Logo Sulselsatu

Tangani Virus Corona, Bupati Wajo Minta Susun Langkah Taktis

Asrul
Asrul

Rabu, 18 Maret 2020 21:20

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten Wajo menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) Kewaspadaan dan Kesiapan Penanganan Virus Corona atau Covid 19, di ruang pimpinan Kantor Bupati Wajo, Rabu (18/3/2020).

Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Wajo Amran Mahmud dihadiri Wakil Bupati Wajo Amran SE, Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo Amiruddin serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Wajo.

Pada rapat pimpinan kali ini dibahas secara komprehensif berbagai upaya dan langkah langkah yang harus ditempuh oleh pemerintah daerah dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona.

Baca Juga : Pesantren As’diayah Siapkan Lahan 100 Hektare untuk Pertanian dan Peternakan, Dukung Program Ketahanan Pangan Sulsel

Amran Mahmud mengatakan, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, sangat dibutuhkan upaya luar biasa dari semua pihak.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Wajo ingin membuat formulasi dalam mengantisipasi virus corona agar tidak masuk ke Wajo. Maka dari itu berbagai langkah penanganannya perlu disiapkan diantaranya melalui upaya promotif dan preventif dalam bentuk sosialisasi yang intens dan massif kepada masyarakat dalam mencegah virus corona sehingga tidak timbul kepanikan di masyarakat.

“Kami berharap agar hari ini kita semua dapat merumuskan dan membuat langkah taktis terkait penanganan corona, intinya adalah kita ingin mendeteksi diantara manusia di Wajo, siapa yang mencurigakan maka itu yang harus ditangani,” ujar Amran.

Baca Juga : Temui Pj Gubernur Bahtiar, Bupati Wajo Bahas Optimalisasi Danau Tempe

Terkait layanan publik, Bupati meminta agar BKPSDM Kabupaten Wajo membuat petunjuk tekhnis mengenai tata kerja ASN, yang mana bisa bekerja di rumah dan yang mana harus tetap di kantor agar layanan publik tidak tergangu.

Sementara itu, Wakil Bupati Wajo, Amran SE meminta agar semua OPD terkait melakukan sosialisasi dan meluruskan isu-isu terkait penangangan Corona di daerah ini.

“Tantangan kita adalah bagaimana menjawab berita-berita hoax terkait penanganan Corona, termasuk kita di Wajo,”ujarnya.

Baca Juga : VIDEO: Pria Asal India Ditolak saat Hendak Lamar Kekasihnya di Wajo

Dia menyebutkan sejumlah berita atau isu yang muncul terkait penanganan Corona di Wajo. Salah satunya isu mengenai pelarangan shalat jumat dan peringatan Isra Miraj.

“Pemkab tidak pernah mengeluarkan larangan tersebut, tetapi kami hanya mengimbau agar dalam pelaksanaan ibadah dan peringatan Isra Miraj agar menjaga kebersihan tempat ibadah agar potensi penyebaran virus menjadi kecil, “jelasnya.

Sebelumya, terkait penanganan Virus Corona Pemkab Wajo telah mengeluarkan rekomendasi diantaranya meliburkan PAUD/MDA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, Perguruan tinggi dengan melakukan aktivitas belajar di rumah masing-masing mulai tgl 17 Maret sd 2 April 2020.

Baca Juga : Andi Sudirman Sebut Jembatan Pituriase Sidrap Segera Dinikmati Masyarakat

Meniadakan atau menunda sementara waktu segala bentuk event atau kegiatan baik indoor maupun outdoor baik yg dilaksanakan pemerintah maupun swasta yang melibatkan banyak orang sampai batas waktu yang kondusif.

Meniadakan atau menunda sementara waktu kegiatan Car Free Day, Meniadakan sementara waktu kegiatan apel dan upacara hari kesadaran nasional bagi ASN, menjaga lingkungan tetap hygienis dan menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menjaga kebersihan tempat-tempat ibadah dan tempat-tempat umum lainnya, mengurangi aktivitas di luar rumah yang dianggap tidak penting, pelaksanaan khutbah dipersingkat sepanjang terpenuhi rukunnya.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi21 Februari 2024 12:44
Smartfren for Business dan AXA Insurance Kolaborasi Beri Perlindungan Bagi UKM
PT AXA Insurance Indonesia (AXA Insurance), penyedia jasa asuransi umum dan kesehatan kerja sama dengan Smartfren for Business memberikan perlindungan...
Video20 Februari 2024 21:40
VIDEO: Suara Caleg PPP Makassar Diduga Dicuri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tiga orang Caleg DPRD Makassar dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang maju di Dapil 2 meliputi Kecamatan Tallo,...
Hukum20 Februari 2024 21:07
Tingkatkan Kualitas Layanan AHU, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Sosialisasi Kenotariatan, Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Sosialisasikan layanan Administrasi Hukum Umum (AHU) terkai...
Video20 Februari 2024 20:31
VIDEO: Kecelakaan di Poros Mamuju-Majene, Diduga Kontainer Alami Rem Blong
SULSELSATU.com – Kecelakaan terjadi di Jalan Poros Mamuju-Majene dekat jembatan Bolong, Selasa (20/2/2024), Kontainer tersebut mengalami rem blo...