Logo Sulselsatu

Iqbal Suhaeb Persentasekan RDTR Kawasan Biringkanaya di Rakor Kementerian Agraria

Asrul
Asrul

Rabu, 19 Februari 2020 09:33

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menyampaikan persentase Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Biringkanaya 2020-2040 di depan pejabat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan National (ATR/BPN) dalam rapat koordinasi lintas sektoral di Hotel Sheraton Grand Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Pada kesempatan ini, Iqbal membahas rencana masa depan Kawasan Biringkanaya untuk 20 tahun mendatang yang tertuang dalam Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) Kawasan Biringkanaya.

“Pemaparan yang kami sampaikan di depan pemerintah pusat merupakan salah satu rangkaian dari perjuangan kita dalam melahirkan regulasi dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) yang berisi tentang rencana pengembangan Kawasan Biringkanaya sebagai kawasan yang maju dan berkualitas” ujar Iqbal usai menyampaikan presentasi.

Baca Juga : Iqbal Suhaeb Wajibkan Warga Gunakan Masker

Pihaknya berharap agar Kementerian ATR/BPN secepatnya dapat memberikan persetujuan, sehingga bisa mempercepat dalam membuatan kebijakan strategis, khususnya dalam mempercepat laju investasi dan juga pertumbuhan infrastruktur yang strategis di Kawasan Biringkanaya.

“RDTR ini nantinya menjadi payung hukum terhadap pengembangan Biringkanaya di masa depan, mengingat potensi ekonomi yang dimiliki, termasuk ikut memudahkan pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur nasional ke depan”jelas Iqbal.

Sementara itu, Team Leader penyusunan RTDR Kawasan Biringkanaya, Irwan Anwar Said yang juga ikut mendampingi Iqbal Suhaeb menjelaskan sejumlah kawasan penting yang tertuang dalam RDTR tersebut.

Baca Juga : Setahun Pimpin Kota Makassar, NA Apresiasi Kinerja Iqbal Suhaeb

“Sejumlah pembagian Kawasan yang petakan yakni Smart Sudiang Hub di keluarahan Sudiang yaitu pengembangan pusat perdagangan dan jasa skala kota, perkantoran dan pergudangan, perumahan serta pelayanan umum. Bakung Limites Aerospace di Kelurahan Bakung, yakni pengembangan perumahan kepadatan rendah, perdagangan dan jasa, serta pelayanan umum skala kota, khususnya pendidikan. Pai Green Kanaya di Kelurahan Pai, yaitu pusat perdagangan dan jasa, serta Daya Globally Connected di Kelurahan Daya, sebagai pusat perdagangan industry” ujar Irwan Anwar Said. Sementara itu untuk kawasan perumahan lainnya yakni Gateway to Future/City in Kanaya di Kelurahan Berua, Katimbang For families di Kelurahan katimbang, Center of Activity di Kelurahan Paccerakkang, Happiness Delivered, di Kelurahan Sudiang Raya, serta House of Hope / bringing you home di Kelurahan Laikang.

Dalam Pemaparan ini hadir Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN, Abdul Kamarzuki beserta jajarannya. Perwakilan dari Pemerintah Propinsi Sulsel, serta sejumlah pejabat lingkup Kota Makassar, diantaranya, Asisten Pemerintahan, M Sabri, Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Sosial Kota Makassar, Sittiara Kinang, Kadis Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir, Kadis Komunikasi dan Informatika, Ismail Hajiali, Kadis Perhubungan, Mario Said, serta Kepala BPBD Kota Makassar, Dr. Muhammad Rusli.

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...