Logo Sulselsatu

Sembilan Jenderal Polri Dimutasi, Salah Satunya Mantan Atasan Novel Baswedan

Asrul
Asrul

Minggu, 19 April 2020 15:00

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTAKapolri Jenderal Pol Idham Azis melakukan mutasi dan promosi jabatan terhadap 75 perwira tinggi dan perwira menengah polri

Promosi dan mutasi jabatan tertuang dalam tiga Surat Telegram Kapolri. Ketiganya yakni Nomor: ST/1231/IV/KEP./2020, Nomor: ST/1232/IV/KEP./2020 dan Nomor: ST/1233/IV/KEP./2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Surat tertanggal 17 April 2020 tersebut ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri S. Khusus Telegram Nomor ST/1233 memuat mutasi 19 pati dan pamen Polri karena mereka memasuki masa pensiun.

Baca Juga : Kapolri Jenderal Listyo Puji Kepemimpinan Bahtiar Baharuddin di Sulsel

Terdapat 9 jenderal (irjen dan brigjen) serta 10 komisaris besar (kombes) polisi yang dipindah dari jabatannya. Selanjutnya mereka menjadi pati dan pamen pada kesatuan masing-masing menuju masa purnatugas.

“Mutasi jabatan hal biasa di dalam Polri sebagai regenerasi, tour of area dan dalam rangka mengoptimalkan kinerja organisasi,” kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono, seperti yang dikutip dari iNews.id.

Berikut 9 jenderal tersebut:

Baca Juga : Jenderal Listyo Sigit Kirim 264,7 Ton Beras ke Warga Papua Terdampak Kekeringan

1. Irjen Pol Saiful Maltha.
Jenderal bintang dua ini dimutasi dari Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri menjadi Pati Baharkam Polri. Alumnus Akpol 1985 ini tercatat pernah menjadi Kadivhubinter Polri.

2. Irjen Pol Adhi Prawoto.
Adhi Prawoto dimutasi dari jabatannya sebagai Pati Bareskrim Polri penugasan pada Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai Pati Bareskrim Polri. Jenderal bintang dua ini pernah menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Utara.

3. Irjen Pol Ermi Widyatno.
Teman satu angkatan mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian di Akpol 1987 ini dimutasi dari Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri menjadi Pati Lemdiklat Polri.

Baca Juga : Begini Kronologi Helikopter yang Ditumpangi Kapolda Jambi Mendarat Darurat

4. Irjen Pol Alex Sampe.
Mantan Kapolres Tanjung Perak Surabaya ini dimutasi dari Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri menjadi Pati Lemdiklat Polri. Di lembaga itu, polisi yang berpengalaman di bidang reserse ini juga pernah menjabat Kadiklat Reserse.

5. Irjen Pol Sri Handayani.
Polwan pertama yang menyandang pangkat jenderal bintang dua ini dimutasi dari Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri menjadi Pati Lemdiklat Polri.

Semasa muda, Sri Handayani juga dikenal sebagai atlet lari gawang yang beberapa kali memenangi kejuaraan tingkat nasional maupun derah. Mantan Wakapolda Kalbar kelahiran Solo ini pernah mengikuti seleksi capim KPK.

Baca Juga : VIDEO: Kapolri Listyo Sigit Benarkan Pilot Susi Air Disandera KKB Papua

6. Brigjen Pol Elia Wasono Mastoko.
Jenderal bintang satu ini dimutasi dari jabatannya sebagai Pati Baharkam Polri penugasan pada Kemenko Polhukam sebagai Pati Baharkam Polri.

Dalam kariernya, Mastoko pernah menjabat Kapolres Kota Bengkulu. Salah satu anak buahnya saat itu yakni Iptu Novel Baswedan yang kini menjadi penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Saat Mastoko menjabat kapolresta, Novel merupakan kasat reskrim. Nama Mastoko pernah jadi perhatian saat surat sanksi disiplinnya kepada Novel beredar.

Baca Juga : Kapolri Listyo Sigit Pastikan Kesiapan Personel Amankan G20 di Bali

7. Brigjen Pol Tursilo.
Tursilo dimutasi dari Analis Kebijakan Utama Bidang Jemen Ops Itwasum Polri menjadi Pati Itwasum Polri.

8. Brigjen Pol Djoko Erwanto.
Mantan Wakapolda Bangka Belitung ini dimutasi dari Analis Kebijakan Utama Bidang Jemen Ops Itwasum Polri menjadi Pati Itwasum Polri.

9. Brigjen Pol dr Abdul Rosyid. Abdul Rosyid dimutasi dari Analis Kebijakan Utama Pusdokkes Polri menjadi Pati Pusdokkes Polri. Dalam karier kepolisiannya, dokter ini mendapatkan pangkat bintang satu pada 30 Oktober 2019. Saat itu upacara kenaikan pangkat dipimpin Komjen Pol Ari Dono Sukmanto.

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...
Sulsel28 Maret 2024 13:19
Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis
perencanaan pembangunan 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini...