Logo Sulselsatu

Pengambilan Darah di RSUD Barru Bagi Pasien Digratiskan

Asrul
Asrul

Senin, 17 Februari 2020 15:10

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, BARRU – Direktur RSUD Barru Nikmawati menjamin bagi pasien yang dirawat di RSUD Barru tidak akan diberikan biaya jika membutuhkan darah.

“Kita di RSUD Barru, tidak ada dikenakan biaya bagi pasien, karena Pemkab Barru telah menjamin anggaran untuk itu,” kata Nikmawati kepada Sulselsatu.com usai memberikan materi sosialisasi donor darah di Baruga Singkeru Adae, Senin (17/2/2020).

Jika ada biaya itu bukan darah yang dibeli pasien tapi Biaya Pengganti Pengolahan Darah (BPPD). Pengolahan darah inilah yang membutuhkan biaya dalam prosesnya.

Baca Juga : Pasien Keluhkan Stok Obat RSUD Kabupaten Barru Habis

“Inilah yang sebenarnya dibayar, BPPD inilah yang dibayar, bukan darahnya tapi ada pengolahan darah yang dibayar. Biasanya whole blood itu sampai 350 ribu per kantong darah sedangkan PRC sel-sel darah merah 450 ribu per kantong darah, tapi Alhamdulillah Pemkab Barru membackup dana tersebut sehingga kita di Barru tidak ada pembiayaan untuk pasien terkait BPPD tersebut,” ujarnya.

Saat ini untuk kebutuhan stok darah khusus di RSUD Barru dalam pertahunnya bisa mencapai 1000 kantong darah yang dibutuhkan.

“Jika perbulannya, itu ada 50-100 kantong kebutuhan darah di Rumah Sakit Umum Barru. Pasien yang membutuhkan kebanyakan dalam sektor kebidanan (ibu melahirkan),” tambahnya.

Baca Juga : Komunitas Sepeda Lipat Barru Sumbang Masker ke RSUD

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...
Sulsel28 Maret 2024 13:19
Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis
perencanaan pembangunan 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini...