iklan Kareba Parlementa

Wagub Paparkan Keunggulan Sulsel Kepada Pemerintah Australia

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menjabarkan dan menjelaskan potensi yang dimiliki Provinsi Sulsel dalam berbagai sektor kepada pemerintah dan media dari Australia, di Jalan Menteng, Tanjung Merdeka, Kota Makassar, Jumat (14/2/2020).

Presentase dilakukan di kediaman Consul General Konjen Australia di Makassar, Richard Mathews. Dihadiri juga oleh perwakilan Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT’s) Australia, The West Australian, ABC Television Darwin Australia, Australia Rural Leadership Foundation, Indonesia Australia Business Council, dan akademisi Dekan Fakultas Peternakan, Prof. Dr. Lellah Rahim.

Pertemuan diawali dengan santap siang, kemudian wawancara dengan TV dan selanjutnya pemaparan potensi Sulsel. Andi Sudirman menjelaskan, Sulsel adalah hub untuk Kawasan Timur Indonesia (KTI). Memiliki pertumbuhan ekonomi yang berkembang pesat, penghasil pangan pertanian dan peternakan, perikanan dan kelautan, serta daerah dengan surplus listrik. 

Untuk beras misalnya, Sulsel menghasilkan 5.740.730 ton beras dengan surplus 2.395.547. “Ini produksi utama kami, bahkan kami sudah over stock. Kami suplai ke provinsi lain di seluruh Indonesia, termasuk untuk Cipinang (Pasar Induk Beras) Jakarta, itu berasnya dari Sidrap,” papar Andi Sudirman yang baru saja tiba dari Luwu, merayakan HUT Belopa ke-14 tahun.

Selain beras, produksi lainnya yakni jagung sebesar 2.239.862 ton, coklat (cacao) 118.774,85 ton, kopi 32.196,11 ton, cengkeh 20.306,11 ton, lada 6.021,56 ton. Andi Sudirman mengatakan, komoditas ini akan memiliki nilai lebih jika terdapat industri hilirnya di Sulsel.

“Saya kira Anda pernah mendengar tentang Kopi Toraja, kami harapkan downstream industry (industri hilir) juga ada, kami ingin memusatkannya di Toraja,” harap Andi Sudirman.

Ia juga menjelaskan terkait Kawasan Industri yang ada, yakni Maros Industrial Area, Takalar Industrial Area, dan Bantaeng Industrial Area. Sementara terkait sumber daya energi yang dimiliki Sulsel yakni Hydro Power Plan (HPP) Larona 165 Mw, HPP Balambano 130 Mw, HPP Karebe 140 Mw, HPP Bakaru 126 Mw, Wind Power Plan Jeneponto 72 Mw, Wind Power Plan Sidrap 75 Mw. Serta pembangkit listrik tenaga air yang sedang direncanakan dan dibangun, diantaranya Pamukullu, Karaloe dan Passeloreng.

Keunggulan kompetitif yang dimiliki Sulsel diantaranya, penyuplai pangan utama di KTI; simpul utama transportasi dan infrastruktur; simpul utama informasi dan komunikasi di luar pulau Jawa; direct call dan ekpor lansung ke negara asing, industri galangan kapal (PT. IKI); pusat keuangan KTI, pusat pelayanan kesehatan dan pendidikan KTI.

“Kami juga melakukan pengiriman langsung, ke Asia dan Amerika Serikat. Ini dibuka pada 2018,” ungkapnya.  

Iapun berharap direct call juga dibuka ke Australia sebagai negara tetangga Indonesia dan meningkatkan perdagangan kedua negara.

Adapun ekspor utama Sulsel yakni nikel; minyak biji dan tanaman medis; besi dan baja; ikan, udang dan invertebrata laut; getah dan damar. Adapun lima negara tujuan utama, yakni Jepang, China, Australia, Malaysia dan Korea Selatan.

Ia kemudian menjelaskan tentangan yang dihadapi, dibawah kepemimpinannya mendampingi Gubernur Sulsel, Prof, HM Nurdin Abdullah, adalah membangun sistem anti KKN, membangun infrastruktur. 

“Langkah demi langkah untuk menerapkan sistem yang lebih baik, mengembangkan akses jalan, pembangunan proyek strategis,” ujarnya.

Saat ini, Pemprov Sulsel mencoba menawarkan investor untuk berinvestasi. Namun, kendala yang dihadapi adalah infrastruktur pendukung belum sepenuhnya siap.

“Kami alokasikan tujuh kali lipat ke infrastruktur. Infrastruktur masih menjadi tantangan. Tetapi kita harus selangkah demi selangkah mengurangi rintangan ini,” ujarnya. 

Sementara itu, Konjen Richard Mathews menilai, visi dan misi Pemerintah Provinsi Sulsel dibawah kepemimpinan Nurdin Abdullah – Andi Sudirman Sulaiman baik dan jelas. Adapun sektor yang menarik bagi Australia adalah sektor pertambangan, sektor pertanian,  peternakan dan sektor pendidikan. 

“Kami punya keunggulan di sektor pendidikan. Saya harap kunjungan kelompok wartawan ini dari Australia membantu untuk mempromosikan kesempatan investasi dan kerjasama kepada audiensi di Australia,” ujarnya. 

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Menangkan Pertarungan Tahap Pertama, KPU Tetapkan Irman – Zunnun Diusung 15 Kursi dari Tiga Parpol

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar secara resmi menetapkan Irman Yasin Limpo - Andi Zunnun Armin NH, sebagai Calon Wali Kota dan...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Enam Staf Positif Covid-19, Pelayanan di DPMPTSP Jeneponto Tutup Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jeneponto yang berada di Jl Ishak Iskandar ditutup sementara. Penutupan pelayanan di...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

VIDEO: Viral, Sebuah Kuburan Keluarkan Darah Segar dan Bau Amis

  SULSELSATU.com - Sebuah makam yang dipenuhi oleh cairan berwarna merah yang diduga darah viral di media sosial, Minggu (20/9). Dalam video terlihat makam itu amblas...

Wagub Paparkan Penanganan Covid-19 Bersama Delapan Provinsi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Presiden menginstruksikan untuk memprioritaskan penanganan wabah Covid-19 di...

Artikel Lainnya

Kunjungi Langsung Korban Gempa, Husler Serahkan Bantuan

SULSELSATU.com, MALILI - Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler didampingi Pejabat...

Pengamat: RKUHP Penuh Masalah

SULSELSATU.com, JAKARTA - Pegiat isu politik dan HAM, Makarim Wibisono menilai...

Transaksi Narkoba di Warung Bakso, Pria Bertato Naga Dibekuk Polisi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Tim Khusus (Timsus) Polsek Rappocini meringkus seorang tukang...

Timnas Indonesia Dipermalukan Thailand di GBK

SULSELSATU.com, JAKARTA - Timnas Indonesia kembali menelan hasil buruk di kualifikasi...

Gowa Raih Penghargaan di Lomba Desa Tingkat Provinsi

SULSELSATU.com, GOWA - Kabupaten Gowa kembali berhasil meraih penghargaan dalam Lomba...

Terkini

Banner Askar-Pipink Berkibar di Laut dan Gunung

SULSELSATU.com, BULUKUMBA - Berbagai cara dilakukan Tim, Relawan, juga simpatisan untuk...

VIDEO: Pidato Presiden Jokowi di Sidang PBB

SULSELSATU.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato di Sidang Umum PBB,...

Buka Forum OSOA, Sekprov Dorong Inklusi Ekonomi Nasional

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Hayat...

Rudy Tegaskan Belum Izinkan THM dan Panti Pijat Beroperasi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menegaskan jika...

VIDEO: Mizar Roem Jabat Plt Ketua DPD NasDem Sinjai

  SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulawesi Selatan menunjuk...