Eks Kapolda Metro Jaya Gatot Eddy Jabat Wakapolri

SULSELSATU.com, JAKARTA – Mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono resmi ditunjuk sebagai Wakapolri, Selasa (7/1/2020) hari ini.

Sebelumnya posisi ini diisi oleh Irjen Pol Ari Dono Sukmanto selama mendampingi Kapolri Tito Karnavian yang kini menjabat menteri dalam negeri.

Jabatan Wakapolri diemban Gatot setelah menjalani upacara serah terima jabatan yang dipimpin Kapolri Jenderal Idham Azis sekitar pukul 08.25 WIB di gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Selain posisi Wakapolri, selang 25 menit sebelumnya upacara sertijab juga digelar untuk mengesahkan sejumlah jabatan perwira tinggi polisi lainnya.

Di antaranya posisi Kapolda Metro Jaya yang resmi digantikan oleh mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Nana Sujana. Kemudian posisi Kapolda NTB digantikan oleh mantan Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Yohir. 

Posisi Tomsi lalu diambil alih oleh mantan Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri Irjen Pol Agung Sabar Santoso. Terakhir posisi Asrena Kapolri akan diganti oleh mantan Karorenmin Bareskrim Polri Brigjen Pol Hendro Sugiatno.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD RI tahun 1945,” ujar Idham diikuti perwira tinggi polri yang disumpah.

Sebelumnya rotasi jabatan ini diatur melalui surat Telegram Rahasia (TR) dengan nomor ST/330/XII/KEP/2019 atas perintah Kapolri Jenderal Idham Azis.

Editor: Awang Darmawan