiskes Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah memberhentikan Bachtiar Baso sebagai...
Sulselsatu

Dewan Nilai Tarif Angkutan Online di Sulsel Tak Manusiawi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi D DPRD Sulsel menggelar pertemuan dengan Pengurus...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Pemkot Makassar Lantik 13 Pejabat Esolon III dan IV

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar melakukan pelantikan dan mengambil sumpah...
Sulselsatu

Pemkab Barru Bakal Berangkatkan 120 Imam Masjid ke Tanah Suci

SULSELSATU.com, BARRU - Bupati Barru Suardi Saleh menghadiri rapat kerja daerah...
Sulselsatu

Kampanyekan Bahaya Plastik, PKK Sulsel dan Parepare Bagi-bagi Tumbler ke Pelajar

SULSELSATU.com, PAREPARE - Ketua PKK Sulsel Liestiaty Nurdin didampingi Ketua PKK...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Tinggalkan Prabowo dan Gerindra, La Nyalla Sambangi Ma’ruf Amin

SULSELSATU.com, JAKARTA – La Nyalla Mattalitti secara khsusus menemui Ma’ruf Amin di kediamannnya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018). Read More.. Video Editor:...