iklan Kareba Parlementa

Mantan Ketua KPU Makassar Sebut Anggaran Pilkada Tak Perlu Ditambah

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Keinginan KPU untuk menambah anggaran pilkada jika tetap digelar dimasa pandemi, dianggap tak terlalu urgen. Alasan penambahan anggaran karena pembelian Alat Pelindung Diri (APD) bagi penyelenggara dan pengawas, bisa direfocussing dari anggaran lain.

Lembaga Konsultan Politik, Nurani Strategic, justru melihat keputusan pemerintah dan DPR untuk melanjutkan Pilkada serentak dimasa pandemi Covid-19 adalah keputusan yang justru bisa menghemat anggaran.

Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus, membuat pola penghitungan versi lembaganya agar anggaran Pilkada tak perlu ditambah dan bahkan bisa menghemat.

“Ada beberapa tahapan yang biasanya membuat duit KPU banyak tersedot bisa ditiadakan, salah satunya seperti acara seremonial gebyar Pilkada damai di awal masa kampanye. Biasanya ratusan juta duit KPU habis di acara itu,” katanya, Senin (1/6/2020).

Karena kampanye dirancang virtual, dan mengumpulkan massa, maka acara seperti itu layak ditiadakan.

Nurmal kemudian menyisir beberapa kegiatan yang bisa dihemat pada tahapan yang tersisa. Pertama, bimbingan teknis penyelenggara untuk pendataan pemilih dihilangkan dan diganti dengan Bimtek virtual. Demikian pula dengan Bimtek rekapitulasi calon perseorangan.

Kedua, anggaran bisa dihemat dari tahapan pendaftaran calon. KPU biasa terpaksa mengeluarkan uang lebih untuk menjamu ribuan rombongan calon kepala daerah yang datang mendaftar.

“Itu ditiadakan dan diganti dengan pendaftaran yang hanya maksimal diikuti 20 orang, paslon ditambah istri, ketua-ketua Parpol pengusung dan tim inti,” tambahnya.

Tahapan kampanye kata Nurmal menjadi tahapan yang membuat duit KPU bisa lebih dihemat. Selain meniadakan acara seremonial gebyar kampanye damai, juga tugas KPU untuk ikut mengurusi kampanye Paslon sebaiknya ditiadakan.

“KPU jangan lagi mengurusi pencetakan dan pemasangan alat peraga dan sosialisasi media massa Paslon seperti selama ini. Biarkan paslon yang melakukannya sendiri,” ujarnya.

Ratusan bahkan miliaran rupiah menurut Nurmal bisa dihemat dari tahapan kampanye.

Mantan Ketua KPU Makassar 2013 ini, juga mengusulkan hal yang lebih ekstrem. Yaitu, mengurangi jumlah penyelenggara di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS) sebaiknya dikurangi karena beban tugas di Pilkada itu jauh lebih ringan daripada Pileg. Usul saya, dari 7 orang jadi 5 orang saja,” katanya.

Menurutnya, pengurangan jumlah KPPS itu akan menghemat ratusan juta rupiah. Hitungannya, dengan honor KPPD yang Rp500.000 per orang maka akan dihemat Rp1.000.000 per TPS.

“Jika TPSnya saja 2.000 buah, maka akan didapat dana segar Rp2 Miliar,” ujarnya.

Pengurangan jumlah KPPS kata Nurmal dimungkinkan karena beban pemungutan dan penghitungan suara lebih rendah di Pilkada.

“Jumlah pemilih kan mau dikurangi hingga setengah, lalu penghitungan suara di Pilkada itu tak serumit Pileg yang banyak calon. Pilkada biasanya paling banyak 5 Paslon, jadi formulirnya tak terlalu rumit,” tukasnya.

“Jika KPU serius, mereka tak selayaknya meminta penambahan anggaran. Apalagi, di tengah wabah ini teman-teman KPU selayaknya lebih memperlihatkan empati,” tuturnya.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Asosiasi Pedagang Karisa Datangi Kantor DPRD Jeneponto, Ini Harapannya

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Sejumlah pengurus Asosiasi Pedagang Karisa mendatangi Kantor DPRD Jeneponto, Senin (28/9/2020). Mereka datang membawa sejumlah aspirasi para pedagang yang kiosnya terbakar...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Jalan Terjal Calon Bupati Petahana Majene Hadapi Tes Kesehatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melaksanakan beberapa rangkaian tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020. Saat ini, jajaran KPU sedang...

Catat! Paslon Bisa Gagal Ikut Pilkada Karena Ini

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Tahapan pendaftaran Bakal Pasangan Calon Pilkada di seluruh...

Artikel Lainnya

Tekan Inflasi Pangan, Parepare Hadirkan “Biduan”

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Ketahanan Pangan kini...

Nyali Pemkot Makassar Melaksanakan Kurban Ciut di Tengah Pandemi Covid-19

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kabag Kesra Setda Kota Makassar Aswis Badwi mengatakan...

Disdik Sulsel Siapkan Skenario Hari Pertama Sekolah

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Plt Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Basri mengatakan...

Iqbal Suhaeb Ungkap Perwali PSBB Makassar Terbit Hari Ini

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar telah merampungkan Surat Keputusan (SK)...

Selesai Isolasi Mandiri, Bupati Jeneponto Dinyatakan Bebas Covid-19

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Usai menjalani Isolasi mandiri selama 14 hari, Bupati...

Terkini

DPD II Golkar Gelar Rapid Test Massal Gratis Bagi Warga Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE - DPD II Partai Golkar Kota Parepare melaksanakan rapid...

Penyusunan DED Stadion Mattoanging Habiskan Anggaran 20 Miliar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel Andi...

Direksi Ingatkan Karyawan PD Pasar Agar Netral di Pilwali Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Jelang Pilwali Makassar tahun 2021, Direktur Operasional PD...

Pjs Bupati Gowa Harap Pelaksanaan Pilkada Terapkan Protokol Kesehatan

SULSELSATU.com, GOWA - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi...

Danny Pomanto Silaturahmi dengan Pengurus Yayasan Klenteng Xian Ma

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersilaturahmi...