Logo Sulselsatu

Diskes Sulsel Imbau Warga Tak Tolak Jenazah Covid-19

Asrul
Asrul

Rabu, 01 April 2020 08:55

Ilustrasi. (Int)
Ilustrasi. (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel mengimbau masyarakat tidak menolak jenazah Covid-19. Jenazah sebelum dibawa keluar dari rumah sakit sudah steril dan tidak menularkan virus.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel, Husni Thamrin menjelaskan, jenazah Covid-19 sudah steril. Sebelum dibawa keluar dari rumah sakit, jenazah dibungkus plastik, disemprot disinfektan dan dimasukkan dalam peti.

Baca juga: penolakan-warga.html">Pemakaman Dua Jenazah PDP Corona Diwarnai Aksi Penolakan Warga

Baca Juga : Telusuri Video Bayi Diberi Kopi Saset di Gowa, Diskes Sulsel: Demi Konten

“Peti sebelum dipaku, itu dilem. Nah setelah itu dikuburkan, dan tidak ada yang perlu ditakutkan. Yang perlu ditakutkan jika jenazah ini tidak dikuburkan,” kata Husni kepad wartawan via video confrence, Senin (31/3/2020).

Yang perlu ditakutkan menurut dia, jika pasien Covid-19 meninggal dalam keadaan PDP, kemudian tidak diperlakukan layaknya pasien positif Covid-19.

“Sebenarnya ini tidak perlu ada penolakan. Masyarakat harus dikasih pemahaman. Pasien Covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia sudah dilakukan tayammum, bungkus dan salatkan, bahkan sampai pada pengantaran serta pemakaman,” katanya.

Baca Juga : VIDEO: Jenazah Pasien COVID-19 Ditelantarkan di Area Pemakaman

Apalagi,, sudah ada kerjas ama dengan Dinas Sosial yang menjemput jenazah, menurunkan dari mobil ambulans sampai pada proses akhir pemakaman.

“Kami dari Dinas Kesehatan sudah menyediakan ambulans 24 jam. Setelah itu petugas rumah sakit menaikkan peti jenazah ke dalam mobil jenazah, setelah itu diantar ke pemakaman, tiba di pemakaman itu akan dikelola oleh Dinas Sosial, disambut dan diturunkan oleh teman-teman Dinas Sosial dan langsung dimakamkan, setelah itu ditutup. Saya kira ini kita perlu sama-sama sampaikan kepada masyarakat, bahwa tidak perlu ada penolakan,” imbuhnya.

Dia menyampaikan, Pemprov Sulsel saat ini sudah menyediakan lahan khusus untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19 di wilayah Makassar, tepatnya di Sudiang.

Baca Juga : VIDEO: Warga di Situbondo Rebut dan Bakar Peti Jenazah Covid-19

“Tadi sudah disampaikan salah satu tempat penguburan ada di Sudiang. Mudah-mudahan besok sudah mulai operasional, seluruh yang meninggal akan dikebumikan di pekuburan Sudiang,” jelas dia.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...