Hasnah Syam Apresiasi Kecamatan Balusu Deklarasi ODF

images-ads-post

SULSELSATU.com, BARRU – Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru dan segenap elemen masyarakat membiasakan pola hidup bersih, patut diacungi jempol. Mengingat, usaha dan kerja keras untuk terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) kini makin nyata.

Semenjak sosialisasi stop BABS digenjot lewat koordinasi Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Barru Hasnah Syam, hasilnya sudah nampak. Terbukti, dari tujuh kecamatan di Barru, sudah ada empat kecamatan yang dinyatakan terbebas dari BABS.

Kecamatan terbaru yang melakukan deklarasi Open Defication Free (ODF) atau bebas BABS, yakni Kecamatan Balusu. Baik pemerintah kecamatan maupun segenap elemen masyarakat, berikrar untuk mempertahankan capaian itu lewat deklarasi yang digelar di Pulau Panikkiang, Desa Madello, Kecamatan Balusu, Senin (3/8/2020).

Ketua Forum KKS Barru, Hasnah Syam secara terbuka menyampaikan pujian dan rasa salut atas kerjasama yang ditunjukkan pemerintah dan seluruh komponen masyarakat, sehingga ODF memenuhi syarat untuk bisa dilakukan di Balusu.

“ODF bukan perkara mudah. Akan tetapi bila ada kemauan dan bersungguh-sungguh mau dilaksanakan, maka ODF mampu diperoleh. Dan alhamdulillah, Kecamatan Balusu merupakan kecamatan ke empat meraih ODF,” papar Hasnah yang juga ketua TP PKK Barru.

Sementara itu, Camat Balusu Andi Ika Syamsu Alam tak bisa menyembunyikan kebahagiaanya bisa membawa Balusu meraih ODF bersama segenap elemen masyarakat dan pemerintahan di semua tingkatan.

“ODF dapat diraih berkat kerjasama  dengan seluruh komponen masyarakat di Kecamatan Balusu tanpa terkecuali. Hal ini, tak terlepas dari dorongan Bapak Bupati Barru dan Ketua Forum KKS Bu Hasnah Syam, sehingga ODF ini terwujud di Kecamatan Balusu,” pungkasnya.

Pihaknya mengurai, pelaksanaan ODF terus dilakukan. Mulai dari wilayah pegunungan sampai pesisir. Kendati melelahkan, namun usaha semua pihak membuahkan hasil yang maksimal dengan menjadikan Balusu sudah bebas dari BABS.

Editor: Asrul