iklan Kareba Parlementa

Jaringan Belum Jangkau Semua Wilayah, Gowa Terapkan Pembelajaran Daring dan Luring

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, GOWA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menegaskan, wilayah zona merah pada penularan Covid-19 masih harus belajar dari rumah.

Hal disampaikan Nadiem dalam arahannya pada webinar pembelajaran di masa pandemi bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang dihadiri seluruh kabupaten/kota di Indonesia dan turut diikuti Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni didampingi Kepala Dinas Pendidikan Salam di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Rabu (2/9/2020).

“Zona merah dan orange masih harus belajar dari rumah, sedangkan untuk zona hijau, kadis atau kepsek boleh melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka dengan catatan untuk harus menerapkan protokol kesehatan dan ini menjadi tugas pemerintah daerah untuk memastikan tersedianya alat yang mendukung protokol kesehatan,” kata Nadiem.

Selain itu pihaknya telah mengambil kebijakan untuk melakukan proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan dua pilihan yaitu secara daring ataupun luring. Bagi yang tidak memiliki akses internet dan sarana prasarana lainnya dapat menerapkan kebijakan belajar mengajar secara luring (tatap muka) dengan mempertimbangkan zona dan kondisi daerah di wilyah tersebut.

“Pemerintah daerah, khususnya dinas-dinas terkait dan instansi dapat memutuskan opsi mana yang dapat diterapkan agar dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah masing-masing,” tambahnya.

Sebagai salah satu cara memperlancar proses mengajar dari rumah, Kemendikbud akan memberikan bantuan kuota internet baik bagi para siswa, mahasiswa, guru atau dosen setiap bulannya selama masa pandemi ini.

“Kita akan berikan bantuan kuota yaitu untuk siswa 35 GB/bulan, guru 42 GB/bulan, mahasiswa dan dosen 50 GB/bulan dengan total anggaran Rp 7,2 triliun. Untuk mendapatkan bantuan ini seluruh kepala satuan pendidikan harus melengkapi nomor hp peserta didik yang aktif melalui aplikasi Dapodik sebelum 11 September 2020,” beber Nadiem.

Menanggapi arahan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Salam mengaku telah manjalankan kebijakan tersebut yakni belajar secara daring dan luring. Hal itu dilakukannya karena 24,6 persen wilayah di Kabupaten Gowa tidak terjangkau jaringan internet.

“Kondisi di Kabupaten Gowa kan tidak semuanya memiliki jalur komunikasi, karena ada 24,6 persen sekolah kita berada di wilayah non internet sehingga kebijakannya adalah pembelajaran luring dimana para guru kita mengunjungi sekolah yang berdekatan rumah tiga sampai lima orang menggunakan model pembelajaran FGD (Focus Group Disscussion) dengan membentuk kelompok-kelompok kecil,” ungkapnya.

Meskipun di Kabupaten Gowa masih zona merah, namun pembelajaran harus tetap jalan, sehingga bagi yang melakukan pembelajaran secara daring itu difasilitasi kuota baik siswa maupun guru yang sudah dilakukannya sejak ajaran baru.

“Istilah zona diputuskan oleh Tim Gugus Tugas per kabupaten bukan per kecamatan sehingga secara keseluruhan Gowa masih zona merah. Alhamdulillah sejak ajaran baru kita rutin membagikan kuota kepada guru dan siswa yang merupakan kebutuhan utama pembelajaran daring, apalagi saat ini Menteri Pendidikan juga akan membagikan kuota untuk mendukung pembelajaran sistem daring tersebut,” tambahnya.

Ia berharap, kebijakan yang dilakukan Pemkab Gowa baik secara daring maupun luring bisa terlaksana dengan baik, agar meskipun pandemi masih melanda seluruh proses mengajar tetap terlaksana dengan kebijakan yang telah dilakukan.

Editor: Hendra Wijaya

 

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

SMRC Rilis Survei Pilwali Makassar 2020, Ini Hasilnya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei untuk Pilwali Makassar tahun 2020. Survei dilakukan dari 21 sampai 25 September 2020,...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Live Streaming Liga Champions: MU Vs PSG

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Paris Saint Germain (PSG) akan bentrok Manchester United pada leg 1 Liga Champions. Kedua tim tajir itu akan duel di Old...

Maksimalkan Gerakan 3 M, Kosekhanudnas II Makassar Bentuk Kampung Disiplin Protokol Kesehatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komitmen Panglima Kosekhanudnas II dalam upaya pencegahan dan...

Artikel Lainnya

BPKH Gandeng BPD Sulselbar Jadi Bank Penerima Ongkos Naik Haji

SULSELSATU.com, MAKASSAR - BPD Sulselbar resmi jadi bank penerima ongkos naik...

Kevin de Bruyne Pemain Terbaik Liga Inggirs 2019/2020

MANCHESTER - Gelandang Manchester City, Kevin de Bruyne menjadi pemain terbaik...

Pemprov Sulsel Siap Fasilitasi Pendidikan Anak Korban Bencana Sulteng

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gempa bumi yang menghantam Palu, Donggala dan sekitarnya...

Update Corona 29 Maret: 1.285 Positif, 114 Meninggal

JAKARTA - Jumlah kasus positif virus Corona di Indonesia sudah mencapai...

Dikabarkan Sakit, JK Tak Hadiri Pembukaan PSBM

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-19 kembali digelar....

Terkini

Survei SMRC: Danny-Fatma Unggul Jauh, Angkanya 41,9%

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Lembaga survei nasional Saiful Mujani Recearch & Consulting...

SMRC Rilis Survei Pilwali Makassar 2020, Ini Hasilnya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil...

Syaharuddin Alrif Beri Kuliah Umum pada Wisudawan Universitas Muhammadiyah Sidrap

SULSELSATU.com, SIDRAP - Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan Syaharuddin Alrif sampaikan...

Anir-Lutfi Siap Tata Jembatan Sungai Pangkajene jadi Destinasi Baru

SULSELSATU.com, PANGKEP - Pasangan Andi Nirawati-Lutfi Hanafi (Anir-Lutfi) memandang kawasan di...

Kadinkes Makassar Segera Pensiun, Rudy Siapkan Pengganti

  SUSELSATU.com,MAKASSAR - Dalam waktu dekat Kepala Dinas Kesehatan, Naisyah T Azikin...