Logo Sulselsatu

Menlu Tegaskan Negara Manapun Tak Bisa Bangun Pangkalan Militer di RI

Asrul
Asrul

Jumat, 04 September 2020 15:27

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (RI) Retno LP Marsudi (INT)
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (RI) Retno LP Marsudi (INT)

JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi merespons isu bahwa China akan membangun pangkalan militer di Indonesia.

Retno mengatakan, bahwa negara manapun tak bisa membangun pangkalan militer di Indonesia. Hal ini menyusul laporan Pentagon “Military and Security Development Involving the People’s Republic of China 2020” yang menyebut Indonesia salah satu negara yang dilirik Tiongkok untuk dijadikan lokasi fasilitas militer.

“Sesuai dengan garis dan prinsip politik luar negeri Indonesia, maka wilayah Indonesia tidak dapat dan tidak akan dijadikan basis atau pangkalan maupun fasilitas militer bagi negara manapun,” ucap Retno dalam konferensi pers daring Jumat (4/9/2020).

Baca Juga : China Berhasil Tanam CHip di Otak Manusia, Orang Lumpuh Bisa Kembali Bergerak

Pentagon dalam laporan itu menyebut Indonesia sebagai salah satu negara yang dianggap China bisa menjadi lokasi fasilitasi logistik militer.

Laporan itu juga mengungkap bahwa China telah membuat tawaran ke beberapa negara, yakni Namibia, Vanuatu, dan Kepulauan Salomon untuk memuluskan rencananya.

Adapun kepercayaan AS pada ambisi proyeksi kekuatan Beijing di seberang Samudra Hindia berasal dari bagaimana China membuka pangkalan permanen pertamanya di luar negeri pada 2017 yang berlokasi di Djibouti semenanjung Afrika.

Baca Juga : Orang Mati Bisa Jadi Hidup di Tangan Perusahaan Super Brain Asal China

Situs Djibouti sendiri sejauh ini adalah satu-satunya pangkalan militer luar negeri Tiongkok. China mengistilahkan tempat itu sebagai basis dukungan untuk tujuan seperti bantuan kemanusiaan dan misi pengawalan.

Terkait isu yang dihembuskan Pentagon, Kementerian Pertahanan RI enggan berkomentar lebih lanjut pada laporan setebal 200 halaman tersebut.

Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : Penelitian di China Sebut AI Dapat Prediksi Gempa Bumi dengan Akurasi 70 Persen

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...