Logo Sulselsatu

Terapkan Metode Pembelajaran HyLS, Dosen Unifa Diarahkan Buat Konten Pembelajaran Kreatif

Asrul
Asrul

Kamis, 20 Februari 2020 19:00

Rektor Unifa, Muliyadi Hamid (tengah) bersama Ketua Yayasan Fajar Ujung Pandang, Muh Ridwan Arief (kanan) serta Deputi Bidang Akademik dan Kerja Sama, Nur Khaerat Nur (kiri) saat meminta dosen membuat konten kreatif untuk perkuliahan dalam jaringan (daring), di ruang Serba Guna Unifa, Kamis (20/2/2020). (Foto/Ist)
Rektor Unifa, Muliyadi Hamid (tengah) bersama Ketua Yayasan Fajar Ujung Pandang, Muh Ridwan Arief (kanan) serta Deputi Bidang Akademik dan Kerja Sama, Nur Khaerat Nur (kiri) saat meminta dosen membuat konten kreatif untuk perkuliahan dalam jaringan (daring), di ruang Serba Guna Unifa, Kamis (20/2/2020). (Foto/Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penerapan perkuliahan metode pembelajaran dengan Hybrid Learning System (HyLS) mulai diterapkan Universitas Fajar (Unifa). Agar metode ini gampang diterima mahasiswa dan menjadi daya tarik masyarakat umum, dosen-dosen Unifa diminta membuat konten pembelajaran kreatif.

Ketua Yayasan Pendidikan Fajar Ujung Pandang, Muh Ridwan Arief menegaskan tranformasi kurikulum harus dilakukan. Dosen-dosen harus mampu membuat metode pembelajaran yang lebih kreatif dengan konten-konten menarik.

Unifa harus adaptif dengan keadaan yang ada di luar kampus. Pimpinan lembaga harus banyak berinteraksi di luar kampus dan stakeholder. Unifa perlu melakukan tranformasi kurikulum dan harus didukung semua pihak.
Restrukturisasi kurikulum harus segera dilakukan termasuk metode pembelajaran yang lebih menarik,” kata Ridwan dalam Rapat Dosen Unifa di Ruang Serba Guna Unifa, Kamis (20/2/2020).

Baca Juga : Unifa Peringkat Pertama Pendanaan Penelitian Klaster Binaan

Hal penting yang perlu dilakukan Unifa, lanjut kata Ridwan adalah menggunakan sumber daya yang ada untuk merespon kondisi di luar kampus. Termasuk dengan penerapan HyLS atau sistem pembelajaran dalam jaringan (daring). Saat ini, kuliah online, merupakan keharusan sebuah kampus.

Unifa yang telah memiliki HyLS adalah keunggulan sehingga pelaksanaannya tinggal menyelaraskan dengan sistem yang dimiliki Kementerian Pendidikan. Sekarang tinggal mendorong dosen untuk membuat kontennya jadi lebih menarik,” tambah Ridwan.

Senada dengan imbauan ketua yayasan, Rektor Unifa, Muliyadi Hamid menekankan agar para dosen bisa melakukan transfer of knowledge dan membuat konten materi perkuliahan yang lebih kreatif demi mendukung kemajuan universitas.

Baca Juga : Gagas Sekolah Teknik di Desa, Bupati Barru Ingin Gandeng Unifa

“Kampus merdeka merupakan salah satu peraturan baru yang dikeluarkan oleh menteri pendidikan yang harus diikuti oleh lembaga pendidikan tinggi. Dengan melihat hal tersebut maka tupoksi dosen pun juga akan berubah. Salah satu yang paling utama dari perubahan ini adalah konten pembelajaran harus masuk di platform. Dan saat ini kami melakukan 4 transformasi yaitu disektor, paradigma, perilaku, akademik, tata kelola yang nantinya akan mendukung Unifa ke depannya,” tutur Muliyadi.

Berbicara mengenai konten dan metode perkuliahan, rektor mengarahkan agar para dosen tetap optimis dan semangat dalam menyusun konten pembelajaran yang kreatif.

“Kami berharap dosen bisa membantu kami dalam mewujudkan kebijakan menteri pendidikan dan kita perbanyak sharing untuk pembuatan konten pembelajaran,” ujarnya.

Baca Juga : Siap-siap! Disnaker Sulsel Buka Job Fair Libatkan 50 Perusahaan

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...