Logo Sulselsatu

Longgarkan Social Distancing, Kasus Corona Baru di Korsel Malah Bertambah

Asrul
Asrul

Minggu, 10 Mei 2020 20:30

Ilustrasi. (Int)
Ilustrasi. (Int)

JAKARTA – Pemerintah kota Seoul kembali memperketat aturan social distancing usai ditemukan kasus Covid-19 baru.

Korea Selatan sebelumnya menjadi panutan seluruh dunia dalam mengatasi wabah Corona. Namun perintah dari walikota Seoul pada hari Sabtu (9/5/2020) melaporkan kasus Corona baru di Itaewon, yang berkaitan dengan salah satu klub malam di kota tersebut.

Dikutip dari Channel News Asia, disebutkan lebih dari dua belas kasus baru Corona dikaitkan dengan seorang pria berusia 29 tahun yang dinyatakan positif Corona. Ia sebelumnya diketahui menghabiskan waktu di lima klub atau bar berlokasi di Itaewon akhir pekan lalu.

Baca Juga : Bisa Kembali Beraktivitas Normal, Begini Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Otoritas kesehatan setempat memperingatkan kemungkinan lonjakan lebih lanjut terkait virus Corona COVID-19. “Kecerobohan dapat menyebabkan ledakan infeksi,” kata walikota Seoul Park Won-soon mengatakan, menambahkan perintah itu akan tetap berlaku tanpa batas waktu.

Park meminta mereka yang mengunjungi klub atau bar itu melapor secara sukarela. Dari 18 kasus Korea Selatan baru yang dilaporkan pada hari Sabtu, 17 di antaranya dimasukkan ke dalam kluster Itaewon, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea.

Lonjakan infeksi ini muncul ketika kehidupan sehari-hari di Korea Selatan mulai kembali normal. Pemerintah Korsel sendiri diketahui melonggarkan aturan ‘social distancing’ pada Rabu (6/5/2020).

Baca Juga : Korea Selatan Lirik Proyek LRT, Siap Berinvestasi di Kota Makassar

Korea Selatan sempat dilaporkan mengalami wabah Corona terburuk di luar China. Namun alih-alih lockdown yang diterapkan, Korea Selatan memilih untuk menerapkan social distancing yang ketat secara luas sejak bulan Maret.

Langkah tersebut nampaknya berhasil dalam mengendalikan wabah Corona. Tentunya dibarengi dengan contact tracing yang agresif, dan tes Corona dilakukan secara cepat dan luas.

Langkah cepatnya ini menuai banyak pujian dari beberapa negara karena pada akhirnya kasus Corona bisa diatasi. Fasilitas seperti museum dan galeri seni pun dilaporkan telah kembali membuka bisnisnya, dan beberapa olahraga profesional, termasuk baseball, sepak bola, telah memulai musim baru, sementara sekolah-sekolah pun akan dibuka kembali mulai minggu depan tepatnya 13 Mei mendatang.

Baca Juga : Dinkes Kota Makassar Genjot Realisasi Target Vaksinasi Covid-19

Mengutip worldometers pada Minggu (10/5/2020), ada 34 penambahan kasus Corona di Korea Selatan. Sehingga total akumulatif kasus Corona di Korsel sebanyak 10.874, denggan laporan kematian 256 orang dan sembuh sebanyak 9.610 orang.

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video06 Februari 2023 23:13
VIDEO: Emak-emak Diduga Curi Jilbab di Tenan Mall Panakkukang Makassar
SULSELSATU.com – Aksi pencurian jilbab terjadi di salah satu tenan di Mall Panakkukang Makassar. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (5/2/2023...
Nasional06 Februari 2023 22:55
Diguncang Gempa, Jokowi Sampaikan Belasungkawa ke Turki
SULSELSATU.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa kepada seluruh rakyat Turki dan Suriah, korban gempa bumi berk...
Entertainment06 Februari 2023 22:18
Akhir Pekan Ini Before Falling In Love with Mario G Klau Hadir di Makassar, Catat Tanggalnya
Penyanyi nasional sekaligus pencipta lagu, Mario G Klau bakal menghibur masyarakat Makassar pada 11 Februari 2023 mendatang. Konser Mario bakal digela...
Hukum06 Februari 2023 21:29
Kasus Honorium Fiktif Satpol PP Makassar, Saksi Mengaku Disuruh Buat Dua Rekening
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sidang lanjutan Kasus Korupsi Honorium Satpol PP makassar yang merugikan negara Rp 4,8 miliar kembali digelar, kali ini m...