Logo Sulselsatu

Sembilan Jenderal Polri Dimutasi, Salah Satunya Mantan Atasan Novel Baswedan

Asrul
Asrul

Minggu, 19 April 2020 15:00

Sembilan Jenderal Polri Dimutasi, Salah Satunya Mantan Atasan Novel Baswedan

SULSELSATU.com, JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melakukan mutasi dan promosi jabatan terhadap 75 perwira tinggi dan perwira menengah polri

Promosi dan mutasi jabatan tertuang dalam tiga Surat Telegram Kapolri. Ketiganya yakni Nomor: ST/1231/IV/KEP./2020, Nomor: ST/1232/IV/KEP./2020 dan Nomor: ST/1233/IV/KEP./2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Surat tertanggal 17 April 2020 tersebut ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri S. Khusus Telegram Nomor ST/1233 memuat mutasi 19 pati dan pamen Polri karena mereka memasuki masa pensiun.

Baca Juga : HUT Bhayangkara ke-75, Personel Mapolda Sulsel Baku Smash di GOR Dafest Daya

Terdapat 9 jenderal (irjen dan brigjen) serta 10 komisaris besar (kombes) polisi yang dipindah dari jabatannya. Selanjutnya mereka menjadi pati dan pamen pada kesatuan masing-masing menuju masa purnatugas.

Sponsored by MGID

“Mutasi jabatan hal biasa di dalam Polri sebagai regenerasi, tour of area dan dalam rangka mengoptimalkan kinerja organisasi,” kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono, seperti yang dikutip dari iNews.id.

Berikut 9 jenderal tersebut:

Baca Juga : Usai Ditelpon Jokowi, Kapolri Langsung Perintahkan Polda dan Polres Tangkapi Preman

1. Irjen Pol Saiful Maltha.
Jenderal bintang dua ini dimutasi dari Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri menjadi Pati Baharkam Polri. Alumnus Akpol 1985 ini tercatat pernah menjadi Kadivhubinter Polri.

2. Irjen Pol Adhi Prawoto.
Adhi Prawoto dimutasi dari jabatannya sebagai Pati Bareskrim Polri penugasan pada Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai Pati Bareskrim Polri. Jenderal bintang dua ini pernah menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Utara.

3. Irjen Pol Ermi Widyatno.
Teman satu angkatan mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian di Akpol 1987 ini dimutasi dari Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri menjadi Pati Lemdiklat Polri.

Baca Juga : Kapolri: Tahun 2022 Indonesia Mulai Lepas dari Covid-19

4. Irjen Pol Alex Sampe.
Mantan Kapolres Tanjung Perak Surabaya ini dimutasi dari Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri menjadi Pati Lemdiklat Polri. Di lembaga itu, polisi yang berpengalaman di bidang reserse ini juga pernah menjabat Kadiklat Reserse.

5. Irjen Pol Sri Handayani.
Polwan pertama yang menyandang pangkat jenderal bintang dua ini dimutasi dari Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri menjadi Pati Lemdiklat Polri.

Semasa muda, Sri Handayani juga dikenal sebagai atlet lari gawang yang beberapa kali memenangi kejuaraan tingkat nasional maupun derah. Mantan Wakapolda Kalbar kelahiran Solo ini pernah mengikuti seleksi capim KPK.

Baca Juga : Kapolri: Tahun 2022 Indonesia Mulai Lepas dari Covid-19

6. Brigjen Pol Elia Wasono Mastoko.
Jenderal bintang satu ini dimutasi dari jabatannya sebagai Pati Baharkam Polri penugasan pada Kemenko Polhukam sebagai Pati Baharkam Polri.

Dalam kariernya, Mastoko pernah menjabat Kapolres Kota Bengkulu. Salah satu anak buahnya saat itu yakni Iptu Novel Baswedan yang kini menjadi penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Saat Mastoko menjabat kapolresta, Novel merupakan kasat reskrim. Nama Mastoko pernah jadi perhatian saat surat sanksi disiplinnya kepada Novel beredar.

Baca Juga : Kapolri: Tahun 2022 Indonesia Mulai Lepas dari Covid-19

7. Brigjen Pol Tursilo.
Tursilo dimutasi dari Analis Kebijakan Utama Bidang Jemen Ops Itwasum Polri menjadi Pati Itwasum Polri.

8. Brigjen Pol Djoko Erwanto.
Mantan Wakapolda Bangka Belitung ini dimutasi dari Analis Kebijakan Utama Bidang Jemen Ops Itwasum Polri menjadi Pati Itwasum Polri.

9. Brigjen Pol dr Abdul Rosyid. Abdul Rosyid dimutasi dari Analis Kebijakan Utama Pusdokkes Polri menjadi Pati Pusdokkes Polri. Dalam karier kepolisiannya, dokter ini mendapatkan pangkat bintang satu pada 30 Oktober 2019. Saat itu upacara kenaikan pangkat dipimpin Komjen Pol Ari Dono Sukmanto.

Baca Juga : Kapolri: Tahun 2022 Indonesia Mulai Lepas dari Covid-19

Editor: Kink Kusuma Rein

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video31 Juli 2021 00:46
VIDEO: Momen Kocak Ganjar Pranowo Dicuekin Mendagri Tito Saat Kuker di Jateng
SULSELSATU.com – Momen kocak saat kunjungan kerja (Kuker) Mendagri Tito Karnavian di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (29/7/2021). Dalam vid...
Video30 Juli 2021 23:10
VIDEO: Setelah Viral, Rafael Malalangi Akhirnya Dinyatakan Lulus Seleksi Calon Bintara Polri 2021
SULSELSATU.com – Kisah Rafael Malalangi viral di media sosial lantaran namanya menghilang dari pengumuman kedua Calon Bintara Polri 2021. Rafael...
Pendidikan30 Juli 2021 21:37
Temui Bupati Polman, Rektor UNM Pastikan Mahasiswa KKN UNM di Polman Tetap Lanjut
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Negeri Makassar di Polewali Mandar akhirnya tetap berlanjut. H...
Sponsored by MGID
Video30 Juli 2021 21:15
VIDEO: Jubir Satgas Covid-19 Jeneponto Nyaris Dikeroyok, Oknum Lurah Diduga Provokator
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Sebuah video menjadi viral Jubir Satgas Covid-19 Jeneponto, Suryaningrat, nyaris dikeroyok massa. Oknum lurah diduga...