Logo Sulselsatu

Microsoft Berencana Akusisi TikTok

Asrul
Asrul

Senin, 03 Agustus 2020 12:45

ilustrasi. (int)
ilustrasi. (int)

JAKARTAMicrosoft berencana mengakusisi aplikasi TikTok di Amerika Serikat (AS). Kabarnya, pihak Microsoft tengah melakukan negosiasi dengan perusahaan induk ByteDance.

Belum diketahui pasti berapa biaya yang disepakati agar Microsoft bisa membeli TikTok. Namun ByteDance mematok harga US$ 50 miliar atau setara Rp 725 triliun (kurs Rp 14.500/US$) untuk investor yang ingin membeli TikTok.

Jika itu berhasil, bisa dibilang secara bersamaan Microsoft dapat menyelesaikan polemik TikTok yang baru-baru ini terjadi di AS sekaligus menambah amunisi bisnisnya. Seperti diketahui, AS dikabarkan akan memblokir TikTok di AS. Presiden AS Donald Trump pun dikabarkan memberikan waktu 45 hari bagi Microsoft untuk mencapai kesepakatan membeli TikTok.

Baca Juga : VIDEO: Capres Anies Baswedan Live di TikTok, Berbagi Pesan dan Motivasi ke Warganet

Microsoft sendiri menyatakan akan memastikan data user TikTok disimpan di AS. Sedangkan data warga AS yang disimpan di lokasi negara lain akan dihapus. Sistem penyimpanan data inilah yang sempat dipermasalahkan oleh otoritas AS walaupun TikTok menyatakan mereka benar-benar melindungi data user dengan ketat.

“Struktur baru ini akan dibangun berdasarkan pengalaman yang saat ini disukai pengguna TikTok, sambil menambahkan keamanan kelas dunia, privasi, dan perlindungan keamanan digital,” kata Microsoft.

Tidak hanya di AS, Microsoft juga berkeinginan membeli bisnis TikTok di Kanada, Australia dan Selandia Baru. Bukan tidak mungkin pula Microsoft akan menawarkan investor Amerika lain untuk terlibat dalam akuisisi tersebut.

Baca Juga : VIDEO: Lagi Buat Konten TikTok, Dua Gadis Ini Kabur karena Diganggu Monyet

Di sisi lain, mengakuisisi TikTok dapat memperumit hubungan Microsoft dengan Facebook, yang memandang ByteDance sebagai pesaing. Sebelumnya Microsoft menginvestasikan US$ 240 juta di Facebook pada 2007.

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...