Logo Sulselsatu

Diskes Sulsel Imbau Warga Tak Tolak Jenazah Covid-19

Asrul
Asrul

Rabu, 01 April 2020 08:55

Ilustrasi. (Int)
Ilustrasi. (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel mengimbau masyarakat tidak menolak jenazah Covid-19. Jenazah sebelum dibawa keluar dari rumah sakit sudah steril dan tidak menularkan virus.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel, Husni Thamrin menjelaskan, jenazah Covid-19 sudah steril. Sebelum dibawa keluar dari rumah sakit, jenazah dibungkus plastik, disemprot disinfektan dan dimasukkan dalam peti.

Baca juga: penolakan-warga.html">Pemakaman Dua Jenazah PDP Corona Diwarnai Aksi Penolakan Warga

Baca Juga : Telusuri Video Bayi Diberi Kopi Saset di Gowa, Diskes Sulsel: Demi Konten

“Peti sebelum dipaku, itu dilem. Nah setelah itu dikuburkan, dan tidak ada yang perlu ditakutkan. Yang perlu ditakutkan jika jenazah ini tidak dikuburkan,” kata Husni kepad wartawan via video confrence, Senin (31/3/2020).

Yang perlu ditakutkan menurut dia, jika pasien Covid-19 meninggal dalam keadaan PDP, kemudian tidak diperlakukan layaknya pasien positif Covid-19.

“Sebenarnya ini tidak perlu ada penolakan. Masyarakat harus dikasih pemahaman. Pasien Covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia sudah dilakukan tayammum, bungkus dan salatkan, bahkan sampai pada pengantaran serta pemakaman,” katanya.

Baca Juga : VIDEO: Jenazah Pasien COVID-19 Ditelantarkan di Area Pemakaman

Apalagi,, sudah ada kerjas ama dengan Dinas Sosial yang menjemput jenazah, menurunkan dari mobil ambulans sampai pada proses akhir pemakaman.

“Kami dari Dinas Kesehatan sudah menyediakan ambulans 24 jam. Setelah itu petugas rumah sakit menaikkan peti jenazah ke dalam mobil jenazah, setelah itu diantar ke pemakaman, tiba di pemakaman itu akan dikelola oleh Dinas Sosial, disambut dan diturunkan oleh teman-teman Dinas Sosial dan langsung dimakamkan, setelah itu ditutup. Saya kira ini kita perlu sama-sama sampaikan kepada masyarakat, bahwa tidak perlu ada penolakan,” imbuhnya.

Dia menyampaikan, Pemprov Sulsel saat ini sudah menyediakan lahan khusus untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19 di wilayah Makassar, tepatnya di Sudiang.

Baca Juga : VIDEO: Warga di Situbondo Rebut dan Bakar Peti Jenazah Covid-19

“Tadi sudah disampaikan salah satu tempat penguburan ada di Sudiang. Mudah-mudahan besok sudah mulai operasional, seluruh yang meninggal akan dikebumikan di pekuburan Sudiang,” jelas dia.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik21 Juli 2024 12:41
Punya Pengalaman di Parlemen, Paket Hengki-Rangga Dinilai Tepat Pimpin Takalar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nama Hengki Yasin dan Fahruddin Rangga dinilai bila berpaket untuk maju di Pilkada Takalar cukup ideal, mengingat ked...
Berita Utama21 Juli 2024 12:07
Babinsa Koramil Tamalatea Bersama Warga Karya Bakti Bersihkan Saluran Air
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Babinsa Tonrokassi Timur Koramil 03 Tamalatea Kodim 1425 Jeneponto, pimpin Karya Bakti pembersihan Saluran Air diwila...
Hukum21 Juli 2024 11:21
Masuk Tahapan SKD Catar, Begini Pesan Indah Pada Panitia Wilayah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Ind...
Politik21 Juli 2024 10:20
Perantau Asal NTT di Makassar Siap Berjuang Menangkan Andi Seto di Pilwalkot
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Masyarakat perantau asal Nusa Tenggara Timur (NTT) kota Makassar berkunjung ke Markas Besar Andi Seto Asapa. Kedatang...