Logo Sulselsatu

Penumpang Kapal MS Coral Adventure Dinyatakan Bebas Dari Virus Corona

Asrul
Asrul

Kamis, 12 Maret 2020 13:20

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebanyak 78 orang yang terdiri dari 44 orang penumpang dan 34 crew kapal MS Coral Adventure dinyatakan bebas dari Covid 19 atau virus corona dan mendapat izin untuk berlabuh di Pelabuhan Internasional Soekarno Hatta, Makassar pada Kamis (12/3/2020) pukul delapan pagi waktu Indonesia Tengah.

Hal tersebut dinyatakan Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb usai melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I di Pelabuhan Soekarno Hatta, Rabu (11/3/2020) malam.

“Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, jika para penumpang itu telah melewati standar protokol pemeriksaan Covid 19 dan mendapat rekomendasi sehat dari tim medis KKP maka tidak ada alasan untuk melarangnya berlabuh di Makassar,” ujar Iqbal Suhaeb dihadapan sejumlah wartawan.

Baca Juga : Iqbal Suhaeb Wajibkan Warga Gunakan Masker

Rencananya, setelah Kapal Pesiar MS Coral Adventure berlabuh di Dermaga Soekarno Hatta, sebanyak 44 penumpang yang kesemuanya warga negara Australia akan berada di daratan Makassar selama empat jam lamanya.

“Hanya empat jam di sini (Makassar). Setelah turun dari kapal, mereka akan ke Fort Rotterdam untuk foto-foto, selanjutnya makan siang di salah satu hotel di daerah pantai Losari, dan kemudian ke Airport Sultan Hasanuddin untuk melanjutkan perjalanan dengan pesawat terbang ke negaranya,” lanjut Iqbal.

Sebelumnya, Iqbal mengaku telah melaporkan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut ke Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah untuk selanjutnya memberikan izin berlabuh di dermaga.

Baca Juga : Setahun Pimpin Kota Makassar, NA Apresiasi Kinerja Iqbal Suhaeb

“Sebenarnya kapal ini sudah cukup lama keliling di beberapa tempat di Indonesia . Pada tanggal 27 Februari lalu juga sudah mendapat pemeriksaan serupa di Kota Kupang. Artinya masa inkubasi sudah di lewati dan hasilnya semua negatif, tidak ada suspek. Mereka juga sudah mengantongi kartu Kewaspadaan Kesehatan atau Health Alert Card untuk membuktikan bahwa mereka dinyatakan sehat,” tuturnya.

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...
Sulsel28 Maret 2024 13:19
Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis
perencanaan pembangunan 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini...