Logo Sulselsatu

KPU Makassar Siap Gunakan Rekap Elektronik di Pilwali 2020

Asrul
Asrul

Jumat, 03 Januari 2020 16:21

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar menyatakan kesiapan lembaganya melaksanakan sistem rekap elektronik (e-rekap) di pemilihan walikota (Pilwali) Makassar 2020.

“Makassar saya rasa sangat siap. Kalau dimungkinkan, kita akan mengusulkannya. Tapi kita masih menunggu regulasinya seperti apa, dan bagaimana mekanismenya,” kata Gunawan, Jumat (3/1/2020).

Baca Juga : Mulai 11 Februari Bawaslu Larang Kampanye di Medsos

Dengan e-rekap, rekapitulasi pilkada dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) bakal langsung dikirim ke pusat data atau server. Foto lembaran plano dikirimkan ke server sebagai pengganti salinan rekapitulasi.

Gunawan menilai, Makassar sangat layak menerapkan e-rekap di Pilwali 2020. Mengingat ibu kota Provinsi Sulsel ini memiliki akses internet dan komunikasi yang memadai di setiap wilayahnya.

“Kalau pun ada kendala, mungkin ya di daerah kepulauan, seperti Kecamatan Sangkarrang. Tapi saya rasa bisa diatasi, mengingat jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) dan TPS tidak terlalu banyak,” ujarnya.

Baca Juga : Diskominfo Makassar Ajak Milenial Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2024

Gunawan menjelaskan, untuk memantapkan penerapan e-rekap di Pilwali 2020, KPU Makassar akan memberikan penguatan di badan adhoc. Pada seleksi anggota nantinya, wawasan seputar teknologi informasi bakal menjadi indikator penting dalam proses seleksi.

“Kita akan kuatkan di proses perekrutan badan adhoc. Dimana pengetahuan IT itu perlu dan masuk pertimbangan. Yang paling penting, petugas mesti punya smartphone yang cukup baru,” katanya.

Penulis: Asrul
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...