Logo Sulselsatu

RI Bakal Tiru Cara Korsel Tangani Virus Corona

Asrul
Asrul

Senin, 06 April 2020 22:18

RI Bakal Tiru Cara Korsel Tangani Virus Corona

JAKARTA – Pemerintah tengah meniru cara Korea Selatan menangani virus corona. Sejauh ini, Korsel adalah negara yang paling berhasil memberantas penyebaran corona di negaranya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, jumlah kasus baru corona di Korsel berkurang signifikan dan pasien sembuh semakin meningkat. Airlangga menyatakan telah meminta laporan khusus dari Regional Economy and Policy Institute (REPI) tentang cara pemerintah Korsel menangani pandemi Covid-19 secara efektif.

“Laporan itu membuka mata kami jika salah satu faktor kuncinya adalah kemampuan pemerintah Korsel mengadakan rapid test besar-besaran. Itu memungkinkan pemerintah melacak dan merespons cepat penyebaran virus corona,” kata Airlangga dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Baca Juga : Korea Selatan Lirik Proyek LRT, Siap Berinvestasi di Kota Makassar

Ia mengatakan pelaksanaan tes masif tersebut tak lepas dari kemampuan perusahaan alat kesehatan Korsel memproduksi peralatan tes (testing kits) virus corona. Terdapat dua perusahaan bioteknologi asal Korsel yang memproduksi testing kits dalam jumlah besar yakni, Kogene Biotech dan Seegene.

Airlangga berharap dua perusahaan itu dapat memproduksi testing kits melalui kolaborasi dengan perusahaan alat kesehatan di Indonesia. Tak hanya testing kits, ia juga berharap perusahaan tersebut dapat berkolaborasi memproduksi Alat Pelindung Diri (APD), dimana bahan baku didatangkan dari Korsel lalu dijahit oleh perusahaan Indonesia.

Saat ini, pemerintah Negeri Ginseng telah memutuskan untuk memberikan bantuan kepada Indonesia dalam berperang melawan Covid-19. Bantuan tersebut terdiri dari testing kits dan rechargeable battery power sprayers. Sebanyak 300 sprayers sudah siap dikirim ke Indonesia.

Baca Juga : VIDEO: Virus Corona Ada di Buku Paket IPA Tahun 2017, Katanya Tidak Berbahaya

Sementara itu, pengiriman testing kits masih membutuhkan persiapan teknis. Pihak yang akan membantu teknis pengiriman bantuan tersebut adalah Korea International Cooperation Agency (KOICA). Sementara, dari sektor swasta yakni LG Group menyumbang 50 ribu diagnostic kit dan Hyundai Motor menyumbang 40 ribu APD. Pemerintah Korsel juga memberikan bantuan materi kepada Indonesia.

“Kami juga berterima kasih kepada Pemerintah Korsel yang telah memutuskan memberi bantuan dalam bentuk in-kind kepada Pemerintah Indonesia senilai US$500 ribu guna mendukung upaya kami memerangi wabah Covid-19,”ucapnya.

Untuk diketahui, Korsel merupakan mitra dagang utama Indonesia. Total perdagangan antar dua negara tercatat sebesar US$1.311 juta pada Januari 2020. Indonesia menjadi pemasok bahan mentah dan energi untuk industri Korsel.

Baca Juga : Cegah Virus Corona, Shalat Idul Fitri di Lutra Terapkan Protkes

Selain itu, Indonesia merupakan salah satu tujuan utama investasi dari banyak perusahaan Korsel. Negeri Ginseng adalah investor terbesar ke-9 untuk Indonesia di 2019. Total investasi dari Korsel ke Indonesia senilai US$1,1 miliar untuk 2.952 proyek tahun lalu. Namun, jumlah itu turun 33 persen dari tahun sebelumnya sebesar US$1,6 miliar untuk 2.412 proyek.

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video06 Februari 2023 23:13
VIDEO: Emak-emak Diduga Curi Jilbab di Tenan Mall Panakkukang Makassar
SULSELSATU.com – Aksi pencurian jilbab terjadi di salah satu tenan di Mall Panakkukang Makassar. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (5/2/2023...
Nasional06 Februari 2023 22:55
Diguncang Gempa, Jokowi Sampaikan Belasungkawa ke Turki
SULSELSATU.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa kepada seluruh rakyat Turki dan Suriah, korban gempa bumi berk...
Entertainment06 Februari 2023 22:18
Akhir Pekan Ini Before Falling In Love with Mario G Klau Hadir di Makassar, Catat Tanggalnya
Penyanyi nasional sekaligus pencipta lagu, Mario G Klau bakal menghibur masyarakat Makassar pada 11 Februari 2023 mendatang. Konser Mario bakal digela...
Hukum06 Februari 2023 21:29
Kasus Honorium Fiktif Satpol PP Makassar, Saksi Mengaku Disuruh Buat Dua Rekening
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sidang lanjutan Kasus Korupsi Honorium Satpol PP makassar yang merugikan negara Rp 4,8 miliar kembali digelar, kali ini m...